Cara Mengajari Anak Memasak

Memasak adalah salah satu tindakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Akan tetapi memasak bisa diubah, dari suatu kewajiban menjadi suatu yang menyenangkan untuk dikerjakan bersama dalam keluarga. Ibu bisa mengajak anak memasak sebagai tradisi yang penuh keceriaan dan kehangatan.

Jika anak memang tertarik untuk belajar memasak bersama Ibu, buatlah memasak menjadi berbagai pengalaman menakjubkan bagi anak. Bagaimana caranya? Yuk kita simak tips-tips berikut ini!

Jagalah agar tetap aman

Keamanan merupakan faktor utama dalam memasak bersama anak. Pastikan anak memahami bahwa beberapa benda seperti pisau, gunting, atau beberapa benda tajam lain hanya diijinkan digunakan oleh orang dewasa. Pastikan anak paham bahwa beberapa makanan atau benda di dapur bisa jadi sangat panas, dan dapat menyebabkan kebakaran jika tidak digunakan dengan benar. Jika anak masih menggunakan kursi atau bangku untuk berpijak, pastikan posisinya kokoh, dan anak tidak mudah terpeleset karenanya.

Jagalah tetap bersih

Mengajarkan kebersihan saat memasak sangat penting, Bu. Sebab akan dapat mencegah penyebaran kuman. Ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum proses memasak. Gunakanlah sendok yang berbeda untuk mencicip makanan.

Sesuaikan dengan umur anak

Jika Ibu mengajari anak yang masih kecil, misalnya balita, untuk memasak, pilihlah makanan sederhana dengan bahan yang mudah digunakan. Misalnya saja membuat roti lapis selai stroberi. Buatlah resep yang tidak gterlalu membutuhkan banyak alat. Setelah anak makin dewasa, Ibu bisa meningkatkan tingkat kesulitan resep yang kalian buat.

Buatlah tetap enak

Memang penting untuk mengajari anak tentang makanan sehat. Tapi supaya anak juga menikmati makanan yang dibuatnya, carilah resep yang enak dan disukai anak. Dengan demikian anak akan terdorong untuk menyukai makanan sehat.

Buatlah tetap baru

Jangan lelah mengajak anak bereksperimen dengan bahan makanan dan resep baru. Ini akan membuat kegiatan memasak tetap menarik dan tidak membosankan bagi anak.

Tetaplah mendidik

Berbagai macam proses pendidikan bisa Ibu laksanakan sambil memasak. Misalnya mengajar anak membaca dengan mengajaknya membaca resep, mengajar anak berhitung dengan menghitung jumlah takaran bahan yang diperlukan, mengajari anak makanan apa saja yang sehat dan dibutuhkan tubuhnya, dan masih banyak lagi.

Jadikanlah tetap menyenangkan

Belilah peralatan masak khusus untuk anak, seperti celemek, topi koki, sendok takar, serok, dan berbagai macam peralatan lagi. Ini akan membuat anak merasa penting dan spesial.

Jadikanlah tetapberantakan

 

Namanya juga anak-anak, Bu. Jangan khawatir jika mereka belepotan tepung, atau memecahkan telur di lantai. Dengan mengajak anak membersihkan dapur setelah kegiatan memasak, anak juga bisa belajar bertanggung jawab lho.

Buatlah anak tetap terlibat

Libatkan anak sejak awal proses persiapan memasak, misalnya dengan mengajaknya membuat daftar belanjaan. Minta anak yang menulis daftar belanjaan. Ajak anak berbelanja. Ajarkan caranya memilih bahan-bahan yang berkualitas.

Buatlah ini berkesan

Sediakanlah kamera di dekat dapur. Anda bisa mengabadikan momen-momen memasak bersama anak menjadi sebuah kenangan manis. Jangan lupa untuk mencetak fotonya di idphotobook ya, Bu!

 

Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk Ibu yang sedang ingin mengajak anaknya memasak bersama. Dengan demikian, anak akan mendapatkan pengalaman yang mendidik sekaligus menyenangkan dan penuh kenangan. Selamat mencoba!

Cetak kenangan-kenangan berharga kamu menjadi photobook eyecatching dan keren di IDPHOTOBOOK.

 

Sumber :

keluarga.com

What do you think of this post?
  • Sucks (0)
  • Boring (0)
  • Useful (0)
  • Interesting (0)
  • Awesome (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress spam blocked by CleanTalk.