5 Trik Bikin Foto Landscape Makin Ok!

Salah satu hasil karya fotografi yang bikin kagum banyak orang adalah hasil foto dengan tema landscape. Foto yang biasanya menampilkan keadaan alam atau keadaan luar ruangan ini mampu menghadirkan decak kagum bagi siapapun yang melihatnya. Kalau sudah begini jadi pengen deh buat bikin foto landscape sendiri tapi bingung gimana caranya supaya bikin foto landscape yang gak kalah keren dari para ahli. Berikut ini adalah lima trik buat kalian gimana caranya bikin foto landscape supaya makin ok, yuk kita intip sama-sama!

1. Cobalah Foto Saat Malam Hari

Ada banyak misteri di malam hari. Untuk itu cobalah kita untuk mengambil foto saat malam hari untuk bisa mengungkapkan misteri-misteri tersebut. Jangan batasi imajinasi kita untuk foto landscape hanya sebatas pemandangan alam yang menyejukkan saja. Pada malam hari kita bisa mendapatkan pemandangan kota yang tak kalah kerennya dengan pemandangan alam. Pada saat pengambilan gambar gunakan kecepatan shuter yang lambat sehingga bisa mendapatkan gerakan-gerakan lembut dari kendaraan.
Selain keadaan kota saat malam, keadaan langit di malam hari juga tak kalah menariknya. Saat kita memandang kearah langit dan mendapatkan banyak bintang maka jangan ragu untuk segera mengambil kamera untuk mengabadikannya.

2. Catat 2 Waktu Ajaib Foto Landscape

Golden Hour adalah waktu emas yakni saat matahari terbit dan Blue Hour yakni waktu saat matahari terbenam. Ini adalah dua waktu ajaib yang sering digunakan untuk mengabadikan momen foto landscape yang kece. Kedua waktu ini menyajikan penampakan alam yang begitu indah dengan perbedaan warna yang begitu mencolok.  Jadi cobalah catat waktu saat matahari akan terbit atau terbenam dan bersiaplah untuk mendapatkan momen yang menakjubkan!

Baca Juga  Tips Memilih Baju yang Keren untuk Foto Keluarga

3. Gunakan Shutter Speed yang lambat

Tak ada alasan tertentu untuk menggunakan shutter speed yang lambat selain untuk mendapatkan detail gambar yang lebih lembut dari objek yang bergerak. Misalnya saja ketika mengambil gambar air terjun akan terasa lebih hidup saat garis jatuhnya air dapat tergambar jelas dalam foto. Jadi jangan ragu untuk menggunakan shutter speed ya.

4. Pakai Mode Panorama

Salah satu mode yang ada di kamera namun sering dilupakan yakni mode panorama. Kita sering beranggapan kamera mampu menangkan apa yang mata kita lihat dengan sempurna. Sayangnya untuk pemandangan, kamera belum mampu sesempurna itu dan itulah kegunaan mode panorama. Penggunaan mode ini semata untuk menangkap momen alam supaya lebih terlihat sama dengan aslinya. Jadi jangan ragu untuk mengaktifkan mode ini saat pengambilan foto landscape ya!

Baca juga : 7 Ide Foto Prewedding Santai dan Casual, Berani Coba? Yuk Buat Photobook mu

Baca juga : Contek 12 Gaya Foto Couple Ini Agar Terlihat Lebih Seru! Yuk Cobain Terus Cetak Foto Kamu!

5. Cobalah Bermain dengan Black and White


Siapa bilang hasil foto hitam putih itu kuno dan ketinggalan jaman? Dengan tone  hitam putih ternyata bisa lebih menghidupkan hasil foto landscape kita loh. Kita bisa lebih merasakan objek dalam foto bercerita lebih dalam suasana hitam putih mereka.

Baca Juga  Bingung Cara Foto Anak Agar Makin Keren? Ternyata Triknya Gampang Loh! Asik dibuat Photobook

Nah itu tadi lima trik supaya foto landscape kita gak kalah ok sama para fotografer ternama. Satu hal lagi yang penting adalah jika kita ingin menciptakan foto landscape yang bagus pastikan foto kita mampu bercerita kepada siapapun yang melihatnya. Objek yang kita abadikan mampu menyampaikan pesannya dengan baik bahkan mampu membawa mereka terlarut dalam suasana sehingga seakan-akan mereka ikut masuk dalam foto kita. Jadi yuk tunggu apalagi?

Segera ambil kamera kita dan tangkalah keadaan alam sekitar kita sekarang juga! Supaya hasilnya bisa dinikmati banyak orang, jangan lupa untuk mencetak hasil karya kita dalam bentuk photobook supaya lebih enak dilihat. Selain itu dengan bentuk photobook kita bisa ‘memamerkan’ lebih banyak hasil foto kita loh. Idphotobook sangat senang bisa membantu kalian nantinya untuk menghasilkan photobook yang ok untuk unjuk hasil karya kalian!

Sumber : askthephotographer.com

What do you think of this post?
  • Sucks ()
  • Boring ()
  • Useful ()
  • Interesting ()
  • Awesome ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.