5 Ide Bisnis Makanan Ini Patut Dicoba oleh Kamu yang Kreatif

5 Ide Bisnis Makanan Ini Patut Dicoba oleh Kamu yang Kreatif

Ide Bisnis – Di tengah situasi sekarang ini, mengandalkan satu sumber penghasilan saja tidak cukup. Kamu harus pintar-pintar cari peluang supaya kebutuhan bisa terpenuhi sekaligus menabung untuk hari tua nanti.

Tak ada salahnya jika kamu membuka bisnis baru sebagai sumber penghasilan tambahan. Lagi cari ide bisnis kreatif dan unik? Kamu bisa awali dengan terjun ke bisnis kuliner.

Mengapa bisnis kuliner? Karena selain memenuhi kebutuhan pokok, bisnis makanan bisa dijalankan dengan modal kecil dan menghasilkan untung besar. Masalah tenaga kerja, kamu bisa mengandalkan diri sendiri saat memulai usaha.

Nah, kalau kamu masih bingung, berikut ini ada 5 ide bisnis kreatif makanan yang patut kamu coba untuk mengawali bisnismu.

Baca juga: Cari Uang Tambahan Saat Pandemi Lewat 4 Peluang Bisnis Ini

Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Awalnya bisnis menjual sayuran dan bahan makanan siap masak bisa dikatakan sebagai ide bisnis gila. Karena siapa sih yang mau membayar uang lebih untuk membeli sayuran? Padahal kan sudah ada tukang sayur keliling.

Nyatanya bisnis ini cocok untuk masyarakat perkotaan yang sibuk. Sebab meskipun sudah ada tukang sayur keliling, bisnis sayuran dan bahan mentah ini dinilai lebih praktis.

Ide Bisnis - Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Pemesanannya bisa dilakukan secara online. Harga serta jumlah yang dibeli bisa lebih transparan dan pastinya nggak akan berebut dan kehabisan karena makanan sudah dipesan sebelumnya.

Sediakan fasilitas pembayaran seperti transfer untuk memudahkan pembeli sekaligus mempermudah pencatatan. Dan untuk pelanggan yang super sibuk, bisa janjian dulu sebelum sayuran dan bahan makanan siap masak diantar ke rumah. 

Model usaha ini bisa diawali dengan mencari tempat kulak sayur dan bahan makanan lain. Kamu bisa kulak langsung dari petani atau dari penjual tangan pertama. Carilah bahan yang masih segar supaya pelanggan puas dengan kualitas yang diberikan.

Sate Taichan

Nikmatnya sate taichan nggak diragukan lagi. Meski sudah booming sejak lama, pesona sate taichan tak kunjung redup. Inilah yang membuat sate taichan masuk dalam ide bisnis makan yang patut dicoba.

Sebenarnya sate taichan pun bisa dikatakan ide bisnis gila. Menu sate taichan sendiri akan membuat orang bertanya, apa enaknya sih sate yang nggak pakai bumbu apapun? Karena kalau dilihat sekilas daging sate taichan masih bewarna putih dan didampingi sambal, sama aja kayak makan nasi ayam dan sambal.

Tapi ternyata perbedaan itu yang membuat pelanggan tertarik.

Kalau dilihat dari resepnya, memasak sate taichan bukan nggak pakai bumbu. Melainkan bumbunya lebih sederhana dibanding jenis sate lainnya. Bahan-bahannya pun  mudah didapat dan prosesnya pun cepat. Dijamin kamu bisa balik modal dalam waktu dekat.

Kamu hanya perlu siapkan bumbu untuk memarinasi daging maupun kulit ayam serta menyiapkan resep sambalnya. Lalu saat memanggang sate, pastikan daging sudah matang namun tetap empuk. 

Sate taichan yang pedas cocok dihidangkan bersama olahan susu murni maupun aneka macam es. Jadi selain membuka warung sate taichan, jangan lupa siapkan aneka resep minuman segar sebagai pendamping.

Katering 

Bisnis katering memang sudah banyak ditemukan di Indonesia. Namun katering tak hanya untuk acara besar seperti resepsi atau hajatan lain. Katering juga bisa disiapkan untuk sajian harian maupun katering sehat.

Kamu yang ahli tata boga dan mempelajari ilmu gizi cocok banget untuk membuka usaha katering. Sebab kamu harus menghitung terlebih dahulu kebutuhan energi serta kandungan gizi pelanggan. Nantinya hitungan ini yang akan digunakan sebagai dasar menu makanan.

Sedangkan pada katering harian, menu makanan yang disediakan bisa lebih bebas. Meski begitu, tak sedikit katering yang menyediakan beberapa menu alternatif dan pelanggan bisa memilih sendiri sesuai selera.

Hebatnya mau katering sehat maupun harian, keduanya dapat berjalan bersamaan. Jadi cakupan sasaran usaha kamu bisa lebih luas.

Dessert Box

Wah, jajan yang satu ini jelas tak boleh dilewatkan dan cocok banget jadi ide bisnis kekinian. Sekarang ini dessert box sedang menjadi primadona banyak orang. Maka tak heran jika usaha dessert box menjadi ide bisnis unik mahasiswa.

Sayangnya makanan yang paling enak disajikan saat dingin ini mengandung banyak kalori. Karena baik bahan pembuat dan porsinya yang relatif besar juga berkalori tinggi.

Nah, coba kembangkan ide bisnis kekinian dessert box ini dengan porsi dan kalori yang terkontrol. Kamu bisa bereksperimen dengan menggunakan pemanis alami seperti madu, mengurangi takaran gula dalam adonan, atau menggunakan alternatif bahan makanan berkalori rendah.

Jangan lupa tonjolkan keunikan merk dagang kamu dibanding usaha kuliner lain, ya. Supaya orang langsung mengetahui produk ini milikmu.

Salad Buah dan Smoothie Bowl

Masuk dalam kelompok makanan sehat, salad buah dan smoothie bowl jadi cemilan yang banyak diminati.

Salad buah dan smoothie bowl menjadi alternatif cemilan yang banyak diminati. Karena tak hanya enak, kandungan buah di dalamnya membuat salad buah dan smoothie bowl masuk dalam kelompok makanan sehat.

Ide Bisnis - Salad Buah dan Smoothie Bowl

Smoothie bowl merupakan jus buah murni yang dihidangkan dalam mangkuk. Lalu ditaburi buah-buahan, kacang serta biji-bijian sebagai topping. Untuk resep, coba dan ikuti dulu resep yang banyak beredar di internet. Selanjutnya, kamu bisa kreasikan sendiri mana yang enak.

Mainkan perpaduan warna buah-buahan yang unik agar smoothie bowl dan salad buah terlihat makin menarik. Perhatikan juga kandungan keju dan susu dalam salad buah, karena memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup besar. Salah-salah bukannya jadi sehat malah tertimbun lemak.

Itulah 5 ide bisnis kreatif di bidang kuliner yang patut dicoba. Sebelum memulai usaha, pastikan riset pasar dan sasaran pembelimu tepat. Usahakan untuk menggunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik.

Persiapkan mental untuk menghadapi tantangan bisnis yang ada. Dan semoga, ide bisnis kreatif dan unik ini tak hanya menumpuk jadi ide tanpa diwujudkan, ya! Siapa tau bisnismu bisa membawa kamu liburan ke Jepang!

Baca juga: Cari Uang Tambahan Ala Mahasiswa yang Patut Dicoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *