8 Tips Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Anti Diet Yoyo

8 Tips Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Anti Diet Yoyo

Tips Diet – Minimnya kegiatan bikin kamu jarang gerak? Atau kamu malah lagi stres dan menjadikan makan sebagai pelampiasan? Wah, kalau nggak hati-hati, kamu bisa menjauh dari berat badan ideal!

Baik yang terlalu kurus atau terlalu gemuk, berat badan ideal memang sebaiknya dijadikan target. Bukan untuk memenuhi standar kecantikan yang ada, namun untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Tapi kamu pun perlu hati-hati. Jangan mudah termakan tips diet cepat, bisa jadi kamu malah terjebak dalam diet yoyo. Diet yoyo adalah pola diet yang menyebabkan berat badan naik dan turun dalam waktu singkat.

Kondisi berat badan yang tidak stabil ini bisa bikin kamu rentan terserang penyakit. Nah berikut ini adalah 8 tips diet sehat menurunkan berat badan anti diet yoyo.

Baca juga: 5 Tips Diet Sehat Paling Ampuh Untuk Turunkan Kolesterol

Seimbangkan Asupan Kalori dengan Aktivitas

Tips diet sukses yang pertama adalah menjaga keseimbangan asupan kalori dengan aktivitas sehari-hari. Sebab kalori merupakan energi yang diperlukan tubuh untuk tetap bisa beraktivitas normal.

Untuk kamu yang sedang berusaha menguruskan badan, jangan serta merta mengurangi porsi makan ya. Bisa-bisa kamu malah pingsan. Dan untuk kamu yang sedang berusaha gemuk, makan banyak malah bikin kamu gampang ngantuk.

Kalau memang perlu menurunkan berat badan, kurangi porsi makanmu sedikit demi sedikit. Selain itu, sangat penting untuk meningkatkan asupan vitamin, serat, mineral dalam tubuh.

Jangan Lupa Asupan Protein

Tak kalah penting dengan asupan kalori, protein juga penting saat sedang diet. Sebab, mengkonsumsi protein juga dapat menjadi sumber energi untuk tubuh.

Tips Diet - Asupan Protein

Konsumsi protein dapat menjaga tubuh kamu kenyang lebih lama. Dan apabila tiba saatnya makan, kamu nggak akan mudah ‘lapar mata’. Akhirnya kamu nggak akan kalap saat memilih dan mengambil makanan yang akan kamu makan.

Makan Buah

Makanan untuk diet yang tak boleh sampai terlewat berikutnya adalah buah-buahan. Dari buah, kamu bisa mendapatkan vitamin dan gula alami.

Gula alami dengan kadar rendah jauh lebih baik daripada gula dalam minuman kemasan. Selain itu, saat membuat dan minum jus buah, tanpa sadar kita akan menambahkan gula maupun susu. Padahal kadar gula pada gula dan susu tambahan tadi terlalu tinggi untuk tubuh. 

Tips Diet - Makan Buah Utuh

Nikmati Makanan Yang Ada

Kedengarannya memang sepele, namun yang dimaksud dengan menikmati ialah cara kamu saat makan. Makan yang ideal adalah makan dengan perlahan.

Dengan begitu, kamu tubuh kamu bisa mencerna makanan dengan baik. Selain itu, menikmati makanan secara perlahan akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Jadi tanpa perlu mengurangi porsi makan secara drastis, tanpa sadar kamu sudah makan lebih sedikit.

Kurus atau Gemuk, Olahraga Tetap Nomor Satu

Manfaat olahraga udah nggak diragukan lagi. Nah, tips diet sehat berikutnya, jadikan kegiatan olahraga sebagai kebiasaan. Tanpa memandang keadaan berat badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus, olahraga memang harus rajin dilakukan.

Berolahraga bisa membuat tubuh terasa lebih ringan sehingga kamu bisa melakukan banyak aktivitas tanpa mudah merasa lelah. Nggak perlu olahraga berat, cukup yang ringan-ringan saja.

Untuk perempuan, tahukah kamu bahwa rutin berolahraga ringan juga bisa mengurangi nyeri saat datang bulan. Olahraga juga bisa menenangkan pikiran dan menghindarkan kamu dari stres.

Penuhi Kebutuhan Air Putih Harian

Cara diet sehat dan murah satu ini masih sering diabaikan. Padahal kebutuhan air mineral dalam tubuh menjadi poin penting dalam menjaga berat badan.

Tahukah kamu bahwa saat sedang haus, tubuh bisa memberikan sinyal seperti saat tubuh sedang lapar? Untuk mengatasinya, coba deh minum air putih saat rasa lapar mulai datang. Jika setelah 30 menit kamu masih merasa lapar, barulah kamu makan.

Tips Diet - Minum Air Putih

Sebaiknya jangan tukar air putih dengan air rasa-rasa seperti es teh, kopi, dan soda ya. Ingat, tubuh memerlukan 2 liter air dalam sehari jadi usahakan kamu minum air putih. Meski kamu ‘nggak suka’ air putih, paksakan minum air putih setidaknya setiap satu jam sekali. 

Pola Tidur Yang Sehat

Seringkali diremehkan namun pola tidur yang teratur bisa membantu kamu menjaga berat badan. Hal ini juga diiringi dengan konsumsi kafein yang tepat ya.

Bukan berarti kamu nggak boleh minum kopi, namun perhatikan lagi kadar gula, krim, atau susu dalam kopi agar tidak berlebihan. Jangan minum kopi menjelang jam tidur, nanti kamu malah susah tidur.

Tips Diet - Pola Tidur

Padahal ketika susah tidur setelah minum kopi, perut akan terasa perih. Umumnya rasa perih ini dianggap sebagai rasa lapar, akhirnya kamu malah makan tengah malam. Batal deh agenda diet kamu.

Ubah Gaya Hidup

Tips diet sehat terakhir untuk menghindari diet yoyo adalah dengan mengubah gaya hidup. Jadi tidak hanya diet, namun kamu juga membuat kebiasaan-kebiasaan sehat lain seperti rajin olahraga, minum air putih, dan jaga pola tidur.

Mudahnya, dari 7 tips diet di atas, lakukan semuanya secara bersamaan. Jadikan ini sebagai kebiasaan bahkan ketika kamu sudah mencapai berat badan ideal yang kamu inginkan. Kebiasaan ini bertujuan untuk menjaga kestabilan berat badan idealmu.

Aturlah daftar menu diet sehat seminggu ala kamu. Nggak perlu khawatir, ada banyak resep makanan diet yang beredar di internet. Kamu bisa coba dengan masak sendiri di rumah, biar kamu bisa mengukur sendiri kadar kalori dan porsi makanan.

Nah itu dia 8 tips diet sehat menurunkan berat badan anti diet yoyo. Yuk mari praktikan sendiri. Semoga tips-tips tadi bisa membantu kamu mencapai berat badan ideal, ya!

Baca juga: Jaga Kesehatan: 6 Tips Hidup Sehat Di Rumah Selama Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *