Memilih Sekolah Pertama untuk Anak

Memilih Sekolah Pertama untuk Anak- Si kecil sudah mulai besar, sudah saatnya mulai bersekolah. Wah senangnya! Tentu Ibu merasa gembira sekaligus cemas ya. Bagaimana jika sekolahnya ternyata tidak cocok dengan si buah hati? Bagaimana jika ternyata sistem pendidikannya kurang bagus? Ada banyak kekhawatiran yang mungkin Ibu rasakan, khawatir jika tidak memberikan yang terbaik untuk anak.

Jangan kuatir, Ibu. Ini perasaan yang wajar kok. Semua Ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Karena itu, menjadi tugas Ibu (bersama Ayah tentunya) untuk memilah dan memilih sekolah yang dirasa terbaik untuk anak. Bagaimana kita bisa tahu sekolah seperti apa yang terbaik untuk anak? Yuk kita bahas bersama.

Pada dasarnya, sekolah yang baik akan memperhatikan kebutuhan psikologis mendasar anak, dan menyesuaikan dengan tahapan perkembangan anak. Sekolah juga harus dapat memenuhi kebutuhan unik tiap anak dengan menyesuaikan cara pembelajaran dengan karakter dan kemampuan anak. O ya, sekolah juga harus mempunyai tujuan dan nilai-nilai pendidikan yang sejalan dengan yang dimiliki orangtua. Dengan demikian sekolah dan orangtua dapat bersinergi dalam membantu anak berkembang.

 

Sistem pendidikan

Usia anak Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan usia di mana anak masih butuh banyak bermain. Jangan paksa anak untuk belajar, tapi bimbinglah anak untuk belajar melalui proses bermain. Karenanya, Ibu bisa memilih sekolah yang lebih menekankan bermain sambil belajar. Lakukan survei ke beberapa sekolah pilihan Ibu. Perhatikan suasana belajar di sana. Apakah anak-anak dibiarkan bermain ceria? Atau anak dipaksa untuk duduk diam dan dijejali berbagai pelajaran?

Ibu tidak harus memilih sekolah yang menawarkan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler, atau sekolah yang menawarkan pengajaran berbagai macam bahasa. Pilihlah sekolah yang benar-benar memperhatikan perkembangan psikologis anak. Itu akan jauh lebih bermanfaat bagi si kecil daripada berbagai macam kegiatan atau pelajaran bahasa.

Kualitas guru

Guru dari KB atau TK harus mampu memancing anak untuk aktif berkreasi. Guru yang baik akan mampu menerima anak apa adanya, merancang pembelajaran sesuai dengan karakter anak, dan mengembangkan lingkungan yang disiplinnya positif.

Ibu bisa mengajak anak untuk bertemu guru-guru di sekolah yang Ibu minati. Perhatikanlah interaksi antara anak dengan guru-guru tersebut. Apakah anak nyaman dengan mereka? Apakah mereka menunjukkan perhatian yang tulus pada anak? Hal ini tentunya akan membantu Ibu memutuskan sekolah yang paling tepat.

Jumlah guru

Jumlah guru di dalam kelas haruslah proporsional dengan jumlah siswa. Pilihlah sekolah dengan jumlah siswa di kelas tidak terlalu banyak. Idealnya bagi 25 anak, ada setidaknya 2 guru yang berada di kelas. Dengan demikian perhatian guru pada masing-masing anak lebih maksimal.

Fasilitas sekolah

Sekolah yang baik tidak harus memiliki bangunan yang mewah. Yang penting adalah kebersihannya terjaga, aman bagi anak, dan sarana yang tersedia harus seusai dengan kebutuhan anak serta menunjang perkembangan anak di berbagai segi.

Lokasi sekolah

Ibu bisa memilih sekolah yang letaknya strategis. Jarak ideal antara rumah dan sekolah maksimal bisa ditempuh dalam 15-20 menit. Ini akan menghindari resiko anak terlambat karena terjebak kemacetan, dan juga menghindarkan anak terlalu lelah di perjalanan.

Uang sekolah

Uang sekolah yang mahal tidak menjamin sekolahnya tepat untuk anak. Bandingkanlah biaya sekolah dengan kurikulum, program, dan fasilitas yang didapatkan. Pilihlah yang asuk akal dan sesuai dengan budget Anda.

Baca juga Menjaga Peran Ibu Bekerja dalam Pendidikan Anak

 

Nah, semoga berbagai kriteria di atas bisa membantu Ibu menentukan pilihan ya. Jangan lupa untuk mengabadikan hari pertama anak bersekolah ya, Bu. Kenangan yang membanggakan itu bisa juga dicetak di idphotobook. Anak bisa melihat kembali masa-masa ia mulai menapaki kehidupan di luar rumah dalam bentuk photobook elegan. Pasti akan sangat menyenangkan.

 

Sumber :

https://www.bayiku.org

 

 

What do you think of this post?
  • Sucks (0)
  • Boring (0)
  • Useful (0)
  • Interesting (0)
  • Awesome (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress spam blocked by CleanTalk.