15 Tips Mendidik Anak Down Syndrom

Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kondisi down syndrome? Down Syndrome merupakan salah satu dari macam-macam syndrome yang dapat terjadi pada anak dikarenakan adanya kelainan genetik pada kromosom 21 di dalam q22 gen SLC5A3. Sehingga tak heran jika anak anak berkebutuhan khusus ini memiliki kondisi yang dapat langsung dilihat perbedaannya dibandingkan anak normal lainnya. Seperti wajah yang terlihat bundar (moon face) dengan mata yang sipit tertarik ke atas.

Selain itu karakteristik anak berkebutuhan khusus lainnya dapat dilihat dari intelektual yang rendah, hal ini karena kondisi mental yang terbelakang dan fisik yang juga lemah. Sehingga orang tua benar-benar memiliki hal yang penting dalam cara menangani anak berkebutuhan khusus ini. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apakah yang menjadi penyebab kerusakan pada kromosom no.21 yang menjadi penyebab down syndrome ini. Namun adanya faktor seperti usia ibu yang sudah lanjut, adanya paparan ultrasound USG melebihi 400 kali, pengaruh obat-obatan dan alkohol memiliki pengaruh pada kondisi anak seperti ini.

Namun meskipun begitu, anak-anak berkebutuhan khusus ini juga membutuhkan perawatan dan pendidikan sama halnya dengan anak-anak umumnya. Meskipun mendidik anak dengan kondisi down syndrome memiliki banyak tantangan, bahkan bisa-bisa menyebabkan rasa frustasi dan ingin menyerah. Tetap saja orang tua harus selalu bersabar dan terus mendorong agar anak down syndrome ini juga dapat tumbuh layaknya anak-anak umum lainnya. Meskipun membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk belajar dibandingkan anak-anak normal lainnya, namun anak-anak dengan kondisi down syndrome juga bisa berprestasi. Bahkan sudah banyak pembuktian jika merawat serta memberikan kasih sayang yang cukup akan membuat anak dapat hidup seperti anak-anak lain pada umumnya. Nah berikut ini ada beberapa cara mendidik anak down syndrome yang perlu diketahui sebagai orang tua.

Order Photobook Terasik, KLIK AJA

1. Pahami Perkembangan Fisik dan Mental

Hal pertama yang penting untuk dipahami sebagai orang tua yang memiliki kondisi anak down syndrome adalah memahami dan mengerti jika kondisi fisik dan mental anak berbeda, sehingga perkembangan yang terjadi juga akan jauh lebih lambat jika dibandingkan dengan anak-anak normal lainnya. Sehingga dibutuhkan kesabaran yang lebih dan mulailah untuk mendidik anak sedini mungkin sehingga nantinya akan snagat membantu dalam membentuk kemampuan fisik dan mental anak.

2. Konsisten Dalam Memperlakukan Anak

Seringkali yang menjadi permasalahan utama dalam anak dengan berkebutuhan khusus adalah mengenai masalah perilaku. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebagai orang tua harus konsisten dalam memperlakukan anak serta apa yang menjaid harapan kedepan untuk anak-anaknya. Anak-anak anda membutuhkan banyak dukungan yang dapat dilakukan dalam bentuk pujian pada hal-hal baik yang mampu dilakukannya.

3. Selalu Memberikan Kasih Sayang Yang Cukup Pada Anak

Cara mendidik anak down syndrome lainnya adalah dengan memberikan kasih sayang yang cukup kepada anak. kasih sayang di dalam keluarga, terutama orang tua menjadi hal yang sangat diperlukan bagi perkembangan anak. Down Syndrome sendiria dalah kondisi yang akan dialami anak seumur hidupnya. Namun jika kasih sayang yang diberikan di dalam keluarga sangat cukup bagi anak tentu saja akan membuat anak dengan berkebutuhan khusus ini menjadi lebih sehat dan bahagia.

4. Kenali Bakat Yang Dimiliki Anak 

Sebagai orang tua penting rasanya mengetahui karakteristik anak berbakat dalam diri anak anda. Meskipun kondisi anak down syndrome, namun tetap saja anak bisa memiliki bakat yang terpendam di dalam dirinya. Untuk itu fokuskan diri untuk mengenali bakat anak dan mengembangkan bakar tersebut. Jika dirawat dengan baik dan penuh kasih sayang, maka bukan tidak mungkin anak-anak berkebutuhan khusus ini dapat berprestasi. Bahkan banyak sekali bukti-bukti di luar sana yang memperlihatkan jika anak dengan kondisi down syndrome bisa berprestasi hingga ke tingkat internasional sekalipun.

5. Jangan Lupa Untuk Menyadari Kelemahan Anak

Meskipun anak-anak dengan kebutuhan khusus bisa memiliki kelebihan, namun anak-anak dengan down syndrome ini juga memiliki beberapa keterbatasan dan kelemahan yang penting untuk disadari orang tua. Sehingga sebagai orang tua, anda juga harus selalu bersabar dan berusaha serta mengetahui keterbatasan dan kelemahan anak-anak anda.

Order Photobook Terasik, KLIK AJA

6. Mencari Sekolah Yang Cocok

Cara menangani anak berkebutuhan khusus lainnya yang penting dilakukan adalah dengan mencarikan sekolah yang tepat untuk anak-anak berkebutuhan khusus ini. Meskipun memiliki keterbelakangan fisik dan mental, bukan berarti jika anak-anak down syndrome ini tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Mereka juga memiliki hak yang sama seperti layaknya anak-anak normal lainnya yang dapat mengenyam pendidikan. Namun tentu saja anak-anak ini tidak bisa dimasukkan ke sekolah umumnya. Pilihan yang tepat adalah sekolah luar bisa yang memang dapat memberikan pendidikan yang sesuai dengan kondisi anak kebutuhan khusus.

Baca Juga  Membuat Baju Anak dengan Pola Sederhana

7. Lindungi Anak Dari Penyakit Menular

Jangan lupa untuk melindungi anak-anak anda dari penyakit-penyakit menular. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah anak bisa terjangkit penyakit menular, misalnya saja dengan pemberian ASI eksklusif semaksimal mungkin. ASI memiliki kandungan antibodi yang dapat menguatkan sistem imun anak untuk melawan infeksi yang mungkin saja dapat timbul. Hal ini pun juga berlaku pada anak-anak normal lainnya.

Setelah memasuki usia 6 bulan, orang tua dapat mulai memberikan nutrisi lainnya melalui makanan lain semisal kacang-kacangan, pisang, nasi, telur dan lainnya. Namun tetaplah memberikan ASI sepenuhnya kepada anak. Jangan lupa untuk memberikan vaksinasi secara rutin kepada anak sehingga dapat terlindungi dari berbagai macam penyakit. Anak-anak dengan kondisi down syndrome memang cukup rentan terkena batuk rejan maupun campak. Sehingga penting untuk melakukan vaksinasi secara rutin di posyandu atau rumah sakit. Selain itu lakukan perawatan medis sedini mungkin ketika anak-anak terjangki dengan penyakit seperti sakit telinga, sakit tenggorokan, atau batuk.

8. Mencari Tahu Banyak Informasi Terkait Situasi Yang Dihadapi

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kondisi yang sednag anda hadapi. Dengan memiliki banyak ilmu dan pengetahuan mengenai down sindrom, tentunya akan sangat membantu anda untuk mendidik anak-anak yang berkebutuhan khusus. Anda bisa mendapatkan ilmu melalui dari membaca buku, browsing internet, dan mendalami tentang psikologi anak.

9. Berkomunikasi Menggunakan Kalimat Pendek

Biasanya anak dengan berkebutuhan khusus akan mengalami sedikit kebingungan ketika orang lain di sekitarnya, termasuk orang tua berbicara tentang sesuatu namun dengan menggunakan kalimat yang agak panjang dan sulit dimengerti. Umumnya, anak-anak down syndrome ini cenderung lebih paham dengan kata-kata yang pendek dengan menggunakan ekspresi yang pas. Sehingga cobalah untuk berkomunikasi dengan anak menggunakan kalimat yang pendek namun dapat dipahami anak. Sehingga apa yang anda sampaikan bisa lebih dimengerti oleh anak anda. Hal ini juga sering digunakan pada terapi anak autis.

10. Mengajarkan Anak Untuk Bersosialisasi

Jangan lupa untuk mengajarkan anak-anak berkebutuhan khusus ini untuk bisa bersosialisasi dengan lingkungannya. Seiring dengan berjalannya waktu, tentu saja anak juga harus masuk ke sebuah lingkungan baru sehingga penting untuk mengajarkannya agar dapat berkomunikasi baik meskipun tentunya terdapat kekurangan yang dimilikinya. Anak harus dapat berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya saat sudah memasuki sekolah dan menmpuh pendidikan formal nya.

11. Kembangkan Hubungan Yang Sehat

Sebagai orang tua, penting rasanya untuk membantu anak untuk bisa mengembangkan hubungan sehat serta mengajarkan bagaimana perilaku dan bersosialisasi yang baik. Cobalah untuk mendorong anak untuk bisa mengambil bagian di dalam kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan sekolah atau masyarakat. Berikan kesempatan untuk bisa membentuk persahabatan yang sehat menjadi salah satu bagian yang penting yang dapat membuat anak lebih bahagia dalam kehidupannya.

Order Photobook Terasik, KLIK AJA

12. Ajarkan Anak Untuk Menghormati Tubuhnya Sendiri

Tak lupa pula sebagai orang tua juga perlu mengajarkan kepada anak bagaimana menghormati tubuhnya sendiri maupun tubuh orang lain. Bicaralah secara terbuka mengenai moral dan agama. Dengan memberikan pendidikan sek dengan jujur dan dengan metode yang tepat, tentu saja anak akan mengerti nantinya. Mulai membuat pengaturan masa depan anak di saat masa-masa remaja nya.

13. Mengajarkan Dengan Cara Yang Menyenangkan dan Kreatif

Ketika anda mendidik anak-anak dengan kondisi down syndrom, maka cobalah untuk menggunakan cara yang bisa menarik perhatian anak-anak tersebut. Misalnya saja dengan menggunakan alat-alat peraga yang digunakan untuk menerangkan pelajaran yang menyenangkan. Dengan begitu nantinya anak akan lebih merasa nyaman dalam belajar dan hal ini juga dapat menjadi cara meningkatkan kosentrasi belajar anak

14. Ajarkan Untuk Tidak Takut Dengan Dunia Luar

Sebaiknya anda juga harus mengajarkan kepada anak agar tidak takut pada dunia luar ataupun lingkungan yang baru. Cobalah ajak anak untuk berjalan-jalan serta mengenal dunia luar sehingga anak merasakan aman meskipun nantinya sedang tidak bersama dengan orang tua. Anak harus dapat bertahan pada lingkungan yang baru.

15. Jangan Lupakan Kunjungan Dokter Rutin

Mengunjungi dokter secara rutin juga menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan, mengapa? karena ini menjadi salah satu cara perawatan anak-anak berkebutuhan khusus. Pada umumnya, anak-anak penderita down syndrome memiliki beberapa masalah kesehatan. Sehingga agar gangguan pada kesehatannya tersebut tidak mempengaruhi proses belajar dan perkembangan anak, tentunya kunjungan ke dokter secara rutin juga penting dilakukan.

Baca Juga  Tips Memilih Peralatan MP-ASI untuk Anak

Mendidik anak down syndrom memang bukanlah hal yang mudah, namun sudah menjadi kewajiban untuk bisa merawat dan mendidik anak sebaik mungkin dengan penuh kasih sayang sehingga nantinya anak dapat tumbuh sehat serta berprestasi layaknya anak normal lainnya. Selain cara-cara diatas, biasanya akan ada terapi khusus yang menangani anak-anak down syndrom sehingga dapat memaksimalkan proses belajar yang dilakukannya. 

Order Photobook Terasik, KLIK AJA

Makanan Apa Yang Baik Untuk Anak Down Syndrom?

Ada berbagai penelitian nutrisi yang dilakukan untuk memperbaiki kelainan pada anak dengan down syndrome, namun hasil penelitian tidak semuanya memberikan hasil yang sama. Nutrisi yang secara khusus diberikan memang tidak ada, namun pada intinya setiap makanan yang diberikan sebaiknya mengandung cukup zat gizi makro (seperti karbohidrat, protein, asam amino, lemak) dan zat gizi mikro (seperti vitamin, mineral, dan antioksidan) untuk menyokong pertumbuhan dan perkembangannya, seperti:

  • Vitamin: sebaiknya diberikan dengan dosis yang sesuai kebutuhan anak, jangan diberikan dalam jumlah berlebihan terutama untuk vitamin A karena bersifat toksik bagi tubuh.
  • Mineral: terutama zinc (seng) dan selenium. Pada beberapa penelitian, pemberian zinc dan selenium pada anak dengan down syndrome dapat memperbaiki daya tahan tubuh. Adapun dosis yang dianjurkan tetap sesuai kebutuhan, jadi jangan diberikan dalam megadosis. Sumber bahan makanan yang kaya akan zinc seperti daging ayam, daging sapi, maupun seafood, dan yang kaya akan selenium seperti jamur kancing, jamur shitake, ikan cod, udang, ikan kakap, tuna, hati, dan salmon.
  • Asam amino: ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa anak dengan down syndrome memiliki kadar asam amino serin dan triptofan yang agak rendah, dan asam amino sistein serta lisin yang agak tinggi dalam darahnya. Asam amino serin merupakan satu dari asam amino non esensial yang membentuk protein. Dikatakan kekurangan asam amino ini akan menyebabkan terjadinya perlambatan berpikir dan keterbelakangan keterampilan atau skill fisik. Bahan makanan yang kaya akan asam amino serin seperti: kacang kedelai, telur, kacang-kacangan, daging sapi, ikan, daging ayam, asparagus, dan lain sebagainya. Demikian juga dengan triptofan penting untuk fungsi neurotransmitteratau penghantar sinyal otak sehingga memperbaiki mood (seperti rasa cemas, stres dan depresi), membuat tidur lebih nyaman, merangsang nafsu makan, meningkatkan daya konsentrasi dan membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Adapun bahan makanan yang kaya akan triptofan seperti: dada ayam, tuna, kacang kedelai, daging sapi, udang, salmon, dan lain sebagainya.
  • Antioksidan: beberapa penelitian mengatakan bahwa kelainan kromosom pada anak dengan down syndrome dikarenakan kekurangan dari antioksidan tubuh sehingga terjadi banyak kerusakan pada DNA. Oleh karena itu konsumsi antioksidan sangatlah membantu mengurangi atau memperbaiki kerusakan DNA yang terjadi. Contoh antioksidan yang bisa digunakan seperti likopen (pada tomat, semangka, jambu biji merah, lobster, dan lain-lain), beta-karoten, vitamin A, B, C, E, zinc, dan selenium. Probiotik dan prebiotik: banyak anak dengan down syndrome yang mengalami konstipasi, oleh karena itu pemberian pro dan prebiotik selain serat makanan dan cairan yang cukup, sangat baik untuk memperbaiki kondisi ini, dan juga dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh.
  • DHA omega 3: pemberian DHA pada anak dengan down syndromedapat memperbaiki perkembangan saraf dan mata termasuk sel membran pada otak dan retina. Pemberian DHA tidak boleh berlebihan karena dapat menekan daya tahan tubuh. Oleh karena itu terbaik diperoleh dari bahan makanan sumber seperti flaxseed, salmon, sardine, kedelai, udang, scallop, dan lain sebagainya.
  • Kolin: pemberian kolin dapat merangsang proses mielinisasi jaringan saraf, memperbaiki komunikasi saraf dengan otot, mengurangi reaksi peradangan dan meningkatkan neurotransmitter otak. Bahan makanan yang kaya akan kolin seperti: kacang kedelai, kuning telur, kembang kol, tomat, susu, oat, jagung, flaxseed, dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan berat badan ananda yang terbaik? Pada data di atas Bunda Muna tidak menyebutkan jenis kelamin ananda, karena berat badan berdasarkan umur berbeda antara anak perempuan dan laki-laki (menggunakan grafik CDC). Pada tulisan ini saya akan mencantumkan keduanya. Untuk perempuan, berat badan yang terbaik sekitar 18 kg, sedangkan untuk laki-laki 20 kg. Jika berat badan ananda kurang, maka Bunda Muna dapat mulai mencoba beberapa tips yang sudah diberikan di atas. Selamat mencoba.

Order Photobook Terasik, KLIK AJA

What do you think of this post?
  • Sucks ()
  • Boring ()
  • Useful ()
  • Interesting ()
  • Awesome ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.