4 Manfaat Olahraga Basket, Biar Kamu Makin Rajin Main Basket

4 Manfaat Olahraga Basket, Biar Kamu Makin Rajin Main Basket

Manfaat Olahraga – Berolahraga memang selalu mendatangkan manfaat bagi yang rutin melakukannya, tidak terkecuali olahraga basket. Olahraga yang berasal dari Amerika Serikat ini memang cukup digemari banyak orang dan juga memberikan beberapa keuntungan bagi yang rutin menjalaninya.

Olahraga basket memang cukup populer di Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Permainannya terbilang cukup sulit tetapi menyenangkan untuk dimainkan atau pun ditonton oleh banyak orang. Bola basket tidak hanya menyenangkan saja, tetapi juga dapat melatih badan dan mental kita loh!

Nah, bagi kalian yang sering main basket dan ingin tahu apa saja sih manfaat olahraga basket untuk kesehatan, yuk simak daftar berikut ini!

Baca juga: Masih Sering Dianggap Remeh, Apa Itu Kesehatan Mental?

Membantu Pertumbuhan

Manfaat pertama yang dapat kamu dapat jika bermain basket secara rutin adalah kamu dapat membantu pertumbuhan tubuhmu loh, terutama bagi kamu yang sedang dalam masa pertumbuhan atau memiliki saudara atau adik yang masih dalam masa pertumbuhan.

Manfaat olahraga basket bagi pertumbuhan ini bukan hanya sebuah mitos loh, melainkan fakta. Banyak gerakan melompat dalam olahraga basket seperti rebound, lay-up, jump shot, dan lainnya yang dapat memaksimalkan pertumbuhan badanmu loh! Gerakan-gerakan yang mengandung unsur melompat tersebut dinilai dapat merangsang hormon pertumbuhan dalam tubuhmu.

Membakar Kalori

Manfaat bola basket untuk kesehatan berikutnya adalah membakar kalori dalam tubuh yang pada umumnya manfaat ini juga ditemukan dalam olahraga lainnya. Seperti olahraga pada umumnya, gerakan olahraga basket yang aktif tentunya akan membantu kita membakar kalori dalam tubuh.

Olahraga basket merupakan salah satu permainan olahraga yang cepat dan aktif, yaitu aktif melibatkan banyak anggota tubuh yang bergerak dan juga fase permainan yang cenderung cepat ketika dimainkan. Kedua hal tersebut tentunya membuat tubuh kita bergerak dan membakar banyak kalori dalam tubuh.

Jadi, bagi kamu yang ingin membakar kalori dengan sesuatu yang menyenangkan, kamu bisa juga mulai untuk bermain basket sendiri atau bersama temanmu!

Menambah Relasi dan Menjalin Persahabatan

Olahraga basket yang cenderung dimainkan secara berkelompok menyebabkan kamu harus mengenal atau mengetahui siapa kawan dan lawan. Mengenal kawan satu tim dapat membantumu bekerja sama dalam bermain basket. Sedangkan mengetahui lawan di tim yang berbeda dapat membantumu berkoordinasi dalam mengatur pertahanan tim.

Manfaat Olahraga - Manfaat Relasi

Belum lagi kalau kamu bermain basket bersama teman dari temanmu. Mau nggak mau kamu harus berkenalan dengan mereka. Itu berarti kamu bisa menambah relasi ketika bermain basket. Nah terbukti kan, main basket bisa jadi ajang kamu memperluas circle pertemanan.

Dengan mengenal banyak orang dan menambah relasi, tidak menutup kemungkinan pertemanan yang terjalin setelah bermain basket ini dapat terus berlanjut hingga kamu mendapat sahabat atau kawan yang baru!

Melatih Konsentrasi dan Keterampilan Motorik

Permainan bola basket yang merupakan olahraga permainan kelompok ini dapat membantumu juga dalam melatih konsentrasi. Ketika bermain basket tentunya kamu akan berkonsentrasi dan mengatur strategi bagaimana caranya untuk mencetak angka dan juga mencegah musuh untuk mencetak angka.

Tidak hanya konsentrasi, dengan berolahraga basket kamu juga melatih keterampilan motorik. Gerakan basket yang membutuhkan koordinasi otak, tangan, kaki, dan mata dapat melatih keterampilan motorik bagi yang rutin melakukannya. Melatih keterampilan motorik sangat baik, terutama bagi yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Nah, itu dia beberapa manfaat olahraga basket. Bagi kamu yang sudah rutin melakukannya, lanjutkan saja agar menjadi salah satu rutinitasmu agar tetap mendapat manfaatnya dan bagi kamu yang ragu untuk mencoba atau belum mencobanya, tunggu apa lagi?

Baca juga: Masih Malas Olahraga? Ini 4 Manfaat Olahraga Secara Teratur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *