Milenial, Jangan Lakukan 6 Kesalahan Cara Menabung ini, ya!

Cara Menabung Ini Salah! Milenial, Yuk Ubah Kebiasaan Ini!

Cara Menabung – Kebiasaan untuk menyisihkan uang dan menabung adalah hal yang baik. Kebiasaan tersebut harus dilakukan agar kamu bisa memiliki kehidupan finansial yang baik.

Sejak kecil, kita sudah diajarkan cara menabung, baik oleh orang tua maupun oleh guru-guru di sekolah. Meskipun begitu, ada banyak orang yang belum terbiasa untuk melakukannya.

Apakah kamu salah satunya?

Jika begitu, kamu tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini kamu akan mengetahui berbagai kesalahan dalam menabung yang harus kamu hentikan. Ini penting agar cara kamu menyimpan uang bisa lebih efektif untuk mencapai tujuan finansial.

Baca juga: 5 Tips Menabung untuk Membeli Kamera Baru

Tidak Punya Tujuan

Sebelum kamu mulai mengumpulkan uang, tentukan dulu tujuan kamu menabung. Hal ini penting dilakukan agar kamu memiliki motivasi yang kuat untuk mengumpulkan uang.

Tujuan mengumpulkan uang bisa bermacam-macam. Misalnya, kamu ingin mengumpulkan uang untuk membeli handphone baru, liburan ke Jepang, atau untuk membeli kamera baru.

Dari situ, coba bayangkan kamu menggunakan handphone atau kamera baru yang diidamkan. Atau, bayangkan saja keseruan liburan ke Jepang. Dijamin deh, kamu bakal semakin semangat untuk menabung. 

Waktu yang Berubah-ubah

Kesalahan kedua yang sering dilakukan milenial saat menabung adalah tidak disiplin dalam menetapkan waktu yang konsisten. Kadang di awal bulan, kadang di tengah bulan. Parahnya kamu hanya mengumpulkan uang ketika ada uang lebih saja.

Cara Menabung - Waktu yang berubah-ubah

Cara menabung uang yang baik adalah tentukan waktu dan buat pengingat. Misal kamu ingin mengumpulkan uang setiap tanggal gajian, maka pasang pengingat di handphone pada setiap tanggal gajian. 

Lalu, jika notifikasi pengingat sudah muncul, segera tabung uang yang sudah kamu siapkan. Jangan menunda untuk mengumpulkan uang, nanti kamu malah kelupaan. Kan makin repot.

Jumlah yang Ditabung Tidak Selalu Sama

Kamu memang selalu menyimpan uang pada tanggal yang sama. Bahkan kamu juga pasang reminder untuk menyisihkan uang. Sayangnya kamu menyimpan uang dengan jumlah yang berbeda-beda.

Kadang 500.000 sebulan, kadang 200.000 sebulan. Perbedaan jumlah tabungan ini menandakan kamu belum berkomitmen dengan anggaran yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Hal ini juga akan membuat kebiasaan mengumpulkan uang kamu menjadi tidak efektif. Kamu jadi kesulitan mengetahui kapan target tabunganmu akan terpenuhi. Lebih baik kamu menabung dengan jumlah yang sama, namun konsisten sesuai waktu yang telah ditentukan. 

Merasa Harus Menyisihkan dalam Jumlah Besar

Kesalahan lain yang biasanya menjangkit kebiasaan menabung para milenial adalah merasa harus menyisihkan uang dalam jumlah besar. 

Padahal sebenarnya menyisihkan uang tidak melihat jumlah yang ditabung melainkan pada kedisiplinan. Nggak masalah jika kamu hanya menyisihkan 10.000 sehari, yang penting kamu secara konsisten dengan jumlah yang sama setiap harinya.

Cara Menabung - Merasa Harus Menabung dalam Jumlah yang Besar

Uang 10.000 memang kelihatannya kecil, tapi coba deh dihitung lagi. Kalau rutin menyisihkan uang selama 30 hari, uang tabungan kamu sudah mencapai 300.000. Berapa tuh kalau disimpan setahun?

Menabung di Akhir Bulan

Menyimpan uang di akhir bulan sering menjadi kesalahan milenial. Bukannya menyisihkan uang namanya kalau dilakukan di akhir bulan, melainkan menyisakan uang.

Bisa-bisa uangmu habis duluan untuk kepentingan konsumtif dan kamu pun batal menyimpan uang bulan ini. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang kamu ubah kebiasaan menabung di rumah ini ya.

Tips menabung cepat yang harus kamu lakukan adalah menyisihkan uang di awal bulan. Setelah kamu menentukan jumlah uang yang kamu tabung, segera pisahkan uang itu dari uang yang digunakan untuk konsumsi sehari hari.

Tapi ingat, meski kamu menyisihkan di awal bulan, jangan sampai nilai tabungan menjadi beban untuk kehidupan bulananmu ya. Anggarkan dengan tepat besaran pengeluaran dan tabungan kamu.

Hanya Memanfaatkan Cara Menabung tanpa Berinvestasi

Kamu membiarkan uang tabungan mengendap di rekening tabungan? Tahukah kamu setiap bulan menarik biaya administrasi di rekening? Kalau didiamkan begitu saja, bukannya bertambah tabungan kamu justru berkurang.

Tips menabung uang terakhir yang bisa diterapkan adalah menggunakan uang tabungan untuk berinvestasi. 

Nggak perlu takut dengar kata investasi. Ada banyak pilihan investasi, mulai dari saham, reksadana, jual beli valuta asing, emas, hingga properti.

Untuk pilihan investasi, sebaiknya kamu pelajari sendiri. Cari yang paling sesuai dengan tujuan dan target tabungan. Dan yang paling penting, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan produk investasi yang satu dengan yang lain.

Itulah kesalahan cara menabung yang sering dilakukan milenial. Yuk kita sama-sama belajar cara menyimpan uang yang benar dari kesalahan itu. Semoga kita bisa menerapkan  tips menabung di rumah yang sudah dijelaskan ya.

Baca juga: 8 Tips Menabung untuk Persiapan Pensiun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *