8 Trik Menabung untuk Mempersiapkan Pernikahan Impian

8 Trik Menabung untuk Mempersiapkan Pernikahan Impian

Trik Menabung – Momen pernikahan merupakan salah satu hari istimewa dalam hidup. Detik dimana dua hari, dua hati, dua keluarga, memutuskan untuk bersatu atas nama cinta dalam momen sakral.

Kesakralan momen itu yang kemudian membuat banyak pasangan rela menyusun rencana pernikahan sampai berbulan-bulan lamanya. Bahkan mungkin anda dan pasangan juga rela menghabiskan dana besar agar pernikahan bisa berjalan sesuai keinginan masing-masing.

Masalahnya mengumpulkan dana untuk menikah juga tidak mudah. Tidak setiap pasangan memiliki budget yang cukup untuk melaksanakan pernikahan impian. Padahal mereka sudah mencoba menabung dan mencari dana segiat mungkin.

Nah berikut ini, akan dirangkum 8 trik yang bisa Anda pakai bersama pasangan untuk menyiapkan tabungan nikah.

Baca juga: Trik Jitu Bikin Album Foto Pernikahan Sempurna

Rencanakan Sejak Dini

Pernikahan yang baik adalah pernikahan yang direncanakan sejak dini. Meski demikian, jangan paksakan pasanganmu untuk segera menikah. Sebab bagaimanapun juga, pernikahan adalah kesanggupan dan persetujuan dua insan.

Lantas bagaimana cara merencanakan pernikahan sejak dini? Mudah, mulai sisihkan uang untuk tabungan nikah. Anda bisa menyusun anggaran dan target secara kasar sambil riset kecil-kecilan.

Eh, jangan salah. Bahkan ketika belum memiliki pasangan, Anda bisa kok menyiapkan anggaran dan target pernikahan. Karena sama seperti menabung pada umumnya, yakni mempersiapkan segala kemungkinan yang ada.

Namun tabungan nikah ini tidak perlu menjadi prioritas anggaran, ya. Dahulukan tabungan, cicilan, dan kebutuhan pokok. Jangan jadikan tabungan pernikahan sebagai beban bulanan.

Buat Rincian Bareng Pasangan

Nah untuk Anda yang sudah memiliki pasangan dan memang tengah menyiapkan dana pernikahan, ada baiknya kalian diskusikan terlebih dahulu. Susun rencana pernikahan secara rinci bersama pasangan. 

Misalnya seperti lokasi akad nikah, souvenir, tamu undangan, biaya katering, hingga apakah akan diadakan resepsi. Diskusikanlah dengan bijak, jika ada beda pendapat, cobalah cari jalan tengahnya.

Ingat, pernikahan merupakan komitmen antara dua orang. Sehingga diskusi pun sebaiknya dilakukan dua arah. Supaya kalian bisa mempertemukan keinginan dan tak ada yang terbebani.

Rencanakan dengan matang dan sesuaikan dengan budget. Jangan paksakan hingga jauh melampaui kemampuan gaji kalian. Karena kalau kemahalan, bisa-bisa kalian malah nggak jadi nikah. 

Buat Rekening Tabungan Sendiri

Trik menabung dan persiapan nikah berikutnya adalah membuat rekening tabungan khusus tabungan nikah. Pembuatan rekening khusus ini terbukti efektif membantu pasangan untuk menyiapkan dana pernikahan.

Sisihkanlah uang dari gaji kalian dan masukkan ke dalam rekening ini. Ingat, begitu gaji turun, sisihkan dana dan langsung ditabung. Jangan sampai uang yang harusnya masuk rekening tabungan nikah malah lenyap.

Selain untuk menampung dana, manfaat menabung di rekening yang khusus ini juga bertujuan supaya Anda dan pasangan bisa membedakan mana dana pribadi dan dana tabungan nikah.

Kurangi Kencan Mewah Berlebihan

Anniversary kalian sudah dekat, masa nggak ada selebrasi, sih? Masa nggak ngasih kado spesial? Bukannya nggak boleh, tapi coba dipikir lagi. Berapa biaya yang biasa kalian habiskan untuk dinner atau liburan? Apa nggak sayang uangnya? Katanya mau nikah?

Tenang aja. Anda dan pasangan tetap bisa merayakan hari jadi kalian dengan kencan romantis yang ekonomis. Caranya gampang!

Trik Menabung - Kurangi Kencan Mewah Berlebihan

Misalnya kalian masak bareng di rumah lalu dinner ala-ala candle light dinner. Nggak usah nonton di bioskop dulu, nonton film lewat platform streaming juga bisa. Nggak perlu kado mewah kalau momen bersama saja sudah istimewa.

Trik Menabung dengan Berinvestasi

Cara menabung uang yang satu ini bisa dibilang salah satu trik menabung paling efektif untuk keperluan apapun. Mulai dari membeli kamera baru, membuka usaha ,hingga menyiapkan dana pendidikan.

Bahkan tips menabung bagi karyawan satu ini sangat cocok untuk menyiapkan dana pensiun. Begitu pula dengan dana menikah Anda dan pasangan.

Nggak perlu ribet investasi saham atau properti. Cukup gunakan instrumen investasi yang ramah untuk kantong karyawan seperti menabung reksadana, deposito atau mencicil emas. Instrumen itu nantinya bisa dijual kembali menjelang tanggal pernikahan.

Selain mudah, berinvestasi juga membantu Anda menyiapkan dana untuk kebutuhan di masa mendatang. Misalnya tabungan untuk biaya kelahiran hingga pendidikan anak. Jika Anda dan pasangan membiasakan diri berinvestasi sejak lajang, keluarga kecil kalian bisa segera mencapai kestabilan finansial.

Namun, pastikan Anda dan pasangan memilih instrumen investasi yang terpercaya. Jangan mudah tergoda dengan janji untung besar. Sebab bagaimanapun juga, investasi yang menjanjikan untung besar juga rentan rugi besar.

Mencicil Keperluan Pernikahan

Tak hanya semata-mata menabung uang, perlengkapan pernikahan bisa dicicil. Misalnya Anda dan pasangan bisa mencicil gedung resepsi. Mulai dari riset lokasi, membandingkan harga hingga pembayaran bisa dilakukan jauh-jauh hari.

Selanjutnya, Anda juga bisa mencicil souvenir, seserahan nikah, bahkan album foto pernikahan di ID Photobook. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban menjelang dan pada hari H. Dimana biasanya pengeluaran keperluan menikah banyak dikeluarkan menjelang hari pernikahan.

Komitmen

Tak hanya pernikahan yang memerlukan komitmen. Menabung dana pernikahan juga perlu komitmen kedua pasangan.

Percuma jika kalian sudah menyusun anggaran dengan matang dan menentukan tanggal pernikahan namun tidak bisa berkomitmen untuk mengumpulkan uang. Maka dari itu, rutinlah menyisihkan uang sesuai jumlah yang disepakati bersama. 

Apalagi jika kalian sudah menentukan tanggal pernikahan, jadikanlah tabungan nikah sebagai prioritas bersama. Tak ada salahnya jika kalian berusaha saling mengingatkan. Dan yang terpenting, tetap jaga komunikasi di antara kalian, ya. 

Tidak Hanya Berhenti di Pernikahan

Pernikahan memang menjadi momen sekali seumur hidup, rasanya perlu selebrasi besar-besaran. Ingatlah bahwa kisah cinta kalian akhirnya sampai di gerbang pernikahan. Namun, gerbang hanyalah jalan untuk masuk ke sebuah rumah.

Begitu juga pernikahan kalian yang merupakan sebuah awal hidup berumah tangga. Kalian harus ingat bahwa masih ada kehidupan setelah pernikahan. 

Trik Menabung - Tidak Berhenti di Pernikahan

Maksudnya, masih ada banyak hal yang harus dipikirkan setelah kalian menikah. Misalnya rumah atau tempat tinggal, kapan memiliki momongan, serta rencana kalian berdua nantinya. Sehingga sebaiknya rencana anggaran dan konsistensi menabung kalian tidak hanya berhenti di pernikahan.

Pastikan pula kalian menghabiskan dana sesuai yang dianggarkan. Jangan sampai melebihi apalagi berlebihan, ya. Sebab masih banyak tantangan yang menghadang setelah kalian menikah. Jadi, persiapkanlah mental dan kondisi keuangan kalian secara matang.

Nah itulah 8 trik menabung yang bisa Anda pakai untuk mempersiapkan pernikahan impian bersama pasangan. Persiapkanlah dana sedini mungkin dan tekunlah dalam menabung. 

Persiapan pernikahan memang menjadi tantangan tersendiri bagi pasangan. Namun, jangan goyah, pertahankan cinta di antara kalian suaya hari bahagia semakin terasa spesial. Dan yang terpenting jagalah komunikasi yang baik di antara Anda dan pasangan.

Baca juga: 4 Investasi Online ini Bisa Dicoba Pasangan Muda yang Baru Menikah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *