9. Belajar Bahasa Inggris Sendiri Ini Caranya!

Belajar Bahasa Inggris Sendiri? Ini Cara Gampangnya!

Belajar Bahasa Inggris – Bahasa Inggris adalah bahasa yang sudah menjadi menjadi bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi antar mancanegara. Bahasa Inggris juga banyak digunakan sebagai bahasa kedua atau bahasa utama di berbagai negara.

Di era modern dan globalisasi ini, kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk setiap orang. Tidak hanya untuk syarat kerja, tetapi juga untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya: Internet, membaca berita, mendengarkan lagu, membaca komik, menonton film, dan masih banyak lagi.

Kamu tidak tahu atau telat belajar Bahasa Inggris? Tenang saja, ada banyak cara belajar Bahasa Inggris dasar. Kamu bisa belajar di sekolah, les, belajar dengan teman, atau belajar sendiri pun bisa. Yuk simak tips berikut ini guys.

Baca juga: 9 Tips Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak Tersayang

Belajar Bahasa Inggris Dasar

Bahasa Inggris dasar adalah grammar/susunan kata. Grammar adalah peraturan yang harus dipelajari dalam Bahasa Inggris. Mengetahui susunan kalimat dan urutan part of speech itu penting.

Kamu bisa mencari di internet “English Grammar” untuk mengetahui lebih lanjut grammar Bahasa Inggris. Ada juga banyak buku grammar yang bisa kamu beli di toko buku atau kamu pinjam di perpustakaan terdekat.  

Belajar Kata Dasar

Ada lebih dari seratus tujuh puluh ribu kata bahasa inggris. Untuk memulainya kita bisa belajar kata-kata dasar terlebih dahulu. Kata dasar itu seperti kata-kata yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Jangan lupa untuk selalu membawa Kamus Bahasa Inggris. Kamus Bahasa Inggris adalah temanmu dalam belajar kata-kata. Kalau pada saat les kamu bisa tanya ke teman atau guru les, kalau belajar sendiri harus melihat kamus.

Belajar Membaca Bahasa Inggris

Salah satu tips belajar Bahasa Inggris tanpa les adalah membaca dalam Bahasa Inggris. Apapun bacaan kamu, usahakan dalam Bahasa Inggris. Membaca berita, membaca komik, membaca artikel. 

Belajar Bahasa Inggris - Belajar Membaca Bahasa Inggris

Semakin kamu sering membaca dalam Bahasa Inggris, semakin banyak kosakata yang kamu pelajari. Semakin terlatih juga kamu untuk membaca dalam Bahasa Inggris. Memang susah awalnya, tapi kamu pasti bisa.

Menonton Film Bahasa Inggris

Kalau tadi mendengarkan musik, sekarang menonton film. Menonton film dalam Bahasa Inggris juga mempunyai efek yang sama dengan mendengarkan lagu. Kamu bisa memilih salah satu atau kedua-duanya. 

Kamu bisa memulai menonton dengan subtitle Bahasa Inggris.Banyak aksen Bahasa Inggris yang cepat dan sulit untuk ditangkap. Subtitle sangat membantu masalah ini, tapi jangan selalu melihat subtitle. Melihat subtitle pada saat kamu tidak mengerti saja biar tidak menjadi kebiasaan. 

Kamu juga bisa menonton video di youtube dalam Bahasa Inggris. Mau menonton video pelajaran, video jalan-jalan, video review barang, video unboxing, video tutorial, dan masih banyak yang lainnya. Selalu pilih video yang menarik dan kamu senangi agar tidak terasa kalau kamu juga sedang belajar Bahasa Inggris.

Mendengarkan Musik Bahasa Inggris

Kamu suka mendengarkan lagu Indonesia, dangdut, atau lagu-lagu indie? Sekarang saatnya untuk memulai mendengarkan lagu-lagu Bahasa Inggris. Ada banyak sekali lagu-lagu bagus dalam Bahasa Inggris, kamu bisa memulai dari jenis musik yang kamu sukai.

Belajar Bahasa Inggris - Mendengarkan Musik Bahasa Inggris

Kamu bisa menulis lirik lagu yang kamu dengarkan dan setelah itu kamu terjemahkan artinya. Selain membantu menambah kosakata, mendengarkan musik dalam Bahasa Inggris juga membantu kemampuan mendengarkan dan melafalkan kata.

Belajar Dengan Media

Ada banyak media pelajaran di internet yang bisa kamu unduh dan kamu gunakan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Mau itu untuk writing, listening, atau pun reading.

Selain dengan media, kamu juga bisa menggunakan aplikasi belajar Bahasa Inggris. Kamu bisa mengunduh di handphone kamu aplikasinya. Contoh aplikasinya adalah Hello English, Duolingo, Lingbe, FluentU, Babbel, English speaking Practice, dan masih banyak lagi.

Belajar Dari Teman

Teman yang pandai Bahasa Inggris adalah teman terbaikmu untuk belajar Bahasa Inggris. Teman yang baik pasti mau membantu kamu dalam mempelajari bahasa. 

Teman yang tidak pandai Bahasa Inggris pun adalah temanmu untuk belajar Bahasa Inggris. Kalau mereka juga ingin belajar, belajar bersama teman akan lebih memacu semangat untuk belajar. 

Belajar Setiap Hari

Belajar Bahasa Inggris kalau bisa harus setiap hari. Tidak perlu lama-lama, cukup lima belas menit  sampai satu jam untuk belajar. Yang penting rutin dan teratur dari pada lama-lama tapi tidak teratur. 

Semakin kamu teratur dan berlatih setiap hari, kemampuan Bahasa Inggris kamu akan semakin baik. Mulailah dari kebiasaan sehari-hari yang kecil, seperti menyapa. Lama-kelamaan kamu akan terbiasa sendiri tanpa kamu sadari.

Nah itu dia tips belajar Bahasa Inggris tanpa les. Tunggu apalagi, ayo kamu coba sendiri. Selama kamu mau belajar dan berusaha, kamu pasti bisa belajar tanpa harus les dan bimbel.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Trik Jitu Mengatasi Stres Pada Balita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *