Kecenya 3 Destinasi Liburan Murah di Surabaya!

Liburan Murah – Punya ga selalu mahal loh! Surabaya bisa jadi salah satu tujuan liburan murah yang ciamik!

Ada apa aja ya di Surabaya? Banyak tempat liburan murah di Surabaya yang gak kalah asik dari liburan murah ke luar negeri loh! Surabaya juga punya liburan murah meriah yang gak kalah menarik dengan tempat lain.

Kota Surabaya punya berbagai destinasi museum dan pinggir laut yang gak kalah menarik dibandingkan destinasi wisata lainnya. Liburan murah meriah ini gak kalah menariknya dengan liburan murah ke luar negeri loh!

Dimana aja ya kira-kira tempat menarik yang harus banget dikunjungi? 

Baca Juga: Cetak Photobook Liburan Seru Ke 5 Top Lokasi Wisata Thailand

Destinasi Perjalanan

Pertama, kita bisa melakukan perjalanan sejarah untuk mengenal Surabaya lebih jauh dengan mengikuti Heritage Trip. Heritage Trip akan membawa kamu ke tempat bersejarah di Surabaya seperti museum Tugu Pahlawan, Kantor Pos Pusat, dan Gereja Tertua di Surabaya.

Dalam Perjalanan berkeliling tempat bersejarah ini, kita disajikan berbagai fakta menarik. Destinasi pertama adalah Kantor Pos Pusat Surabaya yang pernah hancur dan dibangun lagi, dan sempat menjadi tempat persembunyian dalam perang 10 november 1945. Tempat tersebut adalah tempat yang cukup krusial pada masanya loh!

Perjalanan kedua akan membawa kita ke Gereja Tertua di Surabaya, Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria. Gereja ini hancur dan dibangun kembali dan merupakan salah satu pusat dari kegiatan keagamaan katolik di Surabaya sampai era kemerdekaan.

Perjalanan terakhir akan membawa kita ke museum Bank Indonesia yang berada dekat dengan titik awal perjalanan. Disana, kita bisa melihat banyak sekali peninggalan alat bank dan juga tempat dimana operasi bank berlangsung dulunya.

Destinasi Publik Surabaya

Kalau sebelumnya kita membahas destinasi wisata, kali ini kita akan bahas destinasi buat semua orang termasuk orang Surabaya sendiri. Salah satu keunggulan Surabaya adalah jumlah taman dan ruang hijaunya, dan gak kalah bagus dengan taman yang ada di luar negeri loh! Jadi berasa liburan murah ke luar negeri deh.

Liburan Murah - Destinasi Publik

Di taman dan ruang terbuka hijau di Surabaya, kamu bisa foto-foto sepuasnya, dan banyak komunitas yang kamu bisa ikuti dan saksikan. Spesifik di taman Bungkul, kamu gak cuman bisa foto-foto, tapi juga bisa merasakan banyak kuliner khas surabaya kayak Rawon, Soto, Lontong Balap, dan banyak lagi.

Destinasi Pariwisata

Destinasi pariwisata Surabaya juga gak kalah dengan destinasi sejarahnya loh! Dengan uang yang tidak banyak, kita dapat merasakan liburan murah meriah dan asyik. Kita cukup membawa uang masuk dan bahan bakar tidak sampai Rp 50.000 untuk bisa menikmati indahnya kawasan mangrove pinggir laut Surabaya.

Liburan murah meriah di mangrove tidak akan menarik uang kita lebih dari Rp 20.000 untuk biaya masuk dan tentu saja dengan pemandangan yang menarik. Kita akan melalui hutan mangrove buatan yang dikelola oleh warga sekitar, dan kawasan alami yang masih menjadi habitat dari banyak hewan.

Destinasi pariwisata mangrove dilengkapi dengan kapal yang akan membawa kita menyusuri sungai yang menuju laut. Setelah mangrove, kita juga dapat berfoto dari bangunan kayu buatan yang berada di atas hutan mangrove, keren kan?

Nah, foto-foto di Surabaya gak kalah asik dengan destinasi wisata luar negeri loh. Kita bisa abadikan foto kita dan jadikan scrapbook atau album, karena pasti, liburan di Surabaya bikin kangen. Untuk urusan cetak fotonya, jangan gunakan jasa cetak foto ID Photobook, ya!

Baca juga: 5 Alasan Photo Printing di ID Photobook adalah Pilihan yang Tepat

Cetak Photobook Liburan Seru Ke 5 Top Lokasi Wisata Thailand

Cetak Photobook – Punya agenda liburan? Sudah punya tujuan? Thailand bisa jadi destinasi wisata kamu berikutnya!

Thailand? Memang ada apa aja sih di sana? Banyak tempat wisata eksotis yang bisa kamu kunjungi di Thailand. Belum lagi wisata kulinernya yang menggugah. Pokoknya Thailand jadi negara yang wajib kamu kunjungi di Asia Tenggara.

Negara yang dikenal sebagai lumbung padi ASEAN ini memiliki pantai tropis yang cocok menjadi destinasi wisata liburan. Selain itu, Thailand juga memiliki wisata sejarah yang tak kalah menarik.

Tanpa banyak kata, yuk simak 5 lokasi wisata thailand yang wajib dikunjungi untuk bikin momen seru liburanmu.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Korea? Abadikan Pengalaman dalam Photobook

The Grand Palace

Merupakan salah satu bangunan paling bersejarah di Thailand, The Grand Palace tak boleh kamu lewatkan. Lokasinya berada di Bangkok, cocok untuk dijadikan destinasi wisata pertama liburanmu nanti.

The Grand Palace menunjukkan kemegahan arsitektur kerajaan pada masa lalu. Tak hanya indah, namun bangunan ini juga penuh kisah. Kamu bisa melihat kekayaan budaya serta kejayaan Thailand yang bertahan hingga hari ini.

Lokasi ini memiliki 3 bagian yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Bagian depan sebagai pusat pemerintahan jaman dulu. Kemudian terdapat kediaman raja serta kuil yang dianggap keramat oleh warga Thailand.

Wat Arun 

Masih berlokasi di Bangkok, nggak mungkin banget kalau kamu sampai melewatkan lokasi wisata ikonik ini. Wat Arun merupakan sebuah kuil yang berada di tepian Sungai Chao Phraya. Cara mudah untuk mencapai lokasi ini adalah dengan naik perahu menyeberangi sungai.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi ini adalah menjelang matahari terbenam. Sebab saat itu sinar keemasan matahari akan menghujani Wat Arun dan memberikan panorama indah yang tak akan terlupakan.

Cetak Photobook - Wat Arun

Cukup dengan membayar 50 Bath (sekitar 20.00) kamu bisa mengunjungi kuil ini. Jangan lupa abadikan momen seru mengunjungi kuil megah ini dengan kamera ya, lalu cetak dalam photobook.

Khao San Road

Buat kamu yang mencari lokasi liburan murah, kamu bisa berkunjung ke Jalan Khao San. Surganya street food dan penginapan murah Thailand. Memiliki arti gilingan beras, Khao San sudah sejak dulu difungsikan sebagai lokasi perdagangan.

Jalanan ini menjadi lokasi wisata malam yang ramai turis. Semakin malam, maka semakin ramai. Kamu bisa menemukan aneka makanan khas Thailand di jalan ini. Mulai dari mango sticky rice atau ketan mangga, pad thai, tom yam, larb, nam chim, som tam, dan masih banyak lagi.

Cetak Photobook - Khao San Street

Sama seperti lokasi ramai turis lainnya, Jalan Khao San juga penuh copet. Makanya kamu harus ekstra berhati-hati dengan barang bawaan seperti kamera, dompet, ponsel, hingga tas. Nggak mau kan barang-barangmu sampai hilang di tempat asing. Apalagi paspor hingga kamera penuh kenangan liburan seru.

Krabi Island

Anak pantai pastinya nggak sabar untuk berkunjung ke Provinsi Krabi, Thailand untuk menikmati pantai pasir putih ini. Dari Bangkok, kamu bisa menempuh perjalanan udara dengan terbang selama 90 menit.

Jika kamu memiliki waktu berkunjung yang panjang, kamu bisa memilih menggunakan kereta api yang dilanjut dengan bus express. Namun perjalanan ini harus ditempuh lebih dari 10 jam. Perjalanan memang makan waktu lama, namun keindahan pantai terhampar bagai surga yang terdampar di bumi.

Di provinsi ini terdapat destinasi menarik seperti Emerald Pool yang dikenal dengan Sra Morakot. Kolam yang terletak di Thung Teao Forest Natural Park ini memiliki dasar berupa batu kapur. Matahari yang menyinari batuan kapur inilah yang kemudian membuat air bewarna kehijauan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati pantai pasir putih tanpa harus menyeberang ke pulau sebelah. Jalan-jalan atau duduk santai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam memang tak ada duanya. Dijamin semua lelah dan penat yang melanda segera hilang.

Pantai Railay

Jika belum puas dengan pantai di sepanjang Provinsi Krabi, kamu bisa menyeberang ke salah satu dari empat pulau yang ada. Namun, di antara Pulau Koh Kai, Pulau Tub dan Pulau Poda, Pantai Railay memang yang paling terkenal.

Cetak Photobook - Railey Beach

Pengunjung Pantai Railay menghabiskan waktu liburan mereka dengan berjemur di pantai pasir putih. Kalau kamu suka aktivitas menantang, kamu bisa mencoba memanjat tebing kapur di sekitar pantai. Mau tenang di pantai atau memacu adrenalin di tebing, liburan ke pantai Railay tak boleh dilewatkan.

Nah itulah 5  lokasi wisata liburan di Thailand yang tak boleh kamu lewatkan. Ke mana pun tujuan liburanmu, jangan lupa abadikan kenanganmu lalu cetak dalam photobook agar lebih mudah dikenang.

Cari rekomendasi cetak photobook murah? ID Photobook aja! Merupakan jasa cetak photobook Jogja yang berbasis online. Jadi, dimanapun kamu berada dan ingin cetak photobook online, pakai saja jasa layanan cetak foto ID Photobook. Tanpa ribet, tanpa pusing, tinggal kunjungi situs resmi ID Photobook dan hasil cetak photobook kamu akan dikirim langsung ke rumah!

Baca juga: 6 Tips Cetak Foto agar Hasilnya Memuaskan

Yuk Kita Kenali Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

Tumbuh Kembang – Seperti yang kita lihat pada umumnya, anak usia 6 tahun sudah disiapkan untuk masuk ke bangku sekolah. Bila sebelumnya anak sudah diikutkan paud, playgroup, maupun taman kanak-kanak, sekarang saatnya anak naik ke jenjang pendidikan yang lebih formal.

Apakah anak siap dilepas secara mandiri untuk sekolah? Dan apakah kita sebagai orang tua sudah siap untuk melepas anak kita?

Perasaan cemas dan khawatir seperti itu adalah hal yang wajar. Namun, sebagai orang tua, kita pun harus menyadari bahwa pendidikan formal juga membantu anak dalam memenuhi tahapan tumbuh kembang anak usia dini.

Sekolah juga mengajarkan anak untuk lebih disiplin serta berinteraksi dengan teman-teman seusianya. Di samping itu, anak juga diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang dibebankan padanya.

Lantas bagaimana dengan sikap yang harus diambil orang tua? Tentu saja Anda tidak bisa lepas tanggung jawab dan membebankan pada guru sepenuhnya. Justru memasuki usia sekolah, peran orang tua semakin penting dalam berikan perhatian dan dukungan.

Berikut ini adalah tahapan tumbuh kembang anak usia sekolah yang harus diperhatikan orang tua.

Baca juga: Hi Parents! Pastikan Anak Penuhi Tahapan Tumbuh Kembang, Yuk

Usia 6 Tahun

Pada usia ini anak sudah memiliki kemampuan koordinasi yang baik. Sehingga tak diragukan lagi bagaimana mereka aktif bermain dan menyukai olahraga. Anak juga akan mulai menunjukkan keterampilan menggunting, menulis, hingga menggunakan peralatan makan dengan benar.

Imajinasi anak yang sebelumnya terus berkembang liar, kini mulai berkurang. Anak sudah bisa mengenali temannya serta mengurangi intesnsitasnya bermain dengan teman imajinasinya. Namun demikian, imajinasi anak bukan lantas menghilang, imajinasi itu tetap melainkan tetap aktif untuk hal-hal yang nyata seperti warna.

Pada usia ini sebaiknya Anda mulai melatih kemampuan anak untuk menyelesaikan permasalahan sendiri. Meski tetap dengan pendampingan, mulailah mendorong anak untuk menentukan pilihannya sendiri.

Ajari anak anda untuk peduli pada orang lain serta memahami konsep nilai kerja tim. Di samping itu, sangat penting untuk mengajarkan pada anak tentang bagaimana cara menyuarakan emosi dengan benar, tanpa selalu menangis maupun mengamuk.

Usia 7 Tahun

Anak usia 7 tahun sudah mulai menunjukkan minat belajar tertentu, baik belajar mandiri maupun bersama teman-teman. Pada usia ini pula anak sudah bisa melihat perbedaan dan persamaan dengan teman-teman sebayanya. Dari situ pula mereka sudah bisa menemukan kecocokan bermain dengan teman-temannya sehingga mengeratkan hubungan persahabatan.

Dari segi kemampuan berbahasa, anak usia 7 tahun sudah memiliki kemampuan membaca yang lancar. Mereka juga sudah bisa menyusun kalimat lengkap tanpa bantuan serta memahami bahwa pada kata atau kalimat tertentu dapat bermakna lain.

Tumbuh Kembang - 7 Year Old

Di samping itu mereka juga mulai menunjukkan minat pada bidang seni dan olah raga. Bersikaplah terbuka dengan segala kemungkinan minat bakat ini supaya anak bisa menyampaikan keinginan dan minatnya. Kemudian bantulah anak untuk memetakan bakat dan minatnya.

Apabila memungkinkan, libatkan anak dalam kegiatan berkelompok maupun les privat. Tak ada salahnya Anda mendampingi saat anak mengeksplorasi bakat dan minat tersebut. Jangan lupa abadikan proses belajar anak dan prestasinya. Anda bisa mencetak momen membanggakan itu dalam photobook unik di  ID Photobook.

Usia 8 Tahun

Setelah mulai merasakan empati pada orang lain, memasuki usia 8 tahun anak akan mulai memahami pola pikir orang lain. Dari situ anak akan mulai memahami apabila ada pendapat orang lain yang berbeda darinya. Namun demikian, cara berpikir mereka masih dipengaruhi perasaan dan emosinya.

Perkembangan berhitung mereka juga mulai meningkat. Begitu juga dengan kemampuan mereka untuk mengenal konsep uang. Berilah pengertian kepada anak untuk mengenal konsep menabung serta manfaatnya. Anda bisa melakukannya dengan memberikan contoh menabung sambil mengajak anak untuk menabung.

Mulailah mengajari anak tentang konsep benar atau salah. Sering-seringlah mengajak anak berbicara berbagai topik. Anda bisa mulai topik diskusi seperti persahabatan anak dan temannya, tekanan yang mungkin dirasakan, pemahaman tentang seks hingga kekerasan. Jangan sampai anak Anda merasa dirundung maupun merundung teman-temannya.

Usia 9 Tahun

Memasuki usia 9 tahun anak memiliki pemikiran yang lebih mandiri serta mampu mengambil keputusan sendiri. Nilai-nilai persahabatan yang dikenal dari teman-temannya pun akan semakin mengikat hubungan di antara mereka. Apalagi pada usia ini mereka sudah memiliki kepekaan rasa sehingga mampu berempati pada orang lain.

Jangan heran jika anak Anda tiba-tiba memiliki ketertarikan atau menyukai lawan jenisnya meski sebagian besar anak sering kali menyangkalnya. Beberapa di antara mereka juga sudah memasuki masa pubertas. Maka berikan pemahaman dan penjelasan lebih lanjut terkait edukasi seks serta persahabatan.

Perkembangan bahasa pada anak juga sudah mengalami perkembangan. Selain semakin mahir membaca dan menulis, anak sudah bisa menyalurkan emosinya melalui tulisan. Oleh karenanya sangat baik apabila orang tua mendukungnya dengan memberikan buku bacaan yang bervariasi.

Usia 10 Tahun

Pada usia 10 tahun anak-anak sudah memasuki usia pubertas. Seringkali anak perempuan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dibanding anak laki-laki. Di samping itu, perubahan ciri-ciri fisik di antara mereka pun semakin tampak.

Sering kali perbedaan ini membuat anak merasa tidak nyaman dan bahkan malu. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk memahami serta memberikan pengertian tentang apa yang sedang dialami anak. Bantulah anak untuk mengolah emosi seperti rasa malu serta kecenderungan menjadi tidak percaya diri.

Tumbuh Kembang - 10 Year Old

Pubertas juga membuat emosi anak cepat berubah dan meledak-ledak. Anak bisa merasa senang dan bersemangat namun tiba-tiba down. Sangat penting apabila anak diberi ruang untuk berekspresi, namun jangan sampai anak bertindak semaunya. 

Usia sepuluh tahun menjadi penting bagi anak karena mereka dikenalkan dengan beragam emosi baru. Bantulah anak untuk mengerti perasaan yang mereka alami serta memahami bagaimana cara untuk menghadapi perasaan tersebut. 

Nah itulah tahapan tumbuh kembang anak usia 6 sampai 10 tahun yang harus dipahami anak. Mulai dari masuk sekolah hingga mulai memasuki usia remaja. Tentu saja akan ada banyak perubahan yang dihadapi orang tua. Namun, ingatlah bahwa anak Anda juga sedang menghadapi perubahan-perubahan baik dari fisik maupun emosionalnya.

Oleh karenanya sangat penting bagi orang tua untuk memahaminya dan tak terlalu melibatkan emosi negatif saat menghadapinya. Berikanlah ketegasan dan bukan kemarahan pada anak.

Baca juga: Momen Spesial Bersama Anak Ini Harus Abadi Dalam Photobook!

Hi Moms! Yuk Kita Kenali Tahapan Tumbuh Kembang Balita!

Tumbuh Kembang – Kehadiran anak memang memberikan rona tersendiri dalam kehidupan berkeluarga. Tawanya, tangisannya, kelucuannya hingga kemarahan kecilnya selalu menghadirkan ragam perasaan yang berbeda.

Masa balita anak sering disebut sebagai periode emas. Dimana pada masa itu anak sedang mengalami pertumbuhan serta perkembangan pesat. Tak heran jika anak usia balita sedang aktif-aktifnya bergerak dan banyak berbicara.

Lalu bagaimana sikap yang harus diambil oleh kita sebagai orang tua supaya anak bisa terus tumbuh dan berkembang secara optimal?

Pertama-tama kita harus tau dulu apa yang dimaksud dengan tahapan tumbuh kembang anak usia dini yang sedang dialami anak kita. Baru setelah itu kita mendukung dengan memberi pendampingan yang bijak. 

Berikut ini adalah tahapan tumbuh kembang anak balita yang harus diketahui orang tua.

Baca juga: Hi Moms! Pastikan Bayi Anda Penuhi Tahapan Tumbuh Kembang Ini, Yuk!

Usia 3 Tahun

Saat mencapai usia 3 tahun, anak sedang banyak-banyaknya mempelajari kebiasaan orang-orang di sekitarnya. Mereka sudah bisa makan sendiri hingga memakai pakaian meski belum bisa mengancingkan baju. 

Kemampuan anak untuk mempelajari lingkungan sekitarnya juga semakin terasah. Sehingga pada usia 3 tahun, anak bisa menunjukkan bagian-bagian tubuh yang diminta serta menyebutkan dengan benar nama benda di sekelilingnya.

Sehingga pada masa ini penting bagi orang tua untuk menyebutkan objek sekitarnya dengan pelafalan yang benar. Anak usia tiga tahun seharusnya sudah bisa menyebut ‘kucing’ dan bukan lagi ‘puss’ atau ‘meong’, begitu pula dengan ‘anjing’ dan bukan lagi ‘guguk’.

Dari kemampuan berbahasa, anak usia 3 tahun sudah memiliki pemahaman yang baik tentang percakapan sehari-hari. Pada usia ini anak sudah bisa melakukan tanya jawab serta menerima penjelasan.

Mereka sedang aktif-aktifnya berjalan, berlari, bahan melompat. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mendampingi anak pada aktivitas tersebut. Misalnya, orang tua bisa mengajari cara melempar dan menangkap bola, serta mengendarai sepeda roda 3.

Pada usia ini anak sudah bisa berlatih menyusun puzzle, juga berfantasi dengan mainannya. Orang tua bisa mulai membantu anak menggambar dengan krayon, mengajari cara melipat dan memotong, dan bahkan melibatkan anak dalam pekerjaan-pekerjaan sederhana.

Usia 4 Tahun

Pada usia ini anak sudah mampu memahami rutinitas seperti bangun tidur, mandi, lalu makan. Mereka juga sudah mulai memahami konsep waktu seperti pagi, siang, malam dan juga kemarin, hari ini, besok, dan lusa.

Oleh karenanya secara bertahap, baiknya orang tua mula mengajarkan kedisiplinan dalam menjalankan rutinitas. Seperti menentukan jam bermain, membaca, makan, serta jam tidur malam. Lalu biarkan anak melakukan kegiatannya secara mandiri.

Tumbuh Kembang - 4 Year Old

Tumbuh kembang anak usia 4 tahun juga ditandai dengan kemampuan motorik yang lebih berkembang. Hal ini bisa terlihat lewat kemampuan anak naik turun tangga tanpa bantuan, menjaga keseimbangan tubuh hingga 2 detik, hingga membangun objek sederhana dari balok permainan.

Anak usia ini juga memiliki rasa penasaran yang tinggi. Ia akan bertanya hampir semua hal. Tugas orang tua adalah menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas sekaligus sederhana. Berikan jawaban yang jujur serta penjelasan yang sekiranya dapat dipahami oleh anak.

Di samping itu pastikan Anda menyimpan obat-obatan, obat semprot serangga, cairan pembersih, serta make up dari jangkauan anak-anak. Sebaiknya Anda menyimpan benda-benda tersebut pada lemari terkunci rapat. Hal ini untuk menjauhkan benda-benda tersebut dari jangkauan anak yang penasaran. Pastinya kita nggak mau kan kalau benda-benda tersebut tertelan oleh anak.

Usia 5 Tahun

Kalau sebelumnya Anda sudah lelah dengan pola tingkah anak, Anda harus lebih bersabar lagi. Sebab pada usia 5 tahun, tulang dan tubuh anak sudah terbentuk dengan sempurna. Hal ini akan membuat anak bergerak makin aktif.

Pada usia ini anak sudah bisa jungkir balik, melompat, memanjat, hingga menjaga keseimbangan tubuh lebih dari 5 detik. Anak juga sudah bisa membedakan dan menyebutkan 6 warna dasar.

Tumbuh Kembang - 5 Year Old

Mereka mulai bisa menggambar berbagai objek dengan bentuk yang makin jelas. Misalnya binatang, perabot rumah, hingga kendaraan. Mereka juga sudah sanggup menggambar anggota tubuh dengan lengkap seperti kepala, tangan, kaki, mata, hidung, mulut dan telinga. 

Dari segi kemampuan berbahasa, anak usia 5 tahun sudah mampu menceritakan kejadian yang dialaminya lengkap dengan perasaan serta karakteristik orang yang mereka temui. Ada baiknya orang tua mulai berpesan untuk ‘jangan mau ikut atau berbicara dengan orang asing’.

Mereka juga sudah mulai bisa menghafal nomor telepon, alamat rumah, dan sandi. Dengan begitu Anda dan anak bisa mulai membuat kesepakatan terkait keamanan. Misalnya pada kondisi Anda tidak bisa menjemput anak sepulang sekolah dan harus meminta orang lain untuk menjemput. Buatlah “kode” khusus supaya anak tahu apakah mereka dijemput oleh orang yang benar.

Cukup kode sederhana seperti “kicauan burung”. Anak harus bertanya pada orang yang mengaku menjemputnya, “apa suara paling merdu?”. Apabila tidak bisa menjawab atau jawabannya salah, mintalah anak untuk segera masuk kembali ke sekolah dan melapor pada guru.

Nah, itulah sedikit gambaran tentang tumbuh kembang anak usia balita. Pastikan anak Anda mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak IDAI untuk memastikan kesehatan mereka. 

Apabila ada keterlambatan atau kemampuan anak saat usianya mencukupi, segeralah berkunjung ke dokter. Pastikan anak dalam kondisi baik dan tak mengalami ketertinggalan.

Daripada hanya memperhatikan dan memandangi, jangan lupa abadikan kelincahan anak yang menggemaskan ini. Lalu gabungan foto menggemaskan anak dalam dan cetak dalam photobook unik. Urusan cetak photobook, jangan lupa gunakan jasa cetak foto ID Photobook, ya!

Baca juga: Cetak Foto Momen Spesial Bersama Anak Lewat Photobook Agar Lebih Mudah Dikenang

8 Trik Menabung untuk Mempersiapkan Pernikahan Impian

Trik Menabung – Momen pernikahan merupakan salah satu hari istimewa dalam hidup. Detik dimana dua hari, dua hati, dua keluarga, memutuskan untuk bersatu atas nama cinta dalam momen sakral.

Kesakralan momen itu yang kemudian membuat banyak pasangan rela menyusun rencana pernikahan sampai berbulan-bulan lamanya. Bahkan mungkin anda dan pasangan juga rela menghabiskan dana besar agar pernikahan bisa berjalan sesuai keinginan masing-masing.

Masalahnya mengumpulkan dana untuk menikah juga tidak mudah. Tidak setiap pasangan memiliki budget yang cukup untuk melaksanakan pernikahan impian. Padahal mereka sudah mencoba menabung dan mencari dana segiat mungkin.

Nah berikut ini, akan dirangkum 8 trik yang bisa Anda pakai bersama pasangan untuk menyiapkan tabungan nikah.

Baca juga: Trik Jitu Bikin Album Foto Pernikahan Sempurna

Rencanakan Sejak Dini

Pernikahan yang baik adalah pernikahan yang direncanakan sejak dini. Meski demikian, jangan paksakan pasanganmu untuk segera menikah. Sebab bagaimanapun juga, pernikahan adalah kesanggupan dan persetujuan dua insan.

Lantas bagaimana cara merencanakan pernikahan sejak dini? Mudah, mulai sisihkan uang untuk tabungan nikah. Anda bisa menyusun anggaran dan target secara kasar sambil riset kecil-kecilan.

Eh, jangan salah. Bahkan ketika belum memiliki pasangan, Anda bisa kok menyiapkan anggaran dan target pernikahan. Karena sama seperti menabung pada umumnya, yakni mempersiapkan segala kemungkinan yang ada.

Namun tabungan nikah ini tidak perlu menjadi prioritas anggaran, ya. Dahulukan tabungan, cicilan, dan kebutuhan pokok. Jangan jadikan tabungan pernikahan sebagai beban bulanan.

Buat Rincian Bareng Pasangan

Nah untuk Anda yang sudah memiliki pasangan dan memang tengah menyiapkan dana pernikahan, ada baiknya kalian diskusikan terlebih dahulu. Susun rencana pernikahan secara rinci bersama pasangan. 

Misalnya seperti lokasi akad nikah, souvenir, tamu undangan, biaya katering, hingga apakah akan diadakan resepsi. Diskusikanlah dengan bijak, jika ada beda pendapat, cobalah cari jalan tengahnya.

Ingat, pernikahan merupakan komitmen antara dua orang. Sehingga diskusi pun sebaiknya dilakukan dua arah. Supaya kalian bisa mempertemukan keinginan dan tak ada yang terbebani.

Rencanakan dengan matang dan sesuaikan dengan budget. Jangan paksakan hingga jauh melampaui kemampuan gaji kalian. Karena kalau kemahalan, bisa-bisa kalian malah nggak jadi nikah. 

Buat Rekening Tabungan Sendiri

Trik menabung dan persiapan nikah berikutnya adalah membuat rekening tabungan khusus tabungan nikah. Pembuatan rekening khusus ini terbukti efektif membantu pasangan untuk menyiapkan dana pernikahan.

Sisihkanlah uang dari gaji kalian dan masukkan ke dalam rekening ini. Ingat, begitu gaji turun, sisihkan dana dan langsung ditabung. Jangan sampai uang yang harusnya masuk rekening tabungan nikah malah lenyap.

Selain untuk menampung dana, manfaat menabung di rekening yang khusus ini juga bertujuan supaya Anda dan pasangan bisa membedakan mana dana pribadi dan dana tabungan nikah.

Kurangi Kencan Mewah Berlebihan

Anniversary kalian sudah dekat, masa nggak ada selebrasi, sih? Masa nggak ngasih kado spesial? Bukannya nggak boleh, tapi coba dipikir lagi. Berapa biaya yang biasa kalian habiskan untuk dinner atau liburan? Apa nggak sayang uangnya? Katanya mau nikah?

Tenang aja. Anda dan pasangan tetap bisa merayakan hari jadi kalian dengan kencan romantis yang ekonomis. Caranya gampang!

Trik Menabung - Kurangi Kencan Mewah Berlebihan

Misalnya kalian masak bareng di rumah lalu dinner ala-ala candle light dinner. Nggak usah nonton di bioskop dulu, nonton film lewat platform streaming juga bisa. Nggak perlu kado mewah kalau momen bersama saja sudah istimewa.

Trik Menabung dengan Berinvestasi

Cara menabung uang yang satu ini bisa dibilang salah satu trik menabung paling efektif untuk keperluan apapun. Mulai dari membeli kamera baru, membuka usaha ,hingga menyiapkan dana pendidikan.

Bahkan tips menabung bagi karyawan satu ini sangat cocok untuk menyiapkan dana pensiun. Begitu pula dengan dana menikah Anda dan pasangan.

Nggak perlu ribet investasi saham atau properti. Cukup gunakan instrumen investasi yang ramah untuk kantong karyawan seperti menabung reksadana, deposito atau mencicil emas. Instrumen itu nantinya bisa dijual kembali menjelang tanggal pernikahan.

Selain mudah, berinvestasi juga membantu Anda menyiapkan dana untuk kebutuhan di masa mendatang. Misalnya tabungan untuk biaya kelahiran hingga pendidikan anak. Jika Anda dan pasangan membiasakan diri berinvestasi sejak lajang, keluarga kecil kalian bisa segera mencapai kestabilan finansial.

Namun, pastikan Anda dan pasangan memilih instrumen investasi yang terpercaya. Jangan mudah tergoda dengan janji untung besar. Sebab bagaimanapun juga, investasi yang menjanjikan untung besar juga rentan rugi besar.

Mencicil Keperluan Pernikahan

Tak hanya semata-mata menabung uang, perlengkapan pernikahan bisa dicicil. Misalnya Anda dan pasangan bisa mencicil gedung resepsi. Mulai dari riset lokasi, membandingkan harga hingga pembayaran bisa dilakukan jauh-jauh hari.

Selanjutnya, Anda juga bisa mencicil souvenir, seserahan nikah, bahkan album foto pernikahan di ID Photobook. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban menjelang dan pada hari H. Dimana biasanya pengeluaran keperluan menikah banyak dikeluarkan menjelang hari pernikahan.

Komitmen

Tak hanya pernikahan yang memerlukan komitmen. Menabung dana pernikahan juga perlu komitmen kedua pasangan.

Percuma jika kalian sudah menyusun anggaran dengan matang dan menentukan tanggal pernikahan namun tidak bisa berkomitmen untuk mengumpulkan uang. Maka dari itu, rutinlah menyisihkan uang sesuai jumlah yang disepakati bersama. 

Apalagi jika kalian sudah menentukan tanggal pernikahan, jadikanlah tabungan nikah sebagai prioritas bersama. Tak ada salahnya jika kalian berusaha saling mengingatkan. Dan yang terpenting, tetap jaga komunikasi di antara kalian, ya. 

Tidak Hanya Berhenti di Pernikahan

Pernikahan memang menjadi momen sekali seumur hidup, rasanya perlu selebrasi besar-besaran. Ingatlah bahwa kisah cinta kalian akhirnya sampai di gerbang pernikahan. Namun, gerbang hanyalah jalan untuk masuk ke sebuah rumah.

Begitu juga pernikahan kalian yang merupakan sebuah awal hidup berumah tangga. Kalian harus ingat bahwa masih ada kehidupan setelah pernikahan. 

Trik Menabung - Tidak Berhenti di Pernikahan

Maksudnya, masih ada banyak hal yang harus dipikirkan setelah kalian menikah. Misalnya rumah atau tempat tinggal, kapan memiliki momongan, serta rencana kalian berdua nantinya. Sehingga sebaiknya rencana anggaran dan konsistensi menabung kalian tidak hanya berhenti di pernikahan.

Pastikan pula kalian menghabiskan dana sesuai yang dianggarkan. Jangan sampai melebihi apalagi berlebihan, ya. Sebab masih banyak tantangan yang menghadang setelah kalian menikah. Jadi, persiapkanlah mental dan kondisi keuangan kalian secara matang.

Nah itulah 8 trik menabung yang bisa Anda pakai untuk mempersiapkan pernikahan impian bersama pasangan. Persiapkanlah dana sedini mungkin dan tekunlah dalam menabung. 

Persiapan pernikahan memang menjadi tantangan tersendiri bagi pasangan. Namun, jangan goyah, pertahankan cinta di antara kalian suaya hari bahagia semakin terasa spesial. Dan yang terpenting jagalah komunikasi yang baik di antara Anda dan pasangan.

Baca juga: 4 Investasi Online ini Bisa Dicoba Pasangan Muda yang Baru Menikah