Mempersiapkan Baby Shower

Siap menjadi orangtua baru? Tentunya Bunda sudah mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut si kecil. Tapi tentu mempersiapkan baby shower bukan salah satunya ya. Baby shower adalah acara yang diadakan untuk merayakan hadirnya calon bayi. Biasanya di acara ini, teman dan keluarga akan membawa hadiah bayi si calon bayi. Hadiah-hadiah ini biasanya berupa peralatan dan perlengkapan untuk bayi saat lahir nanti.

Tentu mempersiapkan baby shower bukan hal yang mudah. Tidak semua orang mengadakannya, tapi jika memang ada dana lebih, tidak ada salahnya sedikit bersenang-senang sebelum menghadapi berbagai kesIbukan dalam menyambut datangnya si kecil. Nah, di sini kami berikan beberapa panduan, tips, dan etiket untuk mengadakan baby shower.

Siapa yang dapat mengadakan acara baby shower?

Siapapun selain calon orangtua si bayi dapat mengadakan acara ini. Ada tradisi yang mengatakan, bahwa yang boleh mengadakan bukanlah calon orangtua atau keluarga dekat si bayi, melainkan kenalan atau saudara jauh. Ini untuk menghindarkan pBundangan bahwa keluarga hanya minta dikirimi hadiah. Namun jangan kuatir, tradisi ini sudah banyak berubah. Lagipula tujuan baby shower sekarang adalah untuk merayakan kehadiran si janin di dalam kandungan, dan bersenang-senang bersama calon orangtua. Hanya saja masih belum umum bagi calon Ibu untuk mengadakan baby shower, jadi hindari ini ya Bu.

Kapan dan di mana baby shower diadakan?

Biasanya baby shower diadakan sekitar empat sampai enam minggu sebelum hari perkiraan kelahiran bayi. Ini memberi waktu yang cukup untuk memastikan bahwa bayinya tidak akan lahir sebelum pesta terlaksana. Tentunya Bunda ingin melihat calon Ibu terlihat sehat dan terlihat dengan perut besar, jadi paling tidak adakanlah setelah mulai masuk trimester ketiga.

Tempat diadakannya baby shower juga bisa bermacam-macam. Misalnya saja, jika calon Ibu bekerja, teman-teman kantor bisa mengadakan baby shower di kantor. Jika diadakan oleh keluarga atau teman dekat, lokasi yang bisa dipilih misalnya rumah dari salah satu saudara.

Kapankah saatnya mengirimkan undangan baby shower?

Kirimkanlah undangan sekitar empat minggu sebelum acara diadakan. Dengan demikian tamu-tamu Bunda memiliki kesempatan untuk memasukkan acara ini ke dalam jadwal mereka, dan tidak terlalu jauh dari acara juga sehingga bisa terlupakan. Ingatlah bahwa saat Bunda mengirimkan undangan, Bunda sudah siap dengan daftar apa saja yang Bunda butuhkan dan apa saja yang sudah Bunda siapkan dalam menyambut si kecil. Para tamu biasanya akan memberikan hadiah dari hal-hal yang Bunda butuhkan tapi belum Bunda miliki.

Bagaimana membuat daftar tamu untuk baby shower? Apakah para pria diijinkan hadir?

Pertimbangkanlah jumlah tamu yang akan diundang, sesuaikan dengan tempat di mana baby shower akan diadakan. Kemudian pikirkan, akankah diadakan beberapa baby shower? Jika ya, tentukan daftar tamu terpisah untuk beberapa baby shower, jangan sampai ada tamu yang diundang dua kali. Setelah memastikan dua hal itu, akan lebih mudah membuat daftar tamu undangan. Mulailah dengan keluarga, teman dekat, tetangga, siapapun yang ingin Bunda undang. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah Bunda ingin acara diadakan khusus wanita, atau boleh dihadiri oleh para pria. Tren umum sekarang, para pria diharapkan untuk hadir juga.

Permainan apa saja yang bisa dilakukan?

– “Jangan katakan bayi”

Ketika tamu datang, katakan pada mereka untuk tidak mengatakan ”bayi” selama acara berlangsung. Jika ada yang tidak sengaja mengucapkannya, beri mereka peniti untuk dipasang di baju mereka. Di akhir acara, adakan penghitungan peniti. Yang terbanyak akan mendapatkan kenang-kenangan, setelah sebelumnya mendapat hukuman (menyanyi, berpuisi, berjoget, dan lain-lain).

– Peralatan bayi dalam kantong

Belilah tas popok, isilah dengan beberapa peralatan bayi, misalnya botol bayi, krincingan, popok, dan lain-lain. Berilah para tamu selembar kertas dan bolpen. Minta para tamu bergantian memegang tas itu, merogoh isinya tanpa melihat, dan menebak apa saja yang ada di dalam tas. Minta mereka menulis tebakan mereka di kertas tadi. Di akhir acara, orang yang mampu menebak seluruh isi tas, atau yang terbanyak menebak dengan benar akan mendapat hadiah.

– Balapan popok

Bagilah para tamu menjadi tim-tim kecil. Berilah masing-masing tim tissue toilet. Mintalah tim menentukan siapa anggotanya yang akan menjadi “bayi”. Hitung waktunya, dan biarkan tim-tim tersebut berlomba membuar “popok” dari tissue toilet dan memasangkannya pada “bayi”. Tim yang tercepat dan terbagus hasil popoknya akan mendapat hadiah.

– Memancing dot bayi

Siapkan beberapa ember berisi air. Masukkan beberapa dot bayi di dalamnya. Mintalah peserta untuk berlutut, tangan diikat di belakang punggung, dan mereka harus mengambil dot-dot itu dengan mulut. Berilah batasan waktu untuk tiap peserta. Peserta yang terbanyak mendapatkan dot bayi akan mendapat hadiah.

 

Nah itu tadi berbagai tips dan petunjuk tentang baby shower. Semoga Bunda terbantu menyiapkan baby shower yang istimewa!

 

What do you think of this post?
  • Sucks (0)
  • Boring (0)
  • Useful (0)
  • Interesting (0)
  • Awesome (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress spam blocked by CleanTalk.