17. 5 Makanan Enak Ini Cocok Untuk Pencuci Mulut

5 Makanan Enak Ini Cocok Untuk Pencuci Mulut

Makanan – Setelah makan, paling enak ditutup dengan hidangan manis. Nggak harus membeli dessert box yang mahal, ada banyak pilihan makanan dan minuman pencuci mulut yang murah meriah.

Nah, berikut ini adalah 5 makanan enak yang cocok untuk pencuci mulut. Nggak mahal, bahkan kamu bisa bikin sendiri!

Baca juga: 5 Menu Makanan Ringan Nikmat, Bisa Masak Di Rumah!

Es Krim Buah

Siapa sih yang bisa menolak nikmatnya es krim? Apalagi di tengah cuaca terik yang menyengat. Kalau nggak mau beli, kamu bisa bikin sendiri di rumah.

Caranya gampang, kamu tinggal membuat jus dari buah-buah kesukaan. Misalnya jus buah kiwi, semangka, atau mangga. Lalu bekukan dalam freezer, tunggu selama beberapa jam es krim buah bisa dinikmati.

Keuntungan dari membuat es krim sendiri adalah kamu bisa memilih rasa pada es krim kamu. Bisa tunggal rasa, bisa beragam rasa sekaligus dalam satu es krim.

Pisang Karamel

Terbuat dari bahan dasar yang relatif mudah ditemukan, makanan Indonesia satu ini pun banyak yang jual. Taukah kamu bahwa proses pembuatan pisang karamel pun relatif mudah?

Siapkan bahan dasar berupa pisang, kulit lumpia, dan juga gula. Lalu siapkan juga minyak untuk menggoreng serta sedikit adonan tepung dan air.

Caranya mudah. Potong-potong pisang sesuai selera dan ukuran kulit lumpia. Letakkan pisang pada kulit lumpia, taburi dengan gula pasir lalu gulung. Rekatkan kulit lumpia dengan adonan tepung dan air yang sudah disiapkan. Terakhir, tinggal digoreng, deh!

Oreo Goreng

Makan oreo aja sudah enak, sekarang yuk simak resep yang bisa bikin oreo makin nikmat. Namanya oreo goreng!

Resep makanan satu ini berbahan dasar oreo yang telah dibekukan dalam freezer. Untuk adonan, siapkan tepung terigu, telur ayam, mentega, susu sapi, baking powder, gula dan garam secukupnya.

Makanan - Oreo Goreng

Campurkan semua bahan kering. Lalu tambahkan telur, gula, dan garam, aduk hingga merata. Kemudian campurkan susu cair sedikit demi sedikit sampai pada konsistensi yang diinginkan.

Celupkan oreo pada adonan tersebut, bolak balik dengan garpu. Setelah itu goreng oreo dalam minyak panas. Tunggu hingga berubah kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan. Oreo goreng pun siap disajikan sebagai hidangan pencuci mulut.

Lava Cake Oreo

Makanan enak satu ini tak bisa ditolak. Meski terdengar rumit, lava cake dengan bahan dasar oreo ini cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Cukup siapkan 1 bungkus oreo, susu cair, sebatang coklat hitam yang dipotong kecil, dan juga bubuk coklat.

Pertama, haluskan semua bahan tadi dengan blender. Setelah terproses dengan baik, tuangkan pada cetakan cup. Sembari mengaduk, panaskan kukusan.

Setelah panas, kukus adonan dalam cup dalam waktu 7 menit. Tak usah lama-lama, karena yang terpenting adalah membuat pinggiran adonan kering sementara bagian dalamnya masih meleleh.

Angkat dan lava cake, balik pada piring datar. Taburi dengan gula halus atau bubuk coklat. Hias dengan buah beri atau potongan stroberi. Lava cake oreo siap dinikmati.

Roti Nutella Gulung

Resep paling mudah, sayang banget kalo nggak kamu coba sendiri di rumah. Cukup siapkan roti tawar dan nutella. Soal rasa, udah pasti enak dong!

Jika roti tawar kamu memiliki tepian bewarna coklat, potong dulu tepian roti tawarmu. Setelah itu pipihkan roti tawar sampai gepeng. Standarnya kamu bisa menggunakan rolling pin, tapi kalau kebetulan nggak punya, jangan ragu gunakan perabot lain.

Makanan - Roti Nutella Gulung

Kamu bisa memanfaatkan botol kaca bekas sirup atau saus. Setelah pipih, oleskan Nutella pada seluruh permukaan roti. Lalu gulung roti dengan hati-hati. Jangan sampai tercecer, kan sayang. Potong dalam beberapa bagian, sesuai dengan gigitan mulut.

Kalau kamu nggak punya Nutella, jangan ragu untuk menggantinya dengan selai, sirup, dan bahkan gula pasir. 

Nah itu dia, 5 makanan lezat yang cocok menjadi hidangan pencuci mulut. Selain nikmat, cara membuatnya pun mudah. Nggak usah beli, kamu bisa bikin sebanyak yang kamu mau.

Baca juga: Masih Sering Dianggap Remeh, Apa Itu Kesehatan Mental?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *