16. 5 Destinasi Liburan Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!

5 Destinasi Liburan Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!

Destinasi Liburan – Tahukah kamu bahwa Indonesia begitu unik? Tak hanya dari keanekaragaman suku, adat istiadat, dan budayanya, tapi juga dari bentang alamnya. Nah, keragaman ini membuat destinasi liburan di Indonesia begitu unik dan tiada tandingannya. 

Destinasi liburan Indonesia ini mampu menarik banyak turis asing untuk datang ke Indonesia. Beruntungnya kamu tinggal di Indonesia nggak harus repot-repot bikin paspor atau siapkan visa untuk bisa mendatangi lokasi wisata ini. Nggak perlu deh kamu repot cari destinasi liburan luar negeri kalau Indonesia memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

Bukan sembarang destinasi wisata kekinian yang banyak meniru destinasi liburan luar negeri, berikut ini adalah destinasi liburan unik yang cuma ada di Indonesia. Jangan sampai kamu orang Indonesia belum pernah ke sini!

Baca juga: Gak Kalah Kece, Yuk Main Ke 6 Destinasi Liburan Murah Dieng!

Pulau Komodo

Sebagaimana yang kita tau, Komodo merupakan hewan endemik yang tinggal di kawasan Pulau Komodo. Karena statusnya yang rentan punah, pemerintah Indonesia berupaya untuk menjaga populasi Komodo dengan cara membuat Taman Nasional Komodo.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi ini sebaiknya memakai sepatu serta membawa persediaan air mineral. Hal ini dikarenakan karena masih banyak spesies ular liar beracun yang hidup di kawasan ini. Di samping itu, cuaca di Kepulauan Komodo cenderung lembab dan kering sehingga penting menjaga kandungan air dalam tubuh agar tidak dehidrasi.

Reptil raksasa ini bisa tumbuh hingga mencapai 3 meter dengan berat mencapai 100 kilogram. Merupakan satwa unik pemakan daging yang terlihat tenang dan lambat. Namun jangan salah, Komodo bisa berubah menjadi sangat agresif sehingga pengunjung harus berhati-hati.

Pulau Komodo menjadi destinasi liburan terbaik untuk kamu yang suka petualangan dan mengunjungi tempat-tempat eksotis! Gimana? Tertarik menyambangi kediaman hewan buas ini? 

Candi Borobudur

Siapa yang tak kenal dengan pesona Candi Borobudur? Candi Buddha terbesar di dunia ini merupakan magnet wisatawan dan turis asing.

Bangunan Candi Borobudur sebelumnya ‘ditinggalkan’ hingga akhirnya terkubur dalam-dalam hingga membentuk sebuah bukit. Namun, pada abad 19 mulai dilakukan pencarian dan penggalian kompleks candi. Hingga pada akhirnya berdirilah bangunan candi yang megah seperti yang kita ketahui sekarang.

Destinasi Liburan - Borobudur

Candi Borobudur terdiri atas 3 tingkatan, yakni Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Yang menarik di setiap dinding, kecuali pada tingkatan Arupadhatu, candi terdapat relief yang dipahat secara halus. Lokasi ini sangat menarik untuk mempelajari masa kejayaan dinasti Syailendra serta percampuran agama Buddha dan budaya Jawa.

Umat beragama Buddha masih menggunakan Candi Borobudur sebagai tempat peribadatan. Khususnya pada Perayaan Waisak, dimana umat Buddha seluruh dunia biasanya akan berkumpul di Borobudur. Menarik, bukan?

Pemakaman Trunyan

Trunyan atau Terunyan adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia. Letaknya dekat dengan Danau Batur, Desa Trunyan memiliki adat menguburkan mayat yang tak biasa.

Jika ada yang meninggal, masyarakat Desa Trunyan akan menutupinya dengan kain putih dan melakukan upacara. Setelah itu mereka akan meletakkan mayat tadi di area pemakaman, yakni di bawah pohon Taru menyan.

Meskipun proses penguraian mayat tetap terjadi secara alami, aroma busuknya tidak akan menyebar bahkan tercium. Hal ini disebabkan pohon Taru Menyan yang mengeluarkan aroma harum sehingga dapat menyarukan bau busuk mayat tadi.

Pemakaman Trunyan hanya ada di Indonesia. Nggak heran sih lokasi ini bisa menarik banyak pengunjung. Nggak salah juga kalau kamu mau berkunjung ke sini. Namun, tetap sebagai wisatawan yang bijak, sebaiknya ikut menghormati adat istiadat dan kebudayaan masyarakat setempat, ya!

Gunung Kelimutu

Berada di Ende, Gunung Kelimutu merupakan pesona tersendiri di tanah Flores. Tiga kawah dari gunung berapi yang terakhir meletus di tahun 1880-an ini sekarang diisi oleh air sehingga membentuk danau.

Uniknya, masing-masing danau memiliki warna yang berbeda, yakni merah, biru kehijauan (tosca) dan putih. Tak hanya itu, warna air pada permukaan danau juga mengalami perubahan hingga puluhan kali. 

Destinasi Liburan - Danau Kelimutu

Para ilmuwan percaya bahwa hal ini terjadi karena erupsi terus-menerus yang kemudian menghasilkan gas. Sehingga secara garis besar perbedaan dan perubahan warna air danau disebabkan oleh pengaruh gas, suhu udara, curah hujan dan mikroba yang tinggal di dalam danau.

Warga sekitar meyakini danau tersebut merupakan tempat tinggal arwah dan leluhur sehingga sering diadakan upacara adat Pati Ka. Dimana secara harfiah upacara tersebut memiliki arti ‘memberi makan Danau Kelimutu’.

Pantai Pasir Pink

Sebenarnya pantai pasir pink tidak benar-benar hanya ada di Indonesia. Bahkan ada beberapa pantai berpasir pink di dunia. Tapi, berhubung di Indonesia juga ada, bolehlah ya kita masukkan dalam destinasi liburan unik kali ini.

Merah jambu pada pasir ini terbentuk dari percampuran pasir putih dan pecahan karang bewarna pink. Nah, seperti yang kita ketahui, lautan Indonesia kaya akan terumbu karang. Sehingga wajar jika ada beberapa pantai pasir pink di Indonesia.

Destinasi Liburan - Pantai Pasir Pink

Pantai berpasir pink yang terkenal diantaranya adalah Pantai Merah di Taman Nasional Komodo dan juga Pantai Tangsi yang berada di Lombok. Wah, nggak ada salahnya sih kalau sehabis berkunjung ke Taman Nasional Komodo, kamu berkunjung  ke Pantai Merah. Pastinya liburanmu makin kece.

Eh, jangan lupa foto-foto ya. Terus cetak deh fotonya dalam photobook. Biar bisa diceritakan ke kenalan dan anak cucu nanti.

Jadi, gimana nih dengan daftar 5 destinasi liburan unik dan terbaik yang cuma ada di Indonesia ini? Kamu sudah tau mau liburan ke mana?

Di mana pun destinasi liburan murah kamu, jangan lupa abadikan momen seru dalam foto digital. Nanti setelah selesai jangan lupa mencetaknya dalam photobook ya. Biar kenanganmu nggak rusak, tercecer apalagi hilang.

ID Photobook menyediakan layanan jasa cetak foto photobook berkualitas. Hasil cetak foto di ID Photobook dijamin bikin gambar makin tajam. Kamu bisa mengenang waktu liburanmu kapan aja!

Baca juga: 5 Lokasi Liburan Murah Sampai Mahal di Bogor Ini Kece Abis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *