Adat di Nusantara : Ritual Yadnya Kasadha di Gunung Bromo

Adat di Nusantara : Ritual Yadnya Kasadha di Gunung Bromo- Jika berwisata ke Gunung Bromo, sesekali jadwalkan wisata Anda di tanggal 14 bulan Kasadha menurut penanggalan Hindu. Di tanggal itu, Anda akan menyaksikan upacara unik yang hanya dilaksanakan di Gunung Bromo, yang disebut upacara Yadnya Kasadha.

 

Ritual ini sendiri berasal dari legenda yang dipercaya merupakan asal-usul suku Tengger.

Suku ini mendiami 60 desa di kawasan Gunung Bromo. Legenda ini menceritakan kisah tentang Rara Anteng dan Jaka Seger.

Menurut legenda yang dipercaya masyarakat Tengger, mereka semua merupakan keturunan dari pasangan Rara Anteng dan Jaka Seger. Dikisahkan pasangan ini telah lama menikah, namun tidak kunjung mendapatkan keturunan. Maka mereka pun bertapa dan berdoa. Mereka mengucap janji, bahwa jika memiliki keturunan, maka salah satu anaknya akan dikorbankan di kawah Gunung Bromo.

Para Dewa mendengar doa mereka. Rara Anteng dan Jaka Seger memperoleh keturunan sampai berjumlah 25 orang. Tetapi mereka lupa akan janjinya. Maka para Dewa murka, dan menyebabkan Gunung Bromo aktif. Untuk meredakan amarah para Dewa, pasangan ini menanyai anak-anaknya, siapa yang bersedia dikorbankan.

Akhirnya si anak sulung bernama Jaya Kusuma bersedia. Jaya Kusuma berpesan, untuk mengenang pengorbanannya, maka ia meminta keturunan dari Rara Anteng dan Jaka Seger untuk memberikan persembahan hasil bumi ke kawah Bromo pada tanggal 14 bulan Kasada penanggalan Tengger. Kata “Tengger” sendiri merupakan akronim dari nama Rara Anteng dan Jaka Seger.

Baca Juga  4 Manfaat Liburan Keluarga Yang Mungkin Belum Anda Pahami

Pada upacara ini juga ditampilkan tari Sembilan Dewa dan Tari Rara Anteng dan Jaka Seger.

Tarian ini menggambarkan asal-usul suku Tengger. Konon urut-urutan tarian ini tidak boleh diubah pakemnya. Jika pakemnya diubah, dipercaya akan memicu aktivitas Gunung Bromo.

Selesainya resepsi, upacara Yadnya Kasada dilaksanakan di Pura Agung yang berjarak sekitar satu kilometer dari kawah Gunung Bromo. Dengan berpakaian adat, ribuan umat Hindu Tengger berjalan kurang lebih lima kilometer dari perkampungan tempat tinggal mereka, menuju Pura Agung sejak pukul 24.00 WIB sebagian dengan memanggul hasil pertanian, seperti sayur dan buah.

Suku Tengger ini juga membawa makanan yang disebut raka genep, makanan yang terbuat dari tepung jagung. Makanan ini mengandung simbol lelaki, perempuan dan anak, yang merupakan wujud kerukunan keluarga. Umat Hindu suku Tengger ini akan berdoa semalaman di dalam pura.

Mereka duduk bersila di dalam pura, berdoa serta mendengarkan tembang dan puji-pujian. Sejumlah pimpinan umat Hindu Tengger yang mengenakan pakaian putih dan ikat kepala khas Suku Tengger, duduk bersila berjajar.

Para tetua merapalkan matra dan doa sambil membakar kemenyan. Berbagai macam hasil pertanian ditata di depan dan samping para tetua. Menjelang subuh, tetua akan membacakan kisah legenda masyarakat Tengger dengan berbahasa Tengger. Acaa ini akan dilanjutkan pembacaan doa dan mantra untuk mengantarkan sesaji ke Gunung Bromo.

Baca Juga  Jalan-Jalan ke Pantai : Pantai Kukup, Yogyakarta

Selesai rutial di dalam Pura Agung, umat Hindu Tengger akan memanggul hasil pertanian, dan berjalan menuju kawah Gunung Bromo dengan beriringan. Setelah sampai di bibir kawah Bromo, semua hasil bumi yang dibawa tadi dilempar ke dalam kawah. Menjelang matahari terbit, seluruh urutan upacara selesai dilakukan.

Upacara ini sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Kini ritual ini juga menjadi salah satu magnet wisatawan ke Gunung Bromo. Sangat banyak wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara, yang datang untuk menonton.

Jika Anda berniat untuk menyaksikan acara ini, jangan lupa membawa kamera. Sebab pemandangan indah di Gunung Bromo ini sangat sayang jika tidak diabadikan. Tentu saja hasil fotonya akan sangat bagus jika dicetak menjadi sebuah photobook. Anda tertarik? Anda bisa mencetaknya di idphotobook. Hasilnya dijamin sesuai harapan Anda, dan foto-foto Anda akan terlihat lebih keren.

What do you think of this post?
  • Sucks ()
  • Boring ()
  • Useful ()
  • Interesting ()
  • Awesome ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.