5 Tips Diet Sehat Paling Ampuh Untuk Turunkan Kolesterol

Tips Diet – Kolesterol tinggi merupakan salah satu keluhan yang biasa dimiliki dan juga disampaikan oleh sebagian besar orang, terutama bagi mereka yang tidak menjaga pola hidup sehat.

Banyak cara yang dapat dilakukan ketika kamu ingin menurunkan kolesterol, salah satunya adalah dengan menjalankan program diet. Banyak orang yang sudah menjalankan diet dan bahkan membuat beberapa tipsnya seperti tips diet cepat, tips diet sehat, tips diet sukses, bahkan ada juga yang membuat daftar menu diet sehat seminggu.

Bagi kamu yang ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhmu dengan berdiet, jangan sampai salah langkah ya. Yuk, perhatikan tips diet sehat untuk turunkan kadar kolesterol berikut ini!

Baca juga: Masih Malas Olahraga? Ini 4 Manfaat Olahraga Secara Teratur!

Menjalankan Program Diet Mediterania

Tips yang pertama untuk diet menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhmu adalah dengan mencoba program diet Mediterania. Banyak orang yang menganjurkan diet ini loh!

Apa sih program diet Mediterania itu? Program diet Mediterania itu sendiri biasanya dilakukan oleh penduduk pesisir di Kawasan Mediterania. Mereka biasa hanya mengonsumsi makanan yang mengandung buah, sayur-sayuran, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.

Dengan diet Mediterania ini, kamu dapat menghindari daging merah yang berlebihan hingga produk-produk olahan yang biasanya mengandung lemak jenuh yang berlebih loh.

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Serat Larut

Jika kamu tidak cocok dengan program diet Mediterania, kamu juga bisa loh melakukannya dengan hal lain. Kamu juga bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat larut untuk membantu kamu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan yang mengandung serat larut seperti biji-bijian, gandum utuh, buah-buahan yang kaya akan serat larut seperti lemon atau jeruk, serta kacang-kacangan dapat membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Serat larut dapat membantumu membuang kadar kolesterol jahat yang berlebih dalam darah melalui saluran pencernaan. Dengan adanya pembuangan tersebut, kadar kolesterol jahat dalam tubuhmu akan tetap terkontrol dan tidak membawa kerugian dalam tubuhmu.

Konsumsi Makanan yang Dimasak dengan Rempah

Jangan khawatir ketika kamu mendengar kata diet karena diet bukan berarti mengonsumsi makanan yang memiliki rasa yang sangat minim. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa jika kamu mengonsumsi masakan yang mengandung bumbu rempah dan herbal terkhususnya jahe, kunyit, dan bawang putih dapat membantu kamu menurunkan kolesterol jika kamu memakannya secara teratur.

Tips Diet - Konsumsi Makanan yang Dimasak dengan Rempah

Kontrol Konsumsi Gulamu

Gula memang sangat nikmat jika kita konsumsi sebagai minuman atau makanan penutup setelah makan, namun sebenarnya gula yang berlebihan tidak terlalu baik bagi tubuhmu.

Mengkonsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuhmu loh. Gula juga mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuhmu, selain itu jika kamu mengonsumsi gula secara berlebih maka kamu dapat mengalami diabetes dikarenakan kadar gula yang tinggi. Lebih baik kamu mengontrol konsumsi gula agar tidak menyesal di kemudian hari!

Jangan Konsumsi Garam Secara Berlebihan

Jika kamu penyuka makanan yang asin dan gurih, sudah saatnya kamu memperhatikan kadar garam yang kamu konsumsi setiap harinya.

Faktanya, garam yang berlebihan tidak baik bagi tubuhmu loh. Selain dapat menimbulkan risiko penyakit jantung dan hipertensi, konsumsi garam secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuhmu.

Itu dia 5 tips yang mungkin bisa kamu ikuti untuk membantu diet mengurangi kadar kolesterol. Jaga kesehatan tubuhmu, perhatikan kadar kolesterol dalam tubuh, dan tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Selamat mencoba!

Baca juga: 6 Hobi Sederhana yang Patut Dicoba Saat Sedang Bosan

Lagi, 5 Destinasi Liburan di Bali Yang Harus Kamu Kunjungi

Destinasi Liburan – Bali merupakan salah satu tempat yang menjadi favorit bagi masyarakat baik lokal maupun internasional. Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang difavoritkan karena memiliki banyak tempat yang dapat dikunjungi oleh para turis.

Bali, siapa yang tidak mengenal pulau satu ini? Pulau yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan ditambah keramahan masyarakatnya dan juga variasi wisata yang dapat dikunjungi turis, mulai dari wisata alam, tempat berkumpul dan hangout, hingga wisata budayanya, banyak sekali destinasi liburan di Bali yang dapat kamu kunjungi jika kamu berkunjung ke Bali.

Nah, bagi kamu yang mungkin memiliki rencana untuk berlibur ke Bali dalam waktu dekat ini dan bingung ingin berkunjung kemana saja ketika di Bali, yuk kita simak beberapa destinasi wisata di Bali yang wajib dikunjungi berikut ini!

Baca juga: 5 Wisata Mainstream Bali untuk Photobook Anti Mainstream 

Pantai Kuta

Rasanya belum ke Bali jika belum mengunjungi Pantai Kuta. Pantai Kuta adalah salah satu tempat wisata yang dapat dikatakan sebagai ikon pulau Bali itu sendiri. Banyak yang tertarik akan keindahannya mulai dari turis lokal hingga mancanegara.

Pantai Kuta menawarkan banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan ketika berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Bali satu ini, mulai dari bersantai di pinggir pantai sambil berjemur, berselancar, bermain bola voli atau sepak bola, hingga menunggu matahari terbenam. Pantai Kuta juga ramai dikarenakan mudahnya akses untuk ke tempat lainnya seperti tempat makan, tempat berbelanja, club, dan lainnya.

Destinasi Liburan - Pantai Kuta

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Pantai Kuta, kamu tidak akan dikenakan biaya masuk atau gratis. Kamu disarankan untuk tidak membawa kendaraan jika hal itu merepotkanmu, karena Pantai Kuta selalu ramai dikunjungi sehingga cukup sulit untuk menemukan tempat parkir kendaraan.

Tanah Lot

Destinasi wisata di Bali yang juga tidak kalah ikonik dengan Pantai Kuta adalah Tanah Lot yang terletak di Tabanan, Bali. Tanah Lot banyak dikunjungi wisatawan karena keindahan pemandangannya dan juga Pura Tanah Lot itu sendiri.

Pura Tanah Lot sendiri dapat dikatakan terletak di tengah laut, hal ini dikarenakan jika laut sedang pasang anda tidak dapat berkunjung pura tersebut dikarenakan daratan yang menghubungkan pantai ke batu karang tempat pura itu berada digenangi dengan air laut. Letaknya yang unik dengan keindahan yang disajikan terutama ketika menyaksikan matahari terbenam itu lah yang menjadi daya Tarik utama dari Tanah Lot ini.

Pura Luhur Uluwatu

Satu lagi tempat wisata berupa Pura yang terkenal di Bali yaitu Pura Luhur Uluwatu yang terletak di Desa Pecatu, Kuta, Badung. Keindahan Pura Luhur Uluwatu ini sudah terkenal, dimana Pura Luhur Uluwatu terletak di atas batu karang yang terjal dengan ketinggian kurang lebih 97 meter dari permukaan laut dan menjorok ke lautan.

Di Pura Luhur Uluwatu kamu dapat melihat-lihat keindahan dari Pura dan pemandangannya, serta kamu dapat juga melihat kera ekor panjang yang berada di sekitar Pura Uluwatu ini. Selain keindahan Pura Uluwatu itu sendiri, di sini juga kamu dapat menyaksikan tari kecak yang terkenal itu loh! Pura Luhur Uluwatu memang menjadi salah satu destinasi yang terkenal untuk menyaksikan tari kecak dengan ditemani indahnya pemandangan matahari terbit.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini menjadi salah satu tempat yang harus kalian kunjungi karena taman budaya ini merupakan tempat dari Patung Garuda Wisnu Kencana. Patung Garuda Wisnu Kencana ini sendiri diresmikan pada tahun 2018 dan menjadi salah satu landmark yang sangat terkenal di Bali.

Destinasi Liburan - Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana kamu dapat berfoto di depan patung setinggi 120 meter yang menggambarkan perwujudan dari Dewa Wisnu menunggangi Garuda. Selain melihat Patung Garuda Wisnu Kencana, di tempat ini kamu juga dapat mengunjungi tempat berbelanja, restoran, dan kamu dapat menikmati pertunjukan seni yang ada loh!

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran mungkin merupakan salah satu destinasi yang tempat untuk mengakhiri harimu jika sedang berada di Bali. Hal ini dikarenakan di Pantai Jimbaran, kamu dapat menikmati makan malam dengan hidangan laut bersama dengan keluarga atau temanmu. Tidak hanya makan malam, kamu juga dapat mendatangi Pantai Jimbaran untuk menikmati matahari terbenam sambil menyantap hidangan laut yang nikmat, bahkan ada beberapa tempat makan yang juga menyediakan pertunjukan musik loh!

Nah, itu dia 5 tempat yang harus kamu kunjungi ketika sedang berada di Bali. Semoga kamu puas dengan daftar di atas ya!

Setelah liburan, jangan lupa cetak foto keseruanmu dalam photobook ya! ID Photobook merupakan jasa cetak foto berkualitas nomor satu di Indonesia. Hasil cetaknya dijamin bikin kamu puas!

Baca juga: Mau Punya Photobook Kece? Foto di 6 Wisata Malang ini, Yuk

Simak 5 Hobi Keren yang Diam-diam Juga Menguntungkan

Hobi – Jika bicara tentang hobi tentunya kita memikirkan tentang kesukaan kita terhadap suatu hal. Suatu hal yang kita sukai atau hobi itu sendiri biasanya lebih sering mengeluarkan uang tambahan untuk memuaskan diri kita sendiri. Padahal jika kita pelajari lebih lanjut, banyak juga hobi yang dapat mendatangkan penghasilan tambahan bagi peminatnya loh!

Belakangan ini hobi memang bukan hal yang sepele. Banyak hobi yang dapat menghasilkan bagi sebagian orang karena ketekunan, kreativitas, dan juga inovasinya. Hobi juga dapat menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan yang cukup menggiurkan dikarenakan adanya perkembangan teknologi.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadikan atau menekuni hobimu agar dapat memberikan penghasilan tambahan, yuk simak beberapa contoh hobi yang dapat menghasilkan berikut ini!

Baca juga: Cara Membuat Album Foto Unik Buatan Sendiri

Mengoleksi Barang

Hobi mengoleksi memang sangat banyak yang menyukainya. Mulai dari mengoleksi barang yang kecil seperti perangko hingga mengoleksi barang mewah seperti mobil atau jam.

Meski terkesan sangat konsumtif, namun ternyata hobi ini dapat menghasilkan loh. Mengapa menguntungkan? Hobi mengoleksi dapat mendatangkan keuntungan dikarenakan harga suatu barang koleksi dapat meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Hobi mengoleksi memang harus ditekuni dan dipelajari lebih dalam jika ingin mendatangkan keuntungan. Kamu dapat mempelajari apa saja yang disukai oleh banyak orang, benda apa yang harganya akan meningkat, benda apa yang sering atau sedang dicari orang, dan lainnya.

Cara termudah untuk mempelajari hal-hal tersebut adalah dengan kamu mencarinya di internet atau bergabung dengan komunitas. Bergabung dengan komunitas dapat memberimu ilmu dari yang lebih berpengalaman dan juga mendapatkan kenalan yang mungkin nantinya dapat membantumu menjual barang atau mendapatkan barang untuk dijual.

Desain

Hobi desain mungkin banyak orang yang menyukainya, terlebih dikarenakan kamu dapat mengekspresikan diri melalui desain yang kamu buat. Mungkin banyak dari kamu yang sudah tahu bahwa hobi yang keren satu ini dapat membantumu mendapat keuntungan loh.

Di zaman yang serba modern ini, terlebih dikarenakan adanya musim pandemi, banyak perusahaan atau organisasi yang mencari orang yang dapat membuat desain loh. Biasanya mereka mencari orang yang dapat membuat desain untuk sebuah iklan, logo, atau mungkin poster agar dapat dilihat banyak orang secara daring. Kamu juga bisa bikin desain album foto sendiri dan mencetaknya di ID Photobook!

Hobi - Disain

Selain di perusahaan atau organisasi, kamu juga dapat menjadi desainer lepas loh dengan mencari pelanggan atau bekerja yang tidak terlalu terikat. Dengan menjadi desainer lepas juga kamu dapat mengatur waktumu secara fleksibel.

Masak

Hobi sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari seperti memasak juga dapat membantumu mendapatkan penghasilan tambahan! Apalagi di tengah pandemi dan ekonomi lesu, hobi masak kamu bisa bantu menggerakkan roda ekonomi!

Jika kamu hobi memasak, kamu dapat menjual masakanmu dan mengirimkannya kepada orang lain loh, baik secara daring atau pun membuka tempat makanmu sendiri. Kamu juga dapat menjualnya dengan sistem pre-order agar kamu dapat mengatur waktu dan jumlah penjualan dengan lebih baik.

Selain menjual makananmu sendiri, kamu juga bisa loh membuat video cara memasak masakan yang kamu kuasai atau mungkin makanan dengan resep kamu sendiri. Dengan membuat video, kamu dapat mengunggahnya ke website agar kamu mendapatkan penghasilan dari video tersebut.

Berkebun

Siapa sangka salah satu hobi yang bermanfaat bagi lingkungan ini sedang naik daun loh di masyarakat dan dapat membantumu mendapatkan penghasilan tambahan.

Belakangan ini sedang ramai dengan penjualan tanaman hias. Nah, bagi kamu yang hobi berkebun, kamu juga bisa loh mulai membeli bibit dan menjual tanaman hias untuk mendapatkan keuntungan. Terlebih lagi karena perkembangan teknologi yang pesat, kamu tidak perlu repot untuk membuka toko tanaman yang dekat dengan keramaian agar ada yang melihat, kamu juga dapat membuka toko sendiri di rumah dan menjualnya secara daring.

Berkebun tentunya juga tidak hanya dapat memberi keuntungan berupa penghasilan tambahan loh. Kamu juga dapat berkebun dengan menanam buah-buahan dan sayur-sayuran yang kamu sukai agar kamu tidak perlu pergi berbelanja di saat musim panen tiba!

Hobi Makan

Hobi yang menyenangkan satu ini ternyata juga dapat mendatangkan keuntungan loh. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari hobi satu ini.

Kamu dapat menjadi food vlogger atau food blogger dengan hobi satu ini. Kamu dapat membuat video atau menulis perihal makanan yang kamu cicipi, mulai dari rasa, penampilan, tempat makannya, atau bahkan sejarahnya loh. Selain mendapat keuntungan, kamu juga dapat memberikan manfaat bagi orang jika ingin mencicipi makanan tersebut atau hanya sekadar memberikan informasi.

Hobi - Makan

Jika kamu memiliki kepekaan rasa, kamu juga dapat menjadi food tester dengan hobi satu ini. Kamu dapat mencicipi makanan dari orang yang ingin membuka usaha di bidang kuliner atau kamu dapat memberikan peringkat dari makanan yang kamu nilai.

Nah, itu dia 5 hobi yang dapat memberimu penghasilan tambahan. Tentu saja tidak hanya 5 hobi di atas yang dapat memberi keuntungan, masih banyak hobi yang dapat memberi keuntungan!

Baca juga:  5 Ide Bisnis Makanan Ini Patut Dicoba oleh Kamu yang Kreatif

6 Hobi Sederhana yang Patut Dicoba Saat Sedang Bosan

Hobi – Rutinitas yang itu-itu saja bisa membuat kamu bosan. Apalagi untuk mendukung adaptasi kebiasaan baru, kamu harus mengurangi aktivitas di luar rumah dan kerumunan. Kamu jadi kesulitan untuk mencari hiburan di luar rumah.

Nah, mungkin ini saatnya kamu mencoba hobi baru.

Ada banyak hobi yang unik dian bisa kamu coba selagi luang. Nggak hanya untuk mengisi waktu luang, beberapa hobi ini bisa jadi sangat bermanfaat dan membuka peluang ide bisnis baru untuk kamu!

Yuk simak X hobi sederhana yang patut dicoba saat sedang bosan berikut ini.

Baca juga: 5 Peluang Usaha Baru yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Masak dan Bikin Kue

Kegiatan menyenangkan satu satu ini menjadi daftar hobi sederhana pertama yang akan dibahas. Sebab sebagian besar orang mungkin sudah sering melakukan kegiatan ini.

Sering melakukan bukan berarti hobi, ya. Hobi adalah kegiatan menyenangkan yang dilakukan saat waktu luang untuk menghibur diri dan meredakan stres. Nah, apakah memasak dan bikin kue sudah menjadi hobimu?

Untuk memulai hobi ini, nggak perlu langsung masak besar dan rumit. Kamu bisa buat dengan bahan-bahan sederhana yang memang kamu sukai.

Misalnya kamu suka makan mendoan, nggak ada salahnya untuk membuat kreasi mendoan unik. Kamu bisa cari resep unik dan tutorialnya di internet. Cuss deh langsung praktik.

Membaca Buku

Hobi satu ini jelas jadi hobi paling bermanfaat. Malahan harusnya hobi satu ini dibiasakan sejak masih kecil dan berlanjut sampai kamu dewasa.

Untuk anak, bisa dimulai dengan membaca buku dengan gambar penuh warna. Saat usia bertambah, membaca tetap jadi hobi remaja yang bermanfaat. Bahkan saat kamu sudah dewasa, kamu bisa bersantai sambil membaca buku.

Membaca buku, entah buku fiksi maupun non-fiksi, menjadi salah satu alternatif belajar yang menakjubkan, loh. Sebab, membaca buku tak hanya membawa kita pada pengetahuan baru, namun juga sudut pandang baru.

Jadi, gimana? Membaca buku bisa masuk hitungan hobi yang keren, bukan?

Bercocok Tanam

Jangan remehkan kegiatan satu ini. Bercocok tanam bisa menjadi hobi yang bermanfaat loh. Kok bisa?

Iya dong, siapa sih yang nggak suka rumahnya dihiasi tanaman subur nan cantik? Padahal merawat tanaman hingga tumbuh subur tidak bisa dilakukan setiap orang.

Hobi - Bercocok Tanam

Meskipun ada pupuk, sinar matahari serta air, ada beberapa jenis tanaman yang ‘rewel’ dan butuh perhatian penuh. Oleh karenanya bercocok tanam membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan.

Selain aneka tanaman hias, jangan ragu untuk mulai menanam sayuran dan buah. Mulai dari sawi, kacang panjang, cabai dan tomat. Kemudian kamu bisa menanam buah seperti mangga, rambutan, dan pepaya. Nah kalau sudah panen, jangan lupa bagi-bagi ke tetangga dan kerabat, ya.

Pelihara Ikan

Makhluk kecil menggemaskan satu ini sering jadi kesukaan banyak orang. Melihat mereka berenang sendirian maupun berkelompok tentunya menjadi hiburan tersendiri.

Nah, tak ada salahnya kamu coba menekuni hobi sederhana satu ini. Kamu bisa mulai dengan pelihara ikan kecil di akuarium mini. Beri makan secukupnya.

Memelihara ikan hias dalam akuarium cantik juga bisa mempercantik ruangan. Kamu bisa coba memelihara ikan guppy maupun ikan cupang yang cantik.

Melukis

Hobi satu ini bisa jadi sangat mengintimidasi karena kamu terlanjur melihat lukisan-lukisan bagus yang beredar. Kamu nggak perlu berkecil hati, segera ambil alat dan media lukismu.

Sama seperti hobi, melukis merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyenangkan pikiran dan hati. Jadi jika kamu lebih dulu menganggap lukisanmu buruk, kamu malah jadi tertekan dan nggak enjoy saat melukis.

Hobi - Melukis

Kalau masih ragu, kamu bisa mulai kegiatan melukis dengan mencoba paint by number. Yakni kamu diberi media lukis dimana sudah ada pola dan nomor. Kamu tinggal mewarnai nomor dan pola yang ada sesuai dengan warna cat yang sesuai.

Mendengarkan Podcast

Kegiatan satu ini bisa jadi hobi yang unik dan kekinian. Mendengarkan podcast pun bisa dari mana saja, asal ada koneksi internet.

Mendengarkan podcast bisa membantu kamu menambah pengetahuan. Bahkan ada banyak tema dan materi podcast yang bisa kamu pilih. Cari yang sesuai dengan kesukaanmu. 

Podcast berbahasa asing juga bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa asingmu. Yakni kamu bisa belajar mendengarkan dan memahami dialog berbahasa asing sambil menambah pengetahuan tentang topik yang dibahas.

Mendengarkan podcast yang ringan dan menggelitik juga nggak masalah. Apalagi podcast yang relate dengan kehidupan sehari-hari. Pasti seru!

Nah itu dia 6 hobi sederhana yang patut kamu coba saat sedang lenggang. Selain mengisi waktu luang, semoga daftar hobi di atas bisa membantu meningkatkan soft skill kamu ya.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Kekinian ini Patut Dicoba di Masa Pandemi

Makanan Darah Tinggi? 5 Makanan Bantu Kontrol Darah Tinggi

Makanan Darah Tinggi – Kesehatan memang menjadi salah satu topik yang kerap diperbincangkan belakangan ini. Topik kesehatan yang cukup kerap diperbincangkan salah satunya adalah bagaimana mengontrol darah tinggi.

Darah tinggi sendiri bukan merupakan topik yang baru dalam dunia kesehatan. Darah tinggi merupakan salah satu hal yang berbahaya bagi tubuh, terutama dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan penyakit berat lainnya seperti stroke atau penyakit jantung.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan darah tinggi, salah satunya adalah melalui hidup sehat. Hidup sehat untuk mengurangi tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan darah tinggi yang harus dihindari atau dengan kata lain mengonsumsi makanan mengurangkan darah tinggi.

Buat kamu yang sudah ga sabar untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat membantumu mengontrol darah tinggi, yuk simak 5 makanan dan minuman berikut yang dapat membantu menurunkan tekanan darahmu!

Baca juga: Nggak Bisa Ke Gym Saat Pandemi? Yuk Jaga Kesehatan Di Rumah

Sayuran Hijau

Makanan turunkan darah tinggi yang pertama adalah sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung banyak zat yang cocok bagi kamu yang mengidap darah tinggi seperti potasium, kalium, dan magnesium.

Beberapa zat tersebut dapat membantumu mengurangi darah tinggi loh, seperti potasium yang dinilai dapat membantu ginjal mengeluarkan sodium melalui urin, sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darahmu.

Jangan lupa untuk memilih sayuran hijau yang masih segar untuk membantumu mengurangi darah tinggi, selain itu konsumsi lah sayuran hijau setiap hari atau paling tidak sesering mungkin.

Yogurt dan Susu Skim

Yogurt dan susu merupakan minuman yang sudah lama dikenal baik bagi tubuh. Yogurt dan susu skim merupakan salah satu sumber kalsium yang tinggi dan juga memiliki kadar lemak yang rendah.

Tingginya kalsium dan rendahnya lemak dari kedua minuman tersebut dapat membantu mengontrol tekanan darahmu menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan. Terkhusus yogurt, ia dinilai mengandung probiotik yang tinggi sehingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

Makanan Darah Tinggi - Yoghurt

Kamu bisa mengonsumsi kedua minuman di atas setiap harinya untuk membantu mengontrol tekanan darahmu loh. Untuk yogurt, kamu juga dapat memilih varian rendah lemak karena dinilai lebih baik untuk kesehatan tubuhmu.

Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah lemak, dan juga rendah natrium. Kandungan tersebut dinilai dapat membantu mengontrol tekanan darahmu.

Oatmeal biasanya sering dikonsumsi pada pagi hari untuk memulai hari agar menjadi lebih bertenaga. Jika kamu tidak dapat mengonsumsi oatmeal karena rasanya, kamu juga dapat memakannya dengan makanan lain loh, seperti halnya mengkonsumsi oatmeal dengan buah.

Cokelat Hitam

Menurut sebuah penelitian, coklat hitam dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi. Cokelat hitam juga dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba coklat untuk membantu mengurangi tekanan darah, dianjurkan untuk mengkonsumsi coklat dengan kandungan kakao lebih dari 60%. Jika kamu tidak kuat dengan rasa pahitnya, kamu dapat mengkonsumsi coklat hitam dengan yogurt juga loh!

Ikan yang Mengandung Zat Omega-3

Ikan dinilai sebagai salah satu sumber protein yang terbaik dan dapat dengan ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, terutama ikan yang mengandung zat omega-3.

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi ikan yang mengandung zat omega-3 seperti salmon sebanyak 3 kali dalam satu minggu dapat menurunkan tekanan darah diastolik selama delapan minggu.

Makanan Darah Tinggi - Ikan yang Mengandung Zat Omega-3

Meskipun baik untuk tubuh, pengolahan ikan dengan penambahan garam yang berlebihan juga berbahaya bagi tubuhmu loh. Perhatikan penggunaan garam ketika kamu mengolah ikan ya!

Nah itu dia Itulah daftar makanan yang dapat membantumu mengontrol tekanan darah! Jadikan makan di atas sebagai menu harian supaya kamu tekanan darahmu bisa terkontrol. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga: Bukan Alasan Malas Gerak, Ini 7 Tips Olahraga Saat Pandemi