Info Dapur : Kecantikan Alami Dari Air Cucian Beras

Air beras yang biasa kita masak yang kemudian menjadi nasi sebagai makanan sehari-hari kita ternyata memiliki banyak manfaat. Mengandung asam serulit yaitu sebuah nutrisi yang banyak ditemukan dalam beras bermanfaat sebagai antioksidan. Air cucian beras pun ternyata memiliki banyak kegunaan untuk kecantikan. Di jepang air beras ini digunakan para wanita jepang untuk mencuci muka ataupun mandi. Sedangkan di negara kita di Indonesia air cucian beras telah dimanfaatkan untuk hal yang sama. Selain biasa digunakan untuk masker wajah, air cucian beras juga bisa dipakai untuk lulur tubuh. Seperti halnya lulur jawa yang terbuat dari serbuk beras dan juga rempah-rempah herbal.
Berikut ini akan kita bahas tentang rahasia bahwa air beras bisa digunakan untuk kencantikan.
 
Untuk yang pertama bahwa air beras ternyata dapat membuat wajah menjadi bersih. Hal ini bisa terjadi dikarenakan air beras mempunyai kandungan inoxitol yang dapat membantu pembentukan sel dan dapat mencegak terjadinya penuaan dini pada kulit wajah. Air beras atau yang biasa kita kenal dimasyarakat dengan nama air Taji ini juga dapat berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran darah di wajah sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit. Caranya sangat mudah, yaitu dengan cara mencelup kan sedikit kapas pada air beras kemudian oleskan secara perlahan-lahan dan tepuk-tepuk secara pelan pada daerah wajah. Lakukan cara tersebut sedikitnya 2 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Perawatan semacam ini dapat membuat wajah tampak awet mudah dan lebih segar tahan lama.  Hal ini karena memang kandungan beras tersebut yang sangat bermanfaat. Kebanyakan masyarakat awam akan membuang air cucian beras karena memang sudah tidak dimanfaatkan lagi. Tapi siapa sangka kalau air cucian beras ini mempunyai banyak manfaat.
Selanjutnya bahwa air cucian beras bisa digunakan untuk mengembalikan warna kulit yang terjadi akibat terlalu lama berjemur di bawah terik sinar matahati. Jadi yang suka bermain-main di pantai tidak perlu khawatir apabila kulit agak menjadi gelap karena terbakar sinar matahari. Dengan perawatan sederhana menggunakan air cucian beras pun bisa untuk memutihkn kulit wajah kembali.
 
Selain untuk perawatan wajah, air Taji ini juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Jadi permasalahan yang kita alami dengan rambut kita bisa juga diatasi dengan perawatan menggunakan air cucian beras.
Apabila kita gunakan untuk perawatan rambut bisa mencegar rambut dari kerontokan. Rambut rontok biasanya dikarenan karena kurangnya nutrisi pada rambut. Naaaah air cucian beras ini juga bisa untuk nutrisi rambut loh. 
Selain itu juga bisa untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Dan ternyata juga bisa bermanfaat untuk mencegah kebotakan. Selain itu juga bisa untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Serta menjadikan rambut hitam berkilau alami sempurna. Kalau para pembaca ada saudara yang rambutnya banyak kutu makan air cucian beras ini juga bisa membunuh kutu yang ada pada rambut kita.
Untuk perawatan rambut dan kulit kepala caranya cukup mudah. Ambilan air cucian beras secukupnya menggunakan gayung atau pun alat atau wadah apa saja yang bersih. Kemudian menggunakan kain kecil dicelupkan ke air cucian beras tersebut. Kemudian angkat dan peras sedikit. Setelah itu di basuhkan ke rambut secara perlahan-lahan dan merata. Dari depan ke belakang pelan-pelan dan lalu juga pada samping kanan dan kiri. Cara ini sangat simple dan mudah. Untuk mencapai hasil yang memuaskan bisa juga dicampur dengan minyak kemiri yang bermanfaat pula untuk kesuburan rambut. Lakukan secara rutin minimal 2 kali sehari. Mudah-mudahan rambut anda akan lebat hitam berkilau. Terima kasih telah mungunjugi blog kami, dan semoga bermanfaat.

Air sisa mencuci beras atau air tajin di zaman dulu dipergunakan untuk menggantikan susu formula. Selain itu, beberapa orang menggunakan air tajin untuk menyuburkan tanaman anggrek mereka.

Sebenarnya, air cucian beras yang diperkaya dengan mineral dan vitamin bisa bermanfaat untuk kecantikan. Air beras menyimpan rahasia terbaik untuk kecantikan kulit di Asia.

Air beras ini sudah menjadi rahasia kecantikan para geisha Jepang untuk mendapatkan kulit yang kencang, kenyal, putih dan sempurna selama berabad-abad. Untuk mendapatkan jutaan manfaat dari air beras, Anda hanya harus merebus beras sampai matang sempurna. Lebihkan penggunaan air rebusan, sehingga Anda bisa memisahkan air rebusan dari nasi.

Merebus beras akan membantu mengeluarkan vitamin dan mineral yang ada di dalam beras. Senyawa tersebut akan menyatu dengan air rebusannya.

Dilansir dari health me up, berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika merawat wajah dengan air beras.

1. Mendapatkan kulit dan rona wajah yang sempurna
Rendam kapas di air beras kemudian oleskan ke wajah. Gunakan air beras ini seperti toner wajah. “Ramuan” ini akan merangsang pertumbuhan sel dan melancarkan aliran darah ke wajah sehingga membuat rona wajah lebih cerah. Toner alami ini juga akan membuat kulit jadi lebih halus.

2. Mengatasi iritasi kulit
Oleskan air beras pada bagian kulit yang ruam atau meradang. Ini akan membantu “menenangkan” kulit yang iritasi. Sebuah studi dermatologi pada pasien yang mengalami dermatitis atopik menyatakan bahwa mandi 15 menit dengan air beras dua kali sehari akan mengurangi gejala tersebut.

3. Memperkecil pori-pori wajah
Ini adalah masalah umum yang kerap dikeluhkan perempuan. Memiliki pori-pori yang besar akan membuat wajah terlihat seperti berlubang-lubang. Mencuci wajah dengan air beras akan membantu mengurangi ukuran pori-pori kulit wajah Anda.

4. Membuat rambut berkilau
Setelah mencuci rambut dengan sampo, basuh rambut dengan air beras. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih. Protein di dalam air beras akan membantu memperkuat batang rambut sehingga tak mudah patah. Selain itu, air beras akan membuat rambut jadi halus dan mengilap.

Keajaiban yang dimilikinya berasal kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan yang dapat menutrisi dan menyegarkan kulit. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mencuci muka dengan air beras? Berikut ini langkah-langkahnya.

1 Pertama, isi satu cangkir dengan beras. Lalu, cuci sebentar dan cepat sehingga debu dan kotoran dari beras dapat menghilangkan dan buang airnya.

2. Kemudian, tambahkan air segar kembali dan aduk-aduk dengan tangan. Diamkan selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung pada beras masuk ke dalam air.

3. Langkah ketiga adalah pisahkan air dari beras, lalu basuh wajah dengan air tersebut. Pijat lembut dengan jari-jari selama 6 menit.

4. Bilas dengan air bersih, keringkan dengan handuk nan lembut sambil menepuk-nepuk kulit.

Nah Daripada menghambur-hamburkan uang untuk membeli pembersih atau penghalus wajah, ada baiknya Anda melakukan itu sendiri di rumah, menggunakan air bekas cucian beras. Selain praktis, bahannya pun mudah didapatkan. Berikut ini langkah-langkah lain yang bisa Anda praktekan:

  1. Masukkan beras secukupnya ke dalam kantung berbahan katun.
  2. Tumbuk perlahan, jangan sampai kain robek.
  3. Jika beras sudah cukup halus, celupkan kain berisi beras tadi ke dalam air hangat.
  4. Usapkan kantung ke wajah secara merata selama 2 menit.
  5. Bilas wajah dengan air dingin.

Tips:

  • Beras memiliki beberapa jenis warna yang mempunyai kegunaannya masing-masing untuk kulit wajah kita.
  • Beras putih: agak transparan, paling cocok un¬tuk kulit normal cenderung berminyak.
  • Beras merah: berwarna merah ke¬unguan, sesuai untuk kulit nor¬mal cenderung kering.
  • Beras hitam: berwarna ungu pekat mendekati hitam, jenis yang sangat langka, cocok digunakan untuk segala jenis kulit.
What do you think of this post?
  • Sucks (0)
  • Boring (0)
  • Useful (0)
  • Interesting (0)
  • Awesome (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress spam blocked by CleanTalk.