5 Barang Bekas Yang Bisa Jadi Dekorasi Rumah Unik

Dekorasi Rumah – Sedang bosan dengan suasana rumah yang itu-itu aja? Hmm mungkin ini saatnya kamu menata ulang rumahmu. Bukan renovasi, melainkan dengan dekorasi.

Nggak perlu khawatir soal biaya, karena kamu bisa membuat pernak-pernik dekorasi sendiri. Malah, kamu bisa memanfaatkan barang bekas yang berserakan di sekitarmu.

Hanya perlu mencari inspirasi, lalu biarkan kreatifitasmu dan langsung praktikan sendiri di rumah. Lumayan kan, bisa mengisi waktu luang di tengah kejenuhan social distancing dan kewajiban tetap di rumah.

Penasaran? Yuk langsung simak penjelasan 5 barang bekas yang bisa jadi dekorasi rumah unik. Caranya gampang banget!

Baca juga: Inilah 7 Tips Dekorasi Rumah Biar Rumahmu Makin Estetik!

Vas Bunga Minimalis dari Botol

Dekorasi dari barang bekas pertama adalah vas bunga dari botol. Cocok banget untuk kamu yang punya banyak botol bekas berbahan kaca. Misalnya botol sirup, botol kecap, hingga botol minuman.

Pertama, pastikan kamu mencuci bersih botol tersebut. Hilangkan cairan-cairan yang bisa membahayakan. Selanjutnya cat bagian dalam botol agar hasilnya lebih merata. Bila botolmu bening, warnanya akan terlihat lebih mencolok dari luar.

Jemur di bawah sinar matahari supaya cepat kering. Setelah itu kamu bisa menambahkan pernak pernik lucu seperti tali rami dan kerang di sekeliling botol.

Dekorasi Rumah - Vas dari Botol Bekas

Kalau kamu nggak mau ribet juga nggak masalah, sih. Yang penting hilangkan label pada botol dan cuci bersih. Botol polos juga bisa jadi dekorasi rumah minimalis sederhana di ruang tamu. 

Isi vas itu dengan bunga mekar, kering, maupun bunga imitasi. Lalu taruh di sudut-sudut ruangan yang tampak dari jauh, misalnya di atas rak atau meja. Yang penting, perhatikan ukuran botol vas dan komposisi bunga. Jangan sampai kebanyakan menaruh bunga, bisa-bisa vas botol bekas malah terguling.

Rak Dinding dari Kardus Bekas

Kamu punya banyak kardus sepatu yang tak terpakai? Jangan asal buang! Kardus ini bisa memperindah ruangan.

Kumpulkan kardus-kardus bekas, bersihkan lalu warnai dengan cat. Pilih warna putih sebagai cat dasar. Kalau kamu mau pakai warna lain juga boleh, asal lapisi dasarnya dengan warna putih. Tujuannya biar warna pilihanmu makin stand out!

Setelah kering, susun sedemikian rupa biar makin estetis. Lalu rekatkan dengan menggunakan lem tembak. Nah, kardus bekas sepatu sudah siap jadi rak sekaligus hiasan rumah pemanis ruang tamu.

Kamu bisa gunakan rak itu sebagai tempat menaruh benda-benda ringan. Misalnya action figure, kunci, dan pajangan lain.

Rak Sepatu dari Pipa Paralon

Terutama untuk kamu yang suka koleksi sepatu, manfaatkan sisa paralon di rumah untuk dijadikan rak sepatu. Caranya mudah, potong paralon, masing-masing berukuran 30 cm. Lalu rekatkan antara satu dengan yang lain.

Ukuran paralon dapat disesuaikan dengan mayoritas ukuran sepatu yang kamu miliki. Jumlah paralon pun bebas menurut kesukaanmu. Asal jumlahnya genap. Biar masing-masing paralon bisa diisi satu sepatu.

Saat merekatkan paralon, kamu bisa buat dalam bentuk honeycomb, trapesium, segi empat sesuai keinginanmu. Lalu cat pada bagian luar dan dalam paralon dengan warna kesukaan.

Terakhir, letakkan di dekat pintu atau di tempat kamu menyimpan sepatu. Uniknya rak sepatu ini bisa multi fungsi untuk menyimpan benda-benda lain. Jadi rak sepatu ini pas banget jadi dekorasi rumah mungil idaman.

Susun Foto-foto Lama Membentuk Pola Ikonik

Kamu punya banyak hasil cetakan foto tapi tak punya album foto untuk menyimpannya? Jangan khawatir, jadikan hiasan dinding aja!

Munculkan sisi kreatif dalam diri kamu lalu susun fotomu. Kamu bisa gunakan kertas karton sebagai alas menempel foto.  Kamu bisa gunakan huruf inisial, angka favorit, hingga bentuk ikonik lain.

Dekorasi Rumah - Susun Foto-Foto Lama

Tambahkan quote atau kutipan yang menggambarkan momen, maupun kisahmu. Kalau sudah selesai, jangan lupa dipigura ya, biar lebih mudah saat ingin memasang atau memindahnya. Kamu bisa tambahkan kaca kalau kamu tak ingin fotomu berdebu.

Hiasan Dinding dari Majalah

Inspirasi dekorasi rumah dengan memanfaatkan barang bekas yang terakhir adalah membuat hiasan dinding dari majalah bekas. Penasaran? Caranya mudah banget!

Ambil majalah-majalah bekas yang menumpuk lalu potong tiap halaman. Lalu lipat halaman majalah seperti kamu akan membuat kipas.

Setelah terkumpul banyak, tempelkan satu kipas dengan kipas lain dengan lem. Lakukan sampai akhirnya membentuk lingkaran. Kemudian, buat dalam berbagai ukuran dan warna.

Nantinya, tempelkan lingkaran dari kertas majalah pada dinding. Kamu bisa menyusun secara bersebelahan, tumpang tindih, berkumpul, maupun menyebar. Yang jelas, hiasan satu ini sangat unik dan bisa bikin rumah kamu makin kece!

Nah itu lah 5 barang bekas yang bisa bahan dekorasi rumah unik. Gimana, tertarik untuk mencoba?

Kamu bisa mendekorasi rumah tanpa perlu khawatir biaya membengkak. Malahan kamu bisa memangkas biaya jasa dekorasi rumah dan dimanfaatkan untuk membeli furniture atau hiasan tambahan baru.

Oiya, kamu juga bisa manfaatkan photo tiles sebagai pusat atau centre dekorasi ruangan. Soal cetak foto dalam photo tiles, ID Photobook juaranya. Jasa cetak foto murah berkualitas ini siap menerima pesanan kapan saja!

Baca juga: 5 Tips Traveling Low Budget, Biar Akhir Tahunmu Makin Menyenangkan!

Sering Bikin Orang Salah Paham, Yuk Kenali Apa Itu Stres!

Stres – Stres sering kali dikaitkan dengan gangguan kejiwaan kronis seseorang yang memerlukan bantuan pengobatan dan perawatan khusus. Namun sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan stres?

Stress adalah respon alami tubuh saat Anda mengalami perubahan tertentu maupun saat Anda mendapat ancaman. Utamanya stres muncul ketika tubuh menerima tekanan yang lebih besar dari kemampuan Anda.

Siapapun dapat mengalami atau merasakan stres. Baik orang dewasa dengan segudang permasalahannya, kakek nenek yang memasuki masa pensiun, hingga anak usia sekolah dan balita.

Baca juga: Destinasi Liburan Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!

Penyebab Stress

Kondisi stress dapat disebabkan oleh pengaruh eksternal dan internal individu. Persoalan seperti masalah keluarga dan keuangan, kerenggangan pertemanan dan hubungan sosial, hingga patah hati dapat menjadi faktor eksternal penyebab stress.

Sedangkan faktor internal jauh lebih beragam dan jauh lebih sering memicu terjadinya kepenatan. Faktor internal antara lain adanya sakit menahun, patah hati, pengelolaan emosi yang kurang baik, hingga kepribadian serta motivasi dalam diri Anda sendiri.

Gejala Stres

Saat sedang tertekan, biasanya tubuh Anda akan menunjukkan gejala tertentu. Meski setiap orang belum tentu sama, tubuh tetap menunjukkan sinyal yang mengatakan bahwa Anda tidak sedang baik-baik saja.

Perubahan Emosi

Gejala stres dapat ditandai dengan perubahan emosi yang signifikan. Anda menjadi mudah gusar, frustasi, hingga perubahan suasana hati yang ekstrem (mood swing). Anda bisa menjadi sangat bersemangat namun kemudian merasa sangat lelah.

Tidak sedikit pula seseorang merasa kesepian, rendah diri, kebingungan, hingga bahkan depresi. Perubahan emosi ini pada akhirnya membuat orang menarik diri dari lingkungan sekitarnya.

Nah, akan lebih baik jika Anda mulai berhati-hatilah menilai perasaan Anda. Terutama bila Anda mulai merasakan emosi yang meledak-ledak, mungkin itu pertanda tubuh sedang memberikan sinyal bahwa Anda sedang tidak baik-baik saja.

Gangguan Pada Kemampuan Kognitif

Ciri-ciri stress selanjutnya adalah munculnya gangguan dan perubahan pada kemampuan kognitif seseorang. Apabila Anda merasa sulit berkonsentrasi dan berpikir positif, bisa jadi Anda sedang tertekan dan butuh hiburan.

Stress - Gejala Emosi

Tekanan dapat menimbulkan kondisi dimana daya ingat menurun. Daya ingat menurun dapat menimbulkan rasa rendah diri sebagaimana gambaran pada gejala perubahan emosi. 

Gangguan Pada Kondisi Fisik

Dibanding sebelumnya, gejala kepenatan berupa gangguan fisik biasanya lebih menonjol dan dapat dirasakan langsung oleh tubuh. Sebab gejala stress pada kondisi fisik ini menimbulkan rasa sakit yang mengganggu bagi penderita.

Gangguan tersebut antara lain nyeri pada kepala seperti migrain, pusing, dan kepala tegang. Gejala lain dapat timbul pada organ pencernaan dimana Anda bisa merasa mual dan juga sembelit.

Parahnya stress dapat memicu otot tubuh menjadi tegang sehingga Anda mudah lelah dan pegal. Di sisi lain, kondisi tertekan juga bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan membuat Anda rentan terkena flu dan demam.

Perubahan Perilaku

Gejala berupa perubahan perilaku ini biasanya paling dirasakan oleh orang-orang sekitar. Tak hanya terkait pola makan yang menjadi tidak teratur, perubahan perilaku seseorang bisa berubah begitu drastis.

Perubahan perilaku ini terlihat dari sikap mencari pelampiasan untuk bisa melepaskan tekanan yang menghimpit. Di antaranya dapat berupa kebiasaan menggigit kuku, mondar-mandir, hingga menggerakkan bagian tubuh tertentu tanpa sadar. Pada kondisi yang semakin parah, seseorang dapat mengalami perubahan kebiasaan seperti mengkonsumsi rokok, alkohol, dan penyalahgunaan narkotika.

Cara Mengatasi Stress

Setelah memahami tekanan dan kepenatan beserta gejalanya, kini saatnya Anda mempelajari stress relief. Stress relief adalah cara mengatasi stress. Melihat pemicunya yang beragam maka cara untuk mengatasi tekanan itu juga beragam.

Untuk mengatasi ketegangan Anda bisa mengambil sikap rileks dan ‘menerima’ perubahan situasi yang ada. Mengatasi tekanan juga dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat. Seperti rajin berolahraga, diet yang sehat, hingga latihan pernafasan dan relaksasi.

Yang jarang diketahui orang, mengurangi stress dapat dilakukan dengan cara mengatur pola tidur. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Meski rasanya mustahil pastikan Anda bisa tidur lebih dari 6 jam sehari.

Tidur merupakan saat bagi otak untuk beristirahat. Dengan tidur, tubuh Anda pun memiliki waktu untuk beristirahat. Tidur berkualitas juga membuat badan rileks dan siap menghadapi hari.

Stress - Fidget Cube

Cara lain untuk mengobati kepenatan juga bisa dengan memainkan stress relief toys. Stress relief toys merupakan objek yang dapat dimainkan untuk melepas dan meredakan kepenatan. Misalnya stress ball, fidget spinner, dan fidget cube. Namun beberapa orang mengaku memecahkan bubble wrap juga menjadi pelepas penat yang baik untuk mereka.

Melepas Penat dengan Liburan Seru

Terakhir, cara paling ampuh untuk melepas rasa penat adalah dengan berlibur. Mengambil waktu sejenak untuk me-time di rumah maupun tempat wisata yang tenang bisa menjadi pilihan. Luangkanlah waktu untuk melepas beban kerja dan masalah kantor dengan liburan ke Dieng maupun ke tempat seru lainnya.

Kemanapun tujuan liburan kamu untuk melepas lelah, jangan lupa abadikan momen spesial itu dalam kamera digital. Setelah kembali ke rumah, jangan lupa langsung cetak dalam album foto di ID Photobook!

Jasa cetak foto ini menyediakan layanan cetak photobook berkualitas. Gambar cetaknya dijamin lebih tajam dan awet. Pastinya kenangan serumu bisa terabadikan dengan sempurna. Mencetaknya dalam foto album memudahkan untuk mengenang momen berharga Anda di hari tua nanti.

Baca juga: Liburan Murah Ke  Luar Negeri? Bisa! Ikuti Tips dan Triknya!

Belajar Bahasa Inggris Sendiri? Ini Cara Gampangnya!

Belajar Bahasa Inggris – Bahasa Inggris adalah bahasa yang sudah menjadi menjadi bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi antar mancanegara. Bahasa Inggris juga banyak digunakan sebagai bahasa kedua atau bahasa utama di berbagai negara.

Di era modern dan globalisasi ini, kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk setiap orang. Tidak hanya untuk syarat kerja, tetapi juga untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya: Internet, membaca berita, mendengarkan lagu, membaca komik, menonton film, dan masih banyak lagi.

Kamu tidak tahu atau telat belajar Bahasa Inggris? Tenang saja, ada banyak cara belajar Bahasa Inggris dasar. Kamu bisa belajar di sekolah, les, belajar dengan teman, atau belajar sendiri pun bisa. Yuk simak tips berikut ini guys.

Baca juga: 9 Tips Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak Tersayang

Belajar Bahasa Inggris Dasar

Bahasa Inggris dasar adalah grammar/susunan kata. Grammar adalah peraturan yang harus dipelajari dalam Bahasa Inggris. Mengetahui susunan kalimat dan urutan part of speech itu penting.

Kamu bisa mencari di internet “English Grammar” untuk mengetahui lebih lanjut grammar Bahasa Inggris. Ada juga banyak buku grammar yang bisa kamu beli di toko buku atau kamu pinjam di perpustakaan terdekat.  

Belajar Kata Dasar

Ada lebih dari seratus tujuh puluh ribu kata bahasa inggris. Untuk memulainya kita bisa belajar kata-kata dasar terlebih dahulu. Kata dasar itu seperti kata-kata yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Jangan lupa untuk selalu membawa Kamus Bahasa Inggris. Kamus Bahasa Inggris adalah temanmu dalam belajar kata-kata. Kalau pada saat les kamu bisa tanya ke teman atau guru les, kalau belajar sendiri harus melihat kamus.

Belajar Membaca Bahasa Inggris

Salah satu tips belajar Bahasa Inggris tanpa les adalah membaca dalam Bahasa Inggris. Apapun bacaan kamu, usahakan dalam Bahasa Inggris. Membaca berita, membaca komik, membaca artikel. 

Belajar Bahasa Inggris - Belajar Membaca Bahasa Inggris

Semakin kamu sering membaca dalam Bahasa Inggris, semakin banyak kosakata yang kamu pelajari. Semakin terlatih juga kamu untuk membaca dalam Bahasa Inggris. Memang susah awalnya, tapi kamu pasti bisa.

Menonton Film Bahasa Inggris

Kalau tadi mendengarkan musik, sekarang menonton film. Menonton film dalam Bahasa Inggris juga mempunyai efek yang sama dengan mendengarkan lagu. Kamu bisa memilih salah satu atau kedua-duanya. 

Kamu bisa memulai menonton dengan subtitle Bahasa Inggris.Banyak aksen Bahasa Inggris yang cepat dan sulit untuk ditangkap. Subtitle sangat membantu masalah ini, tapi jangan selalu melihat subtitle. Melihat subtitle pada saat kamu tidak mengerti saja biar tidak menjadi kebiasaan. 

Kamu juga bisa menonton video di youtube dalam Bahasa Inggris. Mau menonton video pelajaran, video jalan-jalan, video review barang, video unboxing, video tutorial, dan masih banyak yang lainnya. Selalu pilih video yang menarik dan kamu senangi agar tidak terasa kalau kamu juga sedang belajar Bahasa Inggris.

Mendengarkan Musik Bahasa Inggris

Kamu suka mendengarkan lagu Indonesia, dangdut, atau lagu-lagu indie? Sekarang saatnya untuk memulai mendengarkan lagu-lagu Bahasa Inggris. Ada banyak sekali lagu-lagu bagus dalam Bahasa Inggris, kamu bisa memulai dari jenis musik yang kamu sukai.

Belajar Bahasa Inggris - Mendengarkan Musik Bahasa Inggris

Kamu bisa menulis lirik lagu yang kamu dengarkan dan setelah itu kamu terjemahkan artinya. Selain membantu menambah kosakata, mendengarkan musik dalam Bahasa Inggris juga membantu kemampuan mendengarkan dan melafalkan kata.

Belajar Dengan Media

Ada banyak media pelajaran di internet yang bisa kamu unduh dan kamu gunakan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Mau itu untuk writing, listening, atau pun reading.

Selain dengan media, kamu juga bisa menggunakan aplikasi belajar Bahasa Inggris. Kamu bisa mengunduh di handphone kamu aplikasinya. Contoh aplikasinya adalah Hello English, Duolingo, Lingbe, FluentU, Babbel, English speaking Practice, dan masih banyak lagi.

Belajar Dari Teman

Teman yang pandai Bahasa Inggris adalah teman terbaikmu untuk belajar Bahasa Inggris. Teman yang baik pasti mau membantu kamu dalam mempelajari bahasa. 

Teman yang tidak pandai Bahasa Inggris pun adalah temanmu untuk belajar Bahasa Inggris. Kalau mereka juga ingin belajar, belajar bersama teman akan lebih memacu semangat untuk belajar. 

Belajar Setiap Hari

Belajar Bahasa Inggris kalau bisa harus setiap hari. Tidak perlu lama-lama, cukup lima belas menit  sampai satu jam untuk belajar. Yang penting rutin dan teratur dari pada lama-lama tapi tidak teratur. 

Semakin kamu teratur dan berlatih setiap hari, kemampuan Bahasa Inggris kamu akan semakin baik. Mulailah dari kebiasaan sehari-hari yang kecil, seperti menyapa. Lama-kelamaan kamu akan terbiasa sendiri tanpa kamu sadari.

Nah itu dia tips belajar Bahasa Inggris tanpa les. Tunggu apalagi, ayo kamu coba sendiri. Selama kamu mau belajar dan berusaha, kamu pasti bisa belajar tanpa harus les dan bimbel.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Trik Jitu Mengatasi Stres Pada Balita

Cara Membuat Album Foto Unik Buatan Sendiri

Album Foto Unik – Orang tersayang lagi ulang tahun, nih? Kira-kira kasih kado spesial apa ya buat mereka?

Kalau bisa sih, yang unik, nggak ada tandingannya. Kado yang bisa bikin mereka selalu ingat sama kita. Dan kalau bisa sih, yang murah, gitu. Hehehe

Kamu sedang mengalami dilema yang sama? Mau beli kado spesial untuk orang spesial tapi masih butuh uang untuk bikin pesta kejutan. Atau malah, kamu lagi bokek dan gajian masih lama banget.

Kado unik yang selalu bikin orang terkasih ingat sama kita dan murah? Tentu ada! Kamu bisa bikin kreasi album foto unik buatan sendiri.

Tenang aja, bikin album foto unik ala photobook nggak sesulit dan semahal yang kamu bayangkan. Berikut ini adalah cara membuat album foto sendiri.

Baca juga: 5 Momen dengan Pasangan ini Perlu Diabadikan dalam Photobook

Tentukan Ukuran, Bentuk, dan Model Photobook

Kamu bisa memilih album foto kamu berbentuk landscape atau potrait. Hal ini tergantung kenyamanan saat membaca serta bagaimana kamu akan menyimpannya nanti.

Setelah itu tentukanlah ukuran photobook. Bisa memilih ukuran A5, A4, seukuran kertas folio atau ukuran lain yang kamu sukai. Ukuran ini akan berpengaruh dengan ukuran foto serta hiasan yang kamu miliki.

Lalu tentukan juga bagaimana caramu untuk merekatkan halaman-halaman pada photobook kamu? Bisa dengan jilid ring, post bond, dan juga jilid permanen. Kalau ingin lebih kreatif, penjilidan bisa dilakukan dengan cara melubangi bagian kertas dengan pembolong kertas, lalu menyulamnya dengan tali rami.

Siapkan Kertas, Alat Perekat, dan Alat Pemotong

Untuk alat pemotong kamu bisa menggunakan cutter maupun gunting. Hal ini tergantung pada objek yang ingin kamu potong. Jika berbentuk garis lurus, kamu bisa menggunakan cutter dan penggaris. Namun jika hanya untuk menggunting foto dan hiasan maka gunakan gunting berujung lurus.

Dari ratusan jenis kertas, pilihlah kertas untuk mencetak foto serta kertas untuk menempel foto-foto Anda nanti. Pilihlah jenis kertas yang memang difungsikan untuk mencetak foto supaya gambar tidak luntur. Sedangkan kertas untuk menempel foto carilah kertas yang tebal dan kuat.

Ada banyak jenis lem seperti selotip bolak-balik, lem titik (glue dot), hingga lem batang. lem yang biasa digunakan untuk merekatkan foto ke kertas album adalah lem titik. Ini akan memudahkan untuk melepas dan menempel kembali saat kamu ingin memindah dan menyusun foto.

Cetak Foto Terbaik

Kertas untuk cetak foto sudah dipilih. Sekarang pilih foto-foto yang akan dicetak. Pilihlah foto terbaik yang menangkap momen terbaik hubungan kamu dengan orang terkasih.

Album Foto Unik - Cetak Foto Terbaik

Sebelum cetak foto, kamu juga bisa mengedit foto-foto pilihan. Misalnya, samakan tone pada foto, atau menghilangkan objek yang mengganggu, serta memperjelas suatu objek. Oiya pastikan tinta dan printermu memiliki kualitas terbaik supaya gambar lebih tajam dan tahan lama.

Siapkan Peralatan Dekorasi

Menambah dekorasi pada album foto bisa dengan menggunakan potongan gambar dan bentuk, spidol, pita, hingga pernak-pernik lain.

Kamu bisa membuat susunan pola persegi panjang, oval, lingkaran, hingga hati untuk menjadi dekorasi. Lalu bisa diwarnai dengan pensil warna, spidol atau cat air. Atau kamu bisa mencetak hiasan 2 dimensi, lalu  dan siap dijadikan dekorasi.

Nggak harus beli, kamu bisa memanfaatkan barang-barang di sekelilingmu. Manfaatkanlah barang yang sudah tidak terpakai seperti kain perca, kancing, daun dan bunga kering, hingga potongan pada kertas koran dan majalah.

Memilih Tema Untuk Album Foto

Tema pada photobook tergantung pada foto-foto yang kamu miliki. Sembari memilih tema, sekalian saja buat desain album foto unik kepunyaan kamu ini. 

Siapkan tema besar dan tema kecil setiap halaman. Tema besar untuk keseluruhan album foto, tema kecil untuk setiap halaman.

Kelompokkan foto-foto sesuai tema secara berurutan. Misalnya foto saat kamu dan sahabat atau pasangan wisuda. Nah kamu bisa menggunakan tema graduation, jadi siapkan dekorasi seperti gambar topi wisuda. Lalu susun pada masing-masing halaman. 

Kamu juga bisa memilih tema berdasarkan warna. Misalnya warna yang mendominasi foto atau warna favorit orang terkasih. Kamu juga bisa mengambil warna tema menurut kelompok foto tadi. Misalnya pernikahan, maka gunakan sesuai warna baju pernikahan, bisa putih, emas, merah, biru, hijau, dan lain-lain.

Yuk Kita Tempel!

Setelah menyusun tema dan rancangan foto tiap halaman, kamu bisa langsung menempel foto beserta dekorasinya. Hati-hati ya, jangan sampai salah tempel!

Kamu bisa menambahkan keterangan kapan foto itu diambil. Kamu juga bisa menyelipkan quotes, Pilihlah kutipan yang paling menggambarkan hubungan kamu dengan orang terkasih. Misalnya kutipan film, buku bahkan kutipan lagu. 

Album Foto Unik - Yuk Kita Tempel

Selain itu, selipkan juga sedikit cerita di balik foto yang ada. Misalnya siapa saja yang ada di dalam foto dan kenapa foto diambil. Tapi ingat jangan kebanyakan tulisan, ya, supaya yang membuka album foto ini tetap fokus pada foto-fotonya!

Nah itu dia sedikit gambaran cara membuat album foto unik yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Bikin kreasi album foto unik buatan sendiri memang keren. Tapi kalau bikin album foto kece semacam ini bukan gaya kamu, kamu bisa kok cetak foto album di ID Photobook. Jasa cetak foto ini membuka layanan cetak album foto polaroid.

Cukup kunjungi website, pilih paket di katalog ID Photobook, dan mengunggah foto. Kamu juga bisa memilih sendiri desain album foto supaya photobook pilihan bisa ‘kamu banget’. Jadi kamu tetap bisa punya album foto unik untuk kado ke orang spesial!

Baca juga: 6 Momen Bersama Sahabat ini Perlu Abadi dalam Photobook

Putuskan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

Menikah – Sudah memasuki menikah? Sudah punya calon yang sepadan? Kondisi keuangan kamu sudah matang? Nggak ada salahnya kalau kamu memutuskan untuk menikah.

Momen pernikahan adalah detik persatuan cinta dua insan. Hari pernikahan seharusnya menjadi hari paling membahagiakan bagi pasangan mempelai dan keluarga.

Namun momen bahagia ini bisa jadi petaka kalau ada beberapa hal yang tak kunjung diselesaikan calon mempelai. Bahkan beberapa hal ini nggak mudah untuk dilakukan.

Wah, kira-kira apa saja yang harus diputuskan, ya? Yuk simak penjelasan 5 hal yang harus diputuskan berikut ini sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah!

Baca juga: 8 Trik Menabung untuk Mempersiapkan Pernikahan Impian

Putuskan Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menikah

Menikah adalah ibadah yang harus dilakukan dengan sepenuh hati dan komitmen. Yang jarang dibahas adalah hal-hal penting untuk bisa menuntaskan ibadah ini hingga akhir hayat.

Memutuskan untuk menikah berarti siap untuk membagi hidup bersama pasangan. Oleh karenanya ada banyak hal yang harus diketahui pasangan sebelum menikah. Misalnya keluarga pasangan, latar belakang, mimpi-mimpi, hingga kondisi keuangan.

Memutuskan hidup bersama memerlukan kedewasaan. Meski tak bisa diputuskan kapan seseorang dewasa, usia juga memiliki pengaruh pada tingkat kematangan.

Tak ada orang yang bisa menolak jodoh, namun pertimbangkan lagi usia sebelum memutuskan untuk nikah muda. Ingat lagi mimpi-mimpi yang belum tercapai, juga cita-cita untuk membahagiakan orang tua.

Usia yang makin menua pun bukan tanda kamu harus memutuskan untuk menikah. Ingat, kehidupan bukan arena balap, kamu akan memiliki waktu sendiri untuk menikah. Lebih baik persiapkan diri untuk jodoh terbaik.

Putuskan Di Mana Akan Tinggal Setelah Menikah

Persoalan satu ini sangat penting untuk pasangan yang akan menikah. Apalagi saat ini harga rumah tak lagi murah.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih tempat tinggal setelah menikah. Misalnya kondisi keuangan dan tabungan kamu bersama pasangan. Lokasi tempat kerja, kondisi orang tua atau mertua yang perlu perhatian khusus, hingga keberadaan sana saudara.

Menikah - Putuskan Di Mana Akan Tinggal Setelah Menikah

Pastikan kamu mendiskusikan hal ini bersama pasangan. Sebab hubungan yang baik harus memiliki komunikasi yang baik. Termasuk mendiskusikan lokasi tinggal bersama pasangan.

Pertimbangkan semua kemungkinan yang ada. Jika dana dan pekerjaan mendukung, tak ada salahnya mengambil kredit rumah. Namun, jika memang belum cukup, kalian bisa mengontrak dulu atau tinggal bersama orang tua.

Putuskan Kapan Waktu Bicara dengan Pasangan

Bukan bicara sembarang bicara, melainkan bicara tentang pernikahan. Kalau kamu nggak yakin pasangan kamu siap, singgung sedikit hal-hal yang menyerempet pernikahan.

Kalau sudah yakin, cus langsung lamar pasanganmu. Nggak perlu melamar seperti kisah-kisah dalam film maupun media sosial orang lain. Pernikahan adalah keputusan dan kisah kalian berdua.

Banyak juga pasangan yang menikah tanpa melamar, namun keduanya langsung menyusun rencana pernikahan. Lantas, acara lamaran menjadi bagian dari upacara atau tata cara adat pernikahan.

Sebab pada momen pernikahan, komunikasilah yang penting. Biasakanlah untuk berdiskusi bersama pasangan, agar nantinya dapat membicarakan apapun selama kehidupan berkeluarga. 

Putuskan Kapan Punya Anak

Meskipun nggak ada yang bisa memutuskan rezeki dari Tuhan, nggak ada salahnya kamu dan pasangan memutuskan kapan akan punya anak. Apakah sesegera mungkin, atau menunggu beberapa tahun lagi.

Dengan begitu kalian bisa berkunjung ke untuk meminta ginekolog untuk meminta pertimbangan. Ginekolog juga bisa membantu kamu dan pasangan untuk merancang program memiliki momongan.

Menikah - Putuskan Kapan Punya Anak

Namun di luar hal itu, perhatikan juga kesiapan kamu dan pasangan untuk menjadi orang tua. Sebab tidak seperti bekerja yang bisa ijin cuti, menjadi orang tua adalah pekerjaan 24 jam sehari seumur hidup.

Putuskan Para Selingkuhan

Yang terakhir dan yang paling penting, jangan lupa putuskan selingkuhan! Apalagi kalau kamu memiliki banyak selingkuhan. Amit-amit, deh!

Dalam hubungan apapun, mendua tentu saja bukan hal yang patut dibenarkan. Bahkan jika menjelang momen pernikahan, kamu masih saja bermain api, itu bisa jadi tanda kamu belum siap menikah.

Maka sejak masa pacaran, persiapkanlah diri untuk hidup setia dalam satu pernikahan seumur hidup. Jangan jadikan alasan apapun untuk mendua, baik sebelum maupun dalam masa pernikahan.

Nah itu dia 5 hal yang harus diputuskan sebelum memutuskan untuk menikah. Benar-benar sepele tapi bisa berbuntut panjang, bukan?

Selain memutuskan 5 hal itu, ada satu hal lagi yang tak kalah penting. Yakni memilih jasa cetak foto album pernikahan!

Eh tapi kalau yang satu ini, langsung putuskan saja pakai ID Photobook. Jasa cetak foto berkualitas ini bisa bikin kenangan di hari bahagia semakin mudah dikenang. Kamu bisa padat photobook dan photo tiles berkualitas dengan harga murah!

Baca juga: Yang Harus Pasangan Ketahui Sebelum Mulai Persiapan Menikah