6 Trik Menabung Supaya Bisa Segera Membuka Usaha Sendiri

6 Trik Menabung Supaya Bisa Segera Membuka Usaha Sendiri

Trik Menabung – Punya cita-cita untuk membuka usaha sendiri? Kamu nggak sendirian! Nyatanya membuka usaha sendiri menjadi impian banyak orang.

Namun tak semuanya memiliki peluang untuk membuka usaha sendiri. Ada yang terbatas jam kerja kantor, ada juga yang terbatas dengan modal.

Untuk kamu yang memang bercita-cita menjadi pengusaha namun belum berani melangkah karena modal belum cukup, tenang aja. Berikut ini adalah 6 cara menabung uang yang cocok untuk karyawan dan mahasiswa yang pengen buka usaha sendiri. Simak baik-baik ya.

Baca juga: Cari Uang Tambahan Saat Pandemi Lewat 4 Peluang Bisnis Ini

Tentukan Bisnis yang Mau Ditekuni

Pertama, kamu harus menentukan target peluang usaha seperti apa yang ingin kamu tekuni. Kamu bisa mencari informasi peluang usaha baru sebanyak mungkin. Kemudian pilih yang sesuai dengan minat atau keahlian kamu, supaya kamu lebih enjoy saat memulainya.

Selanjutnya, kamu harus merencanakan gambaran umum usaha kamu. Dari situ kamu mengetahui apa saja serta berapa dana yang kamu butuhkan. Lebih baik lagi kalau bisa sekalian riset dimana mencari bahan atau barang yang dibutuhkan untuk memulai usaha.

Pasang Target Realistis

Setelah tahu jenis usaha dan berapa modalnya, sekarang kamu bisa menentukan target. Target ini bisa berisi kapan tabungan harus terkumpul, hingga berapa jumlah yang harus ditabung setiap bulan.

Misalnya dalam setahun kamu harus bisa mengumpulkan untuk membuka usaha kuliner. Untuk itu kamu harus menabung 15% dari pendapatan. Target ini sedikit banyak akan memotivasi kamu untuk mengumpulkan lebih banyak uang. 

Trik Menabung - Target

Coba saja kamu bayangkan dua tahun lagi kamu bisa menyalurkan hobi memasak kamu. Atau bayangkan saja kamu tak harus berangkat ke kantor tiap pagi karena menjalankan usaha rumahan.

Namun, kamu harus memastikan target ini realistis. Supaya kamu tau kapan mimpimu bisa terwujud sekaligus tidak membebani kebutuhan bulanan. Ingat biaya seperti tempat tinggal, transport, dan makan yang harus kamu perhatikan.

Konsisten

Cara menabung uang untuk kumpulkan modal selanjutnya adalah konsisten. Konsisten dengan jumlah tabungan yang harus ditabung. Konsisten dengan target yang tak boleh mundur. Juga konsisten menabung pada tanggal yang sama.

Tujuannya supaya mimpi kamu tak hanya jadi mimpi. Dengan konsisten setidaknya kamu tahu pasti kapan target modal kamu bisa terpenuhi dan kamu bisa mewujudkan mimpimu.

Segera Bayar Hutang!

Tips menabung bagi karyawan dan mahasiswa selanjutnya segera membayar hutang. Mungkin kelihatannya mustahil untuk kita yang pendapatannya pas-pasan dan kadang hanya pasrah menerima dari orang tua untuk tidak berhutang.

Namun, berhutang bisa menjadi penghalang kamu dan impianmu buka usaha sendiri loh. Nah sebaiknya kamu prioritaskan untuk membayar utang terlebih dahulu. Tak perlu langsung dibayar lunas, kamu bisa mencicil sembari menabung dan penuhi kebutuhan.

Berat? Banget! Tapi inilah perjuangan yang harus kamu lakukan untuk bisa membuka usaha sendiri. Ingat, kamu tak boleh menyerah begitu saja dengan mimpimu!

Cari Cara Untuk Kembangkan Tabungan

Daripada uang tabunganmu hanya mengendap di bank, ada baiknya sebagian kamu salurkan untuk investasi. Tujuannya supaya uang tabungan tak hanya mengendap di bank dan termakan biaya administrasi.

Ada banyak pilihan cara kembangkan uang. Kamu bisa memilih model investasi yang cocok dengan kondisi keuangan kamu. Pastikan investasi yang kamu lakukan legal dan terpercaya ya.

Biar nggak bingung, ada beberapa model investasi yang bisa kamu coba tanpa perlu pusing.

Mencoba Menabung Emas

Keuntungan dari menabung emas tak perlu diragukan lagi. Nilainya akan terus bertambah menurut inflasi, apalagi jika kamu memiliki emas bersertifikat.

Belum lagi sekarang menabung emas bisa dilakukan dengan cara mencicil. Kamu bisa mulai menabung setiap bulan, mau satu gram atau setengah gram, semuanya bisa diatur. Cukup buka aplikasi jual beli emas resmi dan kamu bisa miliki emas bersertifikat.

Investasi Reksadana

Salah satu cara untuk mengembangkan uang adalah dengan berinvestasi di reksadana. Berbeda dengan saham, reksadana melibatkan pihak lain bernama Manajer Investasi (MI) yang nantinya akan cari cara mengembangkan uang kamu.

Jadi kamu tak perlu pusing memilih di mana kamu akan berinvestasi. Cukup serahkan uangmu ke MI, menunggu sesuai waktu yang ditentukan, dan kamu akan memperoleh manfaat menabung reksadana.

P2P Lending

Sebelum menjadi pelaku usaha, kamu bisa menjadi pemodal untuk para pelaku usaha lain. Caranya dengan menjadi investor di p2p lending.

Trik Menabung - p2p lending

Investasi p2p lending adalah wadah yang mempertemukan sekumpulan pemodal dengan pelaku usaha yang membutuhkan modal. Sekumpulan pemodal akan mengumpulkan uang sesuai jumlah yang diminta pelaku usaha.

Nantinya uangmu akan dikembalikan sambil menerima bunga yang dibayarkan pelaku usaha. Hebatnya, banyak perusahaan penyedia jasa p2p lending yang membuka peluang untuk pemodal kecil. Jadi trik menabung ini pas banget untuk kamu yang tidak memiliki banyak dana tapi ingin mengembangkannya

Menjadi Freelancer untuk Tambah Penghasilan

Trik menabung yang terakhir ini cocok banget untuk kalian yang masih muda seperti karyawan baru dan mahasiswa. Karena mumpung masih punya tenaga, nggak ada salahnya untuk disalurkan menjadi freelancer.

Apalagi kalian mahasiswa semester akhir yang sedang menunggu hasil penelitian, menunggu dosen dan jadwal bimbingan yang tak pasti, atau malah tinggal menunggu wisuda.

Kenapa menjadi freelancer masuk tips menabung mahasiswa? Tentu saja dengan bekerja paruh waktu kalian bisa memperoleh penghasilan tambahan. Selain menambah pengalaman di CV hasil pendapatan itu bisa ditabung untuk jadi modal buka usaha sendiri. 

Nah, itu dia trik menabung yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan modal usaha. Pilihlah sesuai dengan kemampuan kamu supaya tak menjadi beban bulananmu. Ingat, menabung sedikit demi sedikit lama-lama pun menjadi bukit. Sama dengan calon modal usahamu, sedikit asal teratur dan tekun, pasti bakal tercapai.

Sembari menabung tak ada salahnya jika kamu mempelajari lebih dalam dan mencari informasi peluang usaha yang bisa dilakukan. Supaya nanti saat tabungan cukup, kamu siap membuka usaha baru. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Peluang Usaha Ternak Ini Tak Butuh Lahan Luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *