5 Ide Bisnis Kekinian ini Patut Dicoba di Masa Pandemi

5 Ide Bisnis Kekinian ini Patut Dicoba di Masa Pandemi

Ide Bisnis – Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, kondisi perekonomian mengalami gejolak besar. Rasanya tak mungkin jika hanya mengandalkan gaji. Kita dituntut untuk memutar otak demi mencari peluang usaha baru.

Namun, bisnis apa sih yang cocok saat masa pandemi ini? Nggak perlu khawatir. Berikut ini adalah 5 ide bisnis ide bisnis kreatif dan unik untuk peluang usahamu.

Baca juga: Cari Uang Tambahan Saat Pandemi Lewat 4 Peluang Bisnis Ini

Masker

Adaptasi kebiasaan baru mewajibkan kita semua untuk selalu pakai masker. Yang perlu diingat, masker N95 dan masker bedah masih dikhususkan untuk tenaga kesehatan. Oleh karenanya, sebagai orang awam, baiknya menggunakan masker kain.

Menjahit masker kain bisa menjadi pilihan usaha menguntungkan di tengah pandemi Covid-19. Kamu bisa belajar menjahit masker yang ternyata nggak sulit. Kamu juga bisa pilih sendiri desain masker yang sesuai dengan target pasar.

Selain itu, perhatikan pula tali atau pengikat pada masker supaya bisa dipakai maupun disimpan dengan mudah. Pastikan kamu menggunakan kain yang tebal namun tidak terlalu tebal, jangan-jangan pelanggan malah kesulitan bernafas. 

Manfaatkan sosial media dan teman-temanmu untuk mempromosikan dagangan. Atau kamu juga bisa memberikan promosi untuk pembelian khusus.

Ide Bisnis Bahan Makanan Siap Masak

Awalnya bisnis menjual sayuran dan bahan makanan siap masak bisa dikatakan sebagai ide bisnis gila. Karena siapa sih yang mau membayar uang lebih untuk membeli sayuran? Padahal kan sudah ada tukang sayur keliling.

Nyatanya bisnis ini cocok diterapkan di tengah pandemi Covid-19. Sebab salah satu cara mencegah penularan virus Covid-19 adalah dengan menjaga jarak aman yakni sekitar 1 meter. Semantara yang kita tau, supermarket dan pasar adalah tempat biasa orang berkerumun.

Ide Bisnis Bahan Makanan Siap Masak

Menjalankan bisnis makanan siap masak ini justru ikut mengurangi risiko penularan Covid-19. Sebab pelanggan tidak harus berangkat ke pasar, bertransaksi maupun berdekatan dengan orang yang entah sudah berjalan ke mana saja.

Yang perlu diperhatikan dalam menjalankan ide bisnis kreatif makanan siap masak ini adalah menjaga kebersihan bahan makanan tersebut. Pastikan bahan-bahan juga melalui tahap sterilisasi sebelum diantar ke rumah pelanggan.

Homemade Ice Cream

Dalam situasi apapun, es krim tak pernah salah tempat. Es krim selalu bisa dinikmati, saat cuaca panas, bahkan saat dingin pun orang sulit menolak es krim.

Kamu yang sedang mencari ide bisnis kreatif dan unik bisa berkreasi sendiri soal resep es krim. Tentukan takaran yang tepat dan varian rasa yang istimewa supaya es krim buatan rumah kepunyaanmu menarik minat pelanggan.

Cari pembeda es krim buatan kamu dibanding es krim merk lain. Misal kamu bisa bedakan di penamaan rasa atau bahan dasar pembuatan es krim. Saat promosi, tekankan pada bahan dan proses pembuatan es krim yang higienis serta pembeda tersebut.

Jangan lupa buat logo dan tagline menarik supaya es krim kamu mudah dikenali.

Kamu juga bisa menambahkan layanan antar ke rumah supaya pelanggan kamu tidak harus keluar hanya untuk mengambil es krim. Saat proses pengantaran pastikan kamu juga mentaati protokol kesehatan ya. 

Pakaian Formal untuk Di Rumah

Berhubung pandemi Covid-19 dianjurkan jaga jarak, kamu yang beruntung bisa diberi kesempatan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Kalau kerja dari rumah, enaknya tetap pakai baju rumah kan ya. Tapi gimana kalau  mendadak ada undangan meeting lewat video call. Bisa gelagapan cari baju yang rapi biar tetap terlihat profesional. Namun pakai pakaian formal selama di rumah juga tidak selalu nyaman.

Nah, kamu yang jago desain, yuk desain pakaian formal untuk di rumah. Mungkin kamu bisa awali dengan jumpsuit atau sekadar piyama dengan bahan dasar kain yang berbeda-beda.

Untuk promosi, manfaatkan sosial media kamu dengan baik ya. Minta teman-teman hitz kamu untuk bantu promosi daganganmu. Mainkan ide promosi seperti diskon dan giveaway yang menarik, ya.

Kopi Susu Kemasan

Salah satu yang paling dirindukan saat pandemi Covid-19 menyerang adalah nongkrong di cafe. Ingatkan masa-masa ngerjain tugas di cafe sambil ditemani es kopi susu, musik, dan teman yang menyenangkan. Tapi meski nggak bisa nongkrong, es kopi susu nggak boleh absen dong. Makanya bisnis kopi susu take away bisa jadi ide bisnis kekinian yang patut dicoba.

Ide Bisnis - Kopi Susu Literan

Terutama untuk kamu mahasiswa semester akhir. Daripada menunggu kepastian dosen yang tak kunjung datang dan pandemi yang menyerang. Sambil menunggu hasil penelitian yang tak kunjung lengkap, kamu dan teman-teman boleh banget mencari uang tambahan dengan mencoba ide bisnis unik mahasiswa semester akhir ini.

Mengapa? Karena selain perpustakaan dan kamar kosan, biasanya mahasiswa belajar dan mengerjakan tugas di cafe. Nah berhubung belum boleh ke cafe, kamu bisa mengajak sesama mahasiswa untuk buka bisnis unik ini, atau menjadikan mereka target bisnismu.

Nah itu dia 5 ide bisnis kekinian yang patut dicoba di masa pandemi. Sebelum memulai usaha, persiapkan mental untuk menghadapi tantangan bisnis yang ada. Dan semoga, ide bisnis kreatif dan unik ini tak hanya menumpuk jadi ide tanpa diwujudkan, ya!

Baca juga: Cara Menabung Ini Salah! Milenial, Yuk Ubah Kebiasaan Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *