16. 5 Menu Makanan Ringan Nikmat, Bisa Masak Di Rumah!

5 Menu Makanan Ringan Nikmat, Bisa Masak Di Rumah!

Makanan – Sudah kepalang lapar tapi jam makan masih lama. Tanggung dong kalau makan besar, lebih baik mengganjal perut dengan makanan ringan. Bingung mau ngemil apa?

Nah berikut ini adalah 5 menu makanan ringan yang bisa dinikmati kapan saja. Buat sendiri aja di rumah, biar lebih hemat dan lebih sehat!

Baca juga: 5 Makanan Enak Ini Cocok Untuk Pencuci Mulut

Popcorn alias Berondong Jagung

Makanan untuk di rumah yang mudah dibuat dan enak? Apalagi kalau bukan popcorn!

Sesuai namanya, popcorn merupakan jagung yang dimasak dengan mentega cair hingga meletup dan mekar. Suara letupan jagung yang mekar dan menabrak permukaan panci ini terdengar seperti pop-pop-pop. Sehingga disebutlah sebagai popcorn.

Kalau kamu lebih suka popcorn manis, bikin sendiri saus karamelmu. Kamu buat dari gula yang dipanaskan. Ingat, panaskan gula dalam api kecil ya, aduk-aduk biar nggak gosong dan berkerak. Lalu tinggal tuangkan saja di atas popcorn.

Berbagai Olahan Pisang

Buah satu ini memang bisa diolah menjadi banyak makanan enak. Mulai dari direbus, digoreng, bahkan dihaluskan dan menjadi pancake. rasanya sama-sama enak.

Ada juga yang namanya pisang nugget. Cara bikinnya pun mudah, mirip dengan pisang goreng tepung biasa. Bedanya pisang nugget harus dilumuri panir atau remah roti agar memiliki tekstur seperti nugget.

Makanan - Berbagai Olahan Pisang

Setelah digoreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan. Kamu juga bisa menambahkan toping seperti meses dan keju. Mudah kan?

Makanya sekarang sudah banyak yang membuat pisang nugget. Tapi, setelah tau cara bikin pisang nugget, yakin masih mau beli. Mending bikin sendiri pisang nugget untuk makanan di rumah.

Risol Mayo

Nikmatnya risol mayo memang juara. Nggak heran jika makanan ringan satu ini banyak yang mencari. Untuk resep makanan risol mayo sendiri sih susah-susah gampang.

Kamu bisa bikin kulitnya dari adonan, tapi kalo terlalu ribet, kamu bisa memanfaatkan kulit lumpia. Tata isian risol seperti sosis, telur rebus, bawang bombay, hingga potongan ham tepat di tengah kulit lumpia.

Jangan lupa tambahkan mayonaise sesuai selera dan gulung dengan rapi. Rekatkan kulit lumpia dengan adonan tepung dan sedikit air. Taburi dengan tepung panir lalu goreng di minyak panas api kecil.

Setelah matang dan bewarna keemasan, angkat risol dan tiriskan. Hidangkan selagi hangat.

Mendoan

Makanan lezat dengan bahan dasar berupa tempe ini juga mudah dimasak sendiri di rumah. Siapkan tempe papan, potong tips sesuai selera. Lalu siapkan adonan basah.

Kamu bisa gunakan adonan tepung saji yang mudah. Namun kalau kamu mau menambah rasa, tambahkan merica, garam, bawang merah dan putih yang telah dihaluskan.

Kalau kamu memang suka, tambahkan daun bawang dan daun jeruk yang telah dipotong lembut. Keduanya akan memberi rasa unik yang berbeda dari mendoan kamu.

Ada juga yang membumbui mendoan dengan rempah-rempah lain. Nah jangan takut bereksperimen dengan gorengan favorit satu ini ya!

Potato Wedges

Hidangan yang sering jadi menu makanan di cafe-cafe ini ternyata gampang banget dibuat sendiri di rumah. Cukup dengan sebutir kentang berukuran sedang.

Pastikan kamu mencuci kentang hingga bersih, sebab kulit pada kentang tak harus dikupas. Setelah itu, potonglah kentang sesuai selera dan goreng dalam minyak panas. Pastikan api tidak terlalu besar agar kentang matang sempurna.

Makanan - Potato Wedges

Sajikan kentang setelah ditaburi garam dan merica. Jika kamu ingin rasa pedas, taburkan bubuk cabe di atasnya atau menuangkan saus di tempat terpisah.

Jangan lupa buat es kopi sendiri di rumah sambil menyetel musik. Semoga kamu bisa semangat belajar atau bekerja ditemani makanan dan minuman ala cafe tanpa harus ke luar rumah!

Nah itu dia 5 menu makanan ringan nan nikmat yang bisa dimasak di rumah. Cocok menemani kamu di jam-jam tanggung. Semoga kamu bisa kembali fokus beraktivitas, ya!

Baca juga: Gak Sabar Ingin Traveling? Simak 5 Tips Traveling New Normal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *