27. 6 Makanan Sehat Yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Menyusui

6 Makanan Sehat Yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Menyusui

Makanan Sehat – Hi Moms! Sedang dalam masa menyusui namun ASI tidak lancar? Wah, padahal ASI sangat penting untuk perkembangan bayi, ya.

Pemberian ASI direkomendasikan karena sistem pencernaan bayi masih belum sempurna. Selain itu, ASI dapat menjalin kedekatan emosional dengan bayi, serta membentuk sistem kekebalan tubuh.

Oleh karenanya bayi memang dianjurkan untuk terus mengonsumsi ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Baru setelahnya diberikan makanan pendamping ASI sampai bayi berusia 2 tahun.

Selama menyusui, ada beberapa makanan yang terbukti baik dikonsumsi ibu agar produksi ASI lebih lancar. Penasaran? Yuk simak 6 makanan sehat dan bergizi yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui berikut.

Baca juga: Cintai Jantungmu dengan Makan 6 Makanan Sehat Berikut Ini

Roti Gandum

Kalori menjadi gizi penting yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Jumlah kalori yang cukup akan meningkatkan energi pada ibu menyusui. Hal ini yang nantinya akan membuat ibu tidak mudah lelah sehingga produksi ASI pun lancar.

Konsumsilah gandum secara rutin di pagi hari. Baik dalam bentuk roti maupun sereal, gandum mengandung asam folat, serat dan zat besi yang sangat baik untuk ibu. Kandungan tersebut juga dapat mendukung pertumbuhan, perkembangan, serta menjaga kesehatan bayi.

Nasi Merah

Sama seperti pada gandum, kandungan kalori pada nasi merah pun terbilang tinggi. Sehingga nasi merah masuk kriteria makanan sehat untuk ibu menyusui karena memperlancar produksi ASI.

Di samping itu, nasi merah juga dapat menahan rasa kenyang lebih lama. Sehingga nasi merah porsi kecil pun dapat membuat ibu bertahan dari rasa lapar dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ketika ibu menyusui identik dengan lapar, nasi merah bisa menjadi jawaban. Ibu tetap bisa makan dengan porsi yang terkontrol tanpa harus terus menerus merasa lapar. 

Bayam dan Brokoli

Tak kalah penting dari karbohidrat, zat besi juga berperan penting dalam proses produksi ASI. Oleh karenanya mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Makanan Sehat - Broccoli

Cobalah mengkonsumsi bayam dan brokoli yang kaya akan zat besi. Ibu bisa merebus dan menjadikannya pecel, atau membuat sup bayam. Yang penting, pastikan kebersihan dan kematangan pada makanan yang ibu makan.

Kacang Hijau

Jika balita yang datang ke posyandu, biasanya anak-anak akan mendapat sari kacang hijau. Manfaat makanan sehat satu ini adalah kacang hijau memiliki banyak kandungan protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Hal yang sama juga berlaku untuk ibu menyusui. 

Rendam kacang hijau selama 24 jam hingga kulitnya terkelupas. Kemudian olah menjadi bubur kacang hijau maupun es kacang hijau yang nikmat.

Buah Pepaya

Jangan lupa asupan buah secara rutin. Salah satunya adalah pepaya segar. Zat besi dalam buah pepaya dapat membantu melancarkan produksi ASI. 

Makanan Sehat - Pepaya

Usahakan untuk memakan buah-buahan secara utuh, termasuk buah pepaya. Ingatlah bahwa buah sudah memiliki kandungan rasa manis. Jangan sampai saat mengolah buah-buahan, ibu menambahkan gula, susu, maupun garam yang berlebihan.

Air Putih

Satu hal yang tak pernah absen dari artikel makanan sehat adalah air putih. Meski bukan makanan, ibu harus mengingat betul bahwa ASI pada dasarnya adalah air. Nah coba bayangkan bila ibu menyusui kekurangan cairan dalam tubuh.

Pastikan ibu mengkonsumsi air sesuai jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Jika takut lupa, sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan pengingat untuk minum air putih setiap satu jam sekali. Jadi, nggak ada alasan untuk nggak minum air putih.

Nah itu di 6 makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Semoga bisa meningkatkan produksi ASI dan menambah energi untuk beraktivitas.

Baca Juga: Nikmatnya Wisata Kuliner Semarang, Pokoknya Harus Coba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *