19. 5 Tips Diet Sehat Paling Ampuh Untuk Turunkan Kolesterol

5 Tips Diet Sehat Paling Ampuh Untuk Turunkan Kolesterol

Tips Diet – Kolesterol tinggi merupakan salah satu keluhan yang biasa dimiliki dan juga disampaikan oleh sebagian besar orang, terutama bagi mereka yang tidak menjaga pola hidup sehat.

Banyak cara yang dapat dilakukan ketika kamu ingin menurunkan kolesterol, salah satunya adalah dengan menjalankan program diet. Banyak orang yang sudah menjalankan diet dan bahkan membuat beberapa tipsnya seperti tips diet cepat, tips diet sehat, tips diet sukses, bahkan ada juga yang membuat daftar menu diet sehat seminggu.

Bagi kamu yang ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhmu dengan berdiet, jangan sampai salah langkah ya. Yuk, perhatikan tips diet sehat untuk turunkan kadar kolesterol berikut ini!

Baca juga: Masih Malas Olahraga? Ini 4 Manfaat Olahraga Secara Teratur!

Menjalankan Program Diet Mediterania

Tips yang pertama untuk diet menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhmu adalah dengan mencoba program diet Mediterania. Banyak orang yang menganjurkan diet ini loh!

Apa sih program diet Mediterania itu? Program diet Mediterania itu sendiri biasanya dilakukan oleh penduduk pesisir di Kawasan Mediterania. Mereka biasa hanya mengonsumsi makanan yang mengandung buah, sayur-sayuran, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.

Dengan diet Mediterania ini, kamu dapat menghindari daging merah yang berlebihan hingga produk-produk olahan yang biasanya mengandung lemak jenuh yang berlebih loh.

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Serat Larut

Jika kamu tidak cocok dengan program diet Mediterania, kamu juga bisa loh melakukannya dengan hal lain. Kamu juga bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat larut untuk membantu kamu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan yang mengandung serat larut seperti biji-bijian, gandum utuh, buah-buahan yang kaya akan serat larut seperti lemon atau jeruk, serta kacang-kacangan dapat membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Serat larut dapat membantumu membuang kadar kolesterol jahat yang berlebih dalam darah melalui saluran pencernaan. Dengan adanya pembuangan tersebut, kadar kolesterol jahat dalam tubuhmu akan tetap terkontrol dan tidak membawa kerugian dalam tubuhmu.

Konsumsi Makanan yang Dimasak dengan Rempah

Jangan khawatir ketika kamu mendengar kata diet karena diet bukan berarti mengonsumsi makanan yang memiliki rasa yang sangat minim. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa jika kamu mengonsumsi masakan yang mengandung bumbu rempah dan herbal terkhususnya jahe, kunyit, dan bawang putih dapat membantu kamu menurunkan kolesterol jika kamu memakannya secara teratur.

Tips Diet - Konsumsi Makanan yang Dimasak dengan Rempah

Kontrol Konsumsi Gulamu

Gula memang sangat nikmat jika kita konsumsi sebagai minuman atau makanan penutup setelah makan, namun sebenarnya gula yang berlebihan tidak terlalu baik bagi tubuhmu.

Mengkonsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuhmu loh. Gula juga mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuhmu, selain itu jika kamu mengonsumsi gula secara berlebih maka kamu dapat mengalami diabetes dikarenakan kadar gula yang tinggi. Lebih baik kamu mengontrol konsumsi gula agar tidak menyesal di kemudian hari!

Jangan Konsumsi Garam Secara Berlebihan

Jika kamu penyuka makanan yang asin dan gurih, sudah saatnya kamu memperhatikan kadar garam yang kamu konsumsi setiap harinya.

Faktanya, garam yang berlebihan tidak baik bagi tubuhmu loh. Selain dapat menimbulkan risiko penyakit jantung dan hipertensi, konsumsi garam secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuhmu.

Itu dia 5 tips yang mungkin bisa kamu ikuti untuk membantu diet mengurangi kadar kolesterol. Jaga kesehatan tubuhmu, perhatikan kadar kolesterol dalam tubuh, dan tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Selamat mencoba!

Baca juga: 6 Hobi Sederhana yang Patut Dicoba Saat Sedang Bosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *