6. Bukan Alasan Malas Gerak, Ini X Tips Olahraga Saat Pandemi

Bukan Alasan Malas Gerak, Ini 7 Tips Olahraga Saat Pandemi

Olahraga Saat Pandemi – Pandemi Covid-19 memang membawa banyak perubahan kepada kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari, salah satunya perubahan kita terhadap kebiasaan olahraga.

Tidak sedikit orang yang takut untuk olahraga saat pandemi covid, padahal ada beberapa manfaat olahraga saat pandemi virus corona seperti halnya menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Untuk kamu yang ingin berolahraga saat pandemi, yuk simak 7 tips olahraga saat pandemi berikut.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Rentan Stres? Simak Penjelasannya Yuk!

Olahraga di Rumah

Pandemi Covid-19 bukan menjadi alasanmu untuk mengurangi aktivitas olahraga. Kamu malah bisa mencoba untuk memulai berolahraga di rumah loh. Olahraga saat pandemi di rumah mungkin jauh lebih aman dibandingkan berolahraga di tempat umum. Sebab kamu tidak perlu bertemu dengan banyak orang.

Olahraga Saat Pandemi - Olahraga di Rumah

Berolahraga di rumah juga dapat kamu lakukan dengan berbagai cara untuk membuatnya lebih menyenangkan. Kamu dapat berolahraga bersama teman melalui video call, berolahraga sambil menonton, atau bahkan kamu dapat berolahraga bersama keluargamu seperti senam bersama.

Periksa Kondisi Badanmu Sebelum Berolahraga

Bagi sebagian orang, pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan untuk berolahraga di luar rumah. Nah, bagi kamu yang berolahraga di luar rumah lebih baik periksa kondisimu sebelum keluar rumah, ya!

Sebelum keluar rumah ada baiknya kamu memeriksa kondisi badanmu sendiri. Mulai dari suhu tubuh dan apakah kamu mengalami gangguan seperti batuk, sakit tenggorokan, atau sesak nafas.

Jika kamu merasa kurang enak badan atau mengalami gejala sakit, lebih baik berolahraga di rumah atau beristirahat saja. Selain mencegah dirimu tertular, kamu juga dapat mencegah kondisi badanmu makin memburuk. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan?

Hindari Olahraga dengan Banyak Kontak Fisik

Olahraga tim dengan banyak orang memang menyenangkan, terutama olahraga permainan yang memiliki kontak fisik seperti bermain futsal, sepak bola, bola basket, dan lainnya. Selama pandemi Covid-19 tidak ada salahnya untuk mengurangi olahraga yang memiliki banyak kontak fisik.

Olahraga saat pandemi - Jauhi Kerumunan pandemi - Jauhi Kerumunan

Meskipun menyenangkan, namun olahraga dengan banyak kontak fisik juga berisiko selama musim pandemi ini. Bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga secara kelompok loh. Kamu juga bisa berolahraga kelompok yang tidak terlalu banyak mengharuskanmu kontak fisik loh, seperti berlari, bersepeda, bermain bulu tangkis, bermain tenis, atau mungkin bermain tenis meja.

Bawa Peralatan Pribadi

Saat berolahraga terkadang kamu memerlukan beberapa peralatan untuk menunjangmu. Selama pandemi Covid-19, lebih baik kamu membawa peralatan pribadi yang kamu bawa dari rumah untuk menghindari meminjam dari orang lain.

Contoh kecilnya adalah kamu dapat membawa minum sendiri rumah. Dengan membawa minum dari rumah, kamu menghindari kontak fisik dengan orang lain yang biasanya kamu lakukan saat membeli minuman dan bahkan kamu dapat membantu mengurangi sampah plastik jika kamu menggunakan tempat minuman yang dapat dipakai berulang kali.

Patuhi Protokol Kesehatan

Selama berolahraga di luar terutama di tempat umum saat pandemi, sudah pasti kamu harus mematuhi protokol kesehatan untuk menjaga diri sendiri dan juga orang lain.

Kamu dapat menggunakan masker saat berolahraga jika melakukan olahraga yang cukup ringan hingga sedang seperti saat bersepeda santai atau berjalan santai.

Olahraga saat pandemi - Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Selain menggunakan masker, jangan lupa mencuci tanganmu. Kamu dapat mencuci tangan sebelum dan juga setelah olahraga agar mengurangi risiko dari adanya penularan.

Jangan lupa juga untuk menjaga jarakmu selama berolahraga di tempat umum. Menjaga jarak tidak hanya dilakukan saat kamu berolahraga saja, tetapi juga saat istirahat atau makan bersama setelah usai berolahraga.

Jangan Menyentuh Wajah!

Terkadang kita secara tiba-tiba akan mengusap wajah kita ketika berolahraga, terutama untuk mengelap keringat. Hal tersebut sebaiknya tidak kamu lakukan saat berolahraga di masa pandemi ini.

Sebaiknya gunakan lah sesuatu yang bersih seperti handuk bersih dan tisu yang bersih untuk mengelap keringat dari wajahmu usai atau saat berolahraga. Kamu juga bisa terlebih dahulu mencuci tangan sebelum mengusap wajahmu.

Bersihkan Diri Usai Berolahraga

Setelah berolahraga terutama saat berolahraga di luar rumah, bersihkan dirimu terlebih dahulu sebelum melakukan hal lain.

Membersihkan dirimu bisa kamu lakukan dengan cuci tangan, mandi, dan langsung mengganti pakaianmu. Hal tersebut membantu kamu mengurangi risiko membawa virus ke rumah.

Olahraga saat pandemi - Bersihkan Diri

Berolahraga memang penting bagi kesehatan tubuhmu, tapi mematuhi protokol kesehatan jauh lebih penting di tengah pandemi Covid-19 ini agar pandemi ini cepat usai.

Semoga 7 tips olahraga saat pandemi di atas dapat membantumu ya! Tetaplah jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan!

Baca Juga: 4 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Stres Pada Ibu Rumah Tangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *