6 Tips Cetak Foto agar Hasilnya Bagus dan Memuaskan

Cetak Foto – Foto-foto di galeri menumpuk? Sayang banget kalau sampai ada foto yang terhapus, terselip, atau bahkan hilang. Cetak fotomu agar kamu tetap dapat mengenang momen berharga tanpa ada yang terlewat.

Kamu bisa memilih foto-foto terbaik dan mengelompokkan menurut momen penting seperti liburan, pesta pernikahan dan ulang tahun, wisuda dan kelahiran anak.

Takut dengan hasilnya? Ini dia tips untuk cetak foto agar hasilnya memuaskan.

Baca juga: Foto di 5 Spot Wisata Semarang ini Cocok Dijadikan Photobook

Pilih Foto Terbaik

Untuk hasil yang memuaskan, kamu harus memiliki bahan dasar yang baik. Begitu juga dengan mencetak foto. Pastikan kamu memilih foto-foto terbaik dari galeri hanpdhonemu.

Pilih foto-foto yang menangkap momen terbaik seperti momen keceriaan anak, kedekatan keluarga, atau pemandangan yang indah. Pastikan juga foto tersebut memiliki kualitas terbaik seperti gambar yang tidak pecah, tidak ada objek yang kabur, serta resolusi foto yang tinggi.

Atur Kalibrasi Layar dan Printer

Perhatikan dan atur apakah printer memiliki kalibrasi yang sama dengan layar monitor. Hal ini untuk mencegah hasil cetak foto yang lebih terang atau lebih gelap dari warna foto pada layar.

Menyamakan warna dan tingkat kecerahan foto pada layar dan hasil cetak sangat membantu pada proses editing. Editor bisa melihat warna real dari foto yang akan dicetak oleh printer

Edit Foto

Selanjutnya, edit foto-foto pilihanmu tadi. Untuk edit foto lewat PC kamu bisa pakai aplikasi Adobe Photoshop atau PaintShop Pro. Sementara untuk edit foto lewat handphone kamu bisa pakai aplikasi VSCO, Adobe Lightroom, Pixlr, atau Snapseed.

Cetak Foto agar Hasilnya Bagus dan Memuaskan

Fungsi dari edit foto adalah untuk memperbaiki foto dasar agar tampak lebih indah. Misalnya meluruskan gambar, menghapus objek tertentu, mengatur pencahayaan, dan komposisi. Proses editing juga membantu penyeragaman warna agar setiap foto memiliki tone yang sama.

Memilih Kertas Berkualitas

Untuk mencetak foto dengan hasil memuaskan, pilihlah kertas yang memang didesain untuk mencetak foto. Tidak disarankan menggunakan kertas HVS karena jenis kertas ini menyerap tinta dan melunturkan warna.

Kertas foto glossy dan foto doff adalah jenis kertas yang baik untuk mencetak foto. Meski harga kertas terbilang sedikit lebih mahal, namun harga tersebut sebanding dengan kualitas foto yang dicetak.

Beberapa merk printer menyediakan kertas khusus untuk mencetak foto. Kamu bisa memakai kertas yang disarankan oleh printer untuk mendapat hasil maksimal.

Pilih Tinta Printer Berkualitas

Disarankan untuk menggunakan tinta printer original agar hasil cetak foto menjadi lebih tajam dan nyata. Tidak bisa dipungkiri, tinta printer original memiliki harga yang jauh lebih mahal. Namun penggunaan tinta printer original juga memaksimalkan hasil cetak foto.

Atur Pengaturan Printer

Atur kualitas cetak menjadi high quality. Sesuaikan ukuran, jumlah, dan jenis kertas yang dipilih dengan pengaturan printer. Jangan lupa posisikan kertas dengan tepat agar kualitas cetak foto tetap akurat.

Tips Cetak Foto agar Hasilnya Bagus dan Memuaskan

Sebagai tambahan, pastikan kamu menggunakan printer dengan resolusi dpi tinggi untuk menghindari kerusakan pada catridge printer.

Kamu juga harus merawat printer secara berkala. Setidaknya gunakan printer untuk mencetak foto satu kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk mencegah catridge printer menjadi kering atau penggumpalan tinta.

Itulah tips mencetak foto agar hasilnya memuaskan. Mudah, kan? Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu mencetak foto dengan hasil maksimal. Hasil cetak foto tadi bisa dipajang, dipigura, atau dijadikan photobook untuk hadiah.

Ribet cetak foto sendiri? Tenang aja. Untuk kamu yang enggan cetak foto sendiri dan tinggal di Jogja, tempat cetak foto terdekat ada di ID Photobook. Kamu bisa cetak foto polaroid yang cocok untuk dijadikan Photobook.

Baca juga: Alasan untuk Photo Printing dari Handphone itu Penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *