26. 9 Tips Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak

9 Tips Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak Tersayang

Bahasa Inggris – Bahasa Inggris adalah bahasa yang telah menjadi bahasa internasional. Untuk berkomunikasi antar mancanegara dibutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang bagus dan benar. 

Kemampuan berbahasa Inggris sangat penting mengingat kita berada di masa globalisasi dan modern ini. Membekalkan anak kita dengan Bahasa Inggris akan sangat membantu mereka di masa depan. Baik untuk diri mereka sendiri atau untuk mencari pekerjaan di masa depan.

Memulai Belajar bahasa inggris sejak kecil sangat baik karena anak kecil lebih cepat menyerap kemampuan berbahasa. Selain itu kemampuan motorik oral anak masih berkembang sehingga memudahkan untuk melafalkan kata-kata.

Banyak orang dewasa yang terlambat belajar bahasa dan membuat mereka kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang asing ataupun untuk mendapatkan pekerjaan. 

Ada banyak cara mengajari anak belajar Bahasa Inggris. Ingin tau lebih lanjut? Yuk simak tips belajar bahasa inggris bersama anak berikut.

Baca juga: Personal Branding pada Anak

Belajar Setiap Hari

Belajar Bahasa Inggris setiap hari sangat penting karena semakin sering anak terekspos Bahasa Inggris, semakin mudah anak untuk mengenal dan menyukai bahasa tersebut. Belajar Bahasa Inggris tidak perlu lama, cukup 15 sampai 60 menit sehari. Yang penting  dalam belajar bahasa adalah secara teratur sehingga anak terbiasa dengan Bahasa Inggris.

Belajar Menggunakan Permainan

Mengajarkan anak belajar belajar Bahasa Inggris dasar dengan menyenangkan akan sangat membantu anak untuk menyukai Bahasa Inggris. Games dan Flash Card adalah salah satu belajar secara menyenangkan. Sambil bermain game, anak tidak merasa sedang belajar dan akan lebih semangat untuk belajar.

Bahasa Inggris - Lewat Permainan

Belajar Menggunakan Film Kartun

Anak kecil suka menonton kartun. Menonton film juga adalah salah satu cara belajar Bahasa Inggris. Ada banyak film kartun untuk anak, seperti Dora the Explorer, Blue’s Clues, dan seterusnya. Film kartun tersebut didesain khusus untuk membantu anak belajar.

Belajar Dengan Lagu

Belajar Bahasa Inggris melalui lagu adalah salah satu cara melatih pengucapan anak. Dan banyak lagu Bahasa Inggris untuk anak yang sangat populer dan membantu anak dalam mengenal kosakata baru, contohnya: Five Little Duck, Are You Sleeping, Five Little Monkeys, Twinkle Twinkle Little Stars, dan masih banyak lagi. 

Belajar Dengan Buku Gambar

Buku cerita anak dengan gambar sangat menarik perhatian anak. Selain anak tertarik dengan ceritanya, buku gambar membantu anak membayangkan  ceritanya dengan jelas di pikiran mereka.

Bahasa Inggris - Buku Gambar

Grammar Bukan Nomor Satu

Grammar atau tata bahasa adalah dasar dari Bahasa Inggris, akan tetapi grammar bukanlah nomor satu yang harus diutamakan pada anak. Kesalahan pada grammar wajar untuk anak kecil, bahkan untuk anak native speaker. 

Yang terpenting dalam belajar Bahasa Inggris adalah anak tidak takut untuk melakukan kesalahan dan tidak malu untuk berbicara dalam Bahasa Inggris. Jika kita sering membenarkan grammar mereka, mereka akan cenderung untuk menahan apa yang mereka lakukan karena takut salah.

Mengucapkan Dengan Benar

Pronunciation atau cara melafalkan malah sangat penting untuk diterapkan. Jika anak terlalu sering salah mengucapkan, maka itu akan menjadi kebiasaan dan mereka akan selalu salah dalam melafalkan kata.

Selain itu dengan mengucapkan dengan benar, otomatis lidah juga terlatih untuk mengucapkan kata tersebut. Banyak orang dewasa yang kesulitan melafalkan karena lidah mereka tidak terlatih atau tidak pernah mengucapkan kata tersebut.

Bahasa Inggris Dalam Keseharian

Membiasakan menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari adalah kebiasaan yang sangat baik untuk anak. Melalui kebiasaan ini, anak akan terbiasa berpikir dan menggunakan Bahasa Inggris.

Ada banyak cara untuk membiasakan anak, contohnya: melabelkan barang-barang di rumah dengan Bahasa Inggris, menyapa dalam Bahasa Inggris, menonton film Bahasa Inggris, mendengarkan lagu Bahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

Belajar Bersama Teman

Belajar Bahasa Inggris dengan teman lebih menarik dan menyenangkan daripada belajar Bahasa Inggris sendiri. Orang tua atau teman sebaya atau sekolah mereka bisa menjadi teman belajar anak. Jika orang tua tidak bisa menemani, menyediakan mentor atau guru les bisa menjadi jalur alternatif.

Bahasa Inggris - Belajar Bersama Teman

Kamus Bahasa Inggris adalah salah satu teman anak untuk belajar. Kamus Indonesia-English atau English-Indonesia sangat cocok untuk anak. Dengan melatih anak untuk menggunakan kamus, mereka bisa mencari arti kata sendiri tanpa bantuan kita.

Ada juga aplikasi belajar Bahasa Inggris untuk anak di gadget anda, contohnya: Duolingo, LingoDeer, LingQ, Busuu, dan masih banyak lagi. 

Nah itu dia 9 tips mengajarkan anak belajar Bahasa Inggris. Selalu sabar dan semangat dalam mengajarkan anak kita. Bahasa Inggris telah dihapuskan sebagai bahasa wajib di sekolah. Tugas kita sebagai orang tua adalah untuk menyiapkan mereka demi masa depan mereka yang cerah.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Trik Jitu Mengatasi Stres Pada Balita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *