Peran Ibu dalam Perkembangan Anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang ibu memegang peranan sangat penting di dalam keluarga. Apalagi di dalam perkembangan pribadi anak-anaknya. Berbeda dengan interaksi seorang ayah terhadap anaknya yang cenderung belibatkan interaksi fisik, peran ibu cenderung lebih melibatkan interaksi verbal yang lebih lembut. Perbedaan pendekatan yang berbeda ini justru akan menguntungkan bagi anak, karena memberikan variasi dalam pengalaman interaksinya dengan orangtua.

Sebagai figur yang biasanya memiliki wajtu lebih banyak bersama anak, seorang ibu akan memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Mari kita lihat berbagai peran ibu dalam perkembangan seorang anak.

Baca juga : Peran Ibu dalam Perkembangan Anak : Pertama Kali Bersekolah (1)

Sebagai pelindung

Seorang ibu adalah pelindung bagi anak-anaknya. Sejak lahir, anak sudah terbiasa dengan kehadiran ibunya, merasakan sentuhannya dan mendengarkan suaranya, membuat seorang anak merasa aman. Biasanya saat anak menangis, yang dicari adalah ibunya. Ini reaksi yang sangat wajar jika anak merasa terganggu akan sesuatu, karena Ibu adalah tempat anak merasa aman dan nyaman. Anak merasa terlindungi bila ada di dekat ibunya.

Saat anak mulai tumbuh dewasa pun, seorang ibu tetap jadi pelindungnya dalam segi emosional. Ibu selalu siap mendengarkan cerita dan keluhan anaknya, dan selalu ada untuk memberikan kenyamanan saat anak membutuhkannya.

Sedemikian penting peran Ibu dalam memberikan rasa aman pada anak, sehingga akan berpwngaruh pada sisi psikologisnya. Seorang anak yang tidak dapat menemukan rasa aman dari ibunya, biasanya akan mempunyai banyak masalah psikologis dan emosional.

 

Merangsang mental dan emosional

Seorang ibu selalu berinteraksi dengan anaknya, merangsang kemampuan kognitif anak dengan percakapan maupun permainan. Permainan dengan Ibu dapat mengkoordinasikan mental tindakan mereka. Dengan demikian, ibu mempersiapkan mental anak menjadi kuat untuk menghadapi dunia luar ketika nantinya ia bersekolah.

Sebagai pengasuh utama di awal kehidupan anak, seorang ibu menjadi orang pertama yang memiliki ikatan emosional dengan anak. Anak belajar emosi pertamanya dari ibunya. Ini akan sangat mempengaruhi cara anak berperilaku dalam pengaturan sosial dan emosional dalam hidupnya. Ibu dapat memeluk anak dan anak dapat terbuka membicarakan perasaannya, sehingga ibu dapat mengajarkan pada anak bagaimana menangani emosi dengan lebih baik.

Sebagai orang yang memiliki ikatan emosional terkuat dengan anak, seorang ibu biasanya peka dengan kebutuhan dan suasana hati anaknya. Ibu bisa tahu apa keinginan anaknya, bahkan sebelum si anak berbicara kepadanya. Seberapa cepat seorang ibu bereaksi akan kebutuhan anaknya, dan bagaimana ibu mencoba mengurus kebutuhan anak, aka  mengajarkan anak tentang bagaimana memahami orang lain.

 

Mengajarkan disiplin

Seorang ibu harus bisa menyeimbangkan antara memberi aturan ketat dan memanjakan anak. Seorang ibu adalah orang yang membuat anaknya mempelajari hal-hal penting dan pelajaran hidup. Pelajaran hidup tidak akan dapat dipahami anak jika ia terlalu dimanjakan. Akan tetapi aturan yang terlalu ketat juga dapat membuat anak kehilangan berbagai hal berharga yang dapat ia pelajari.

Baca juga : Peran Ibu dalam Perkembangan Anak : Saat Anak Tantrum

Karena itu, ibu harus pandai-pandai menentukan mana saat yang tepat untuk bertindak sesuai aturan (misalnya jadwal makan, mandi, belajar, dan lain-lain), serta kapan harus melimpahi anak dengan kasih sayang. Dengan demikian anak akan belajar bagaimana berkomitmen dan mengelola waktu tanpa kehilangan kesempatan untuk bersenang-senang.

 

Tidak mudah tugas seorang ibu ya. Tapi jika melihat anak tumbuh dan berkembang dengan baik, semua usaha Ibu tidak akan sia-sia. Jangan lupa juga untuk mengabadikan perkembangan anak. Foto bisa menjadi kenangan manis lho Bu. Apalagi jika dicetak dalam bentuk photobook di idphotobook. Kenangan Ibu akan selalu terjaga.

What do you think of this post?
  • Sucks (0)
  • Boring (0)
  • Useful (0)
  • Interesting (0)
  • Awesome (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WordPress spam blocked by CleanTalk.