Cari Uang Tambahan Ala Mahasiswa yang Patut Dicoba

Cari Uang Tambahan Ala Mahasiswa yang Patut Dicoba

Cari uang – Hai mahasiswa baru! Sudah siap menghadapi tahun-tahun kuliahmu? Atau kamu mahasiswa yang nggak baru-baru amat dan sudah mulai bosan kuliah?

Selain tugas dan percintaan yang rumit, permasalahan yang sering menghinggapi mahasiswa adalah masalah keuangan. 

Sebagai mahasiswa, kamu tak hanya dituntut untuk menyelesaikan pendidikan, namun juga harus belajar mandiri. Mulai dari mengatur waktu hingga mengelola keuangan.

Apalagi untuk mahasiswa perantau, kamu harus ekstra hati-hati karena jauh dari orang tua. Salah-salah kamu tidak fokus belajar dan malah kesulitan keuangan.

Ngomong-ngomong, yakin uang bulananmu cukup sampai akhir bulan? Gimana kalau uang bulanan terlambat dikirim? Atau malah kamu nggak bisa lagi mengandalkan uang bulanan dari orang tua? Hmmm, itu tandanya kamu harus pintar-pintar cari uang tambahan.

Berikut ini adalah cara-cara mencari uang tambahan yang patut dicoba para mahasiswa.

Baca juga: Hindari 7 Kesalahan Ini dalam Mengatur Keuangan 

Berpartisipasi Dalam Survei Online

Sebagai mahasiswa pastinya kamu tak bisa jauh-jauh dari internet. Tapi tahukah kamu ada banyak situs yang membuka jasa pengisian survei?

Mengisi survei ini masuk salah satu cara cari uang di internet paling mudah. Kamu tinggal membuat akun, mengisi data diri dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan jujur.

Biasanya situs tersebut akan memberikan poin sebagai reward atas survei yang sudah diisi. Memang jumlah poin tidak langsung banyak, namun semakin banyak survei yang kamu isi, semakin banyak pula pon yang bisa didapat.

Poin tersebut dikumpulkan dan jika sudah mencapai jumlah tertentu bisa ditukarkan dengan rupiah. Lumayan deh kamu bisa punya tambahan uang untuk beli pulsa.

Kalau kurang puas dengan pendapatan dari online survei, kamu bisa berpartisipasi di lebih dari satu situs survei. Dan kalau masih kurang puas juga, nggak perlu khawatir. Masih ada cara cari uang lain yang patut kamu coba.

Menjadi Reseller atau Dropshiper

Cara cari uang online lain yang patut dicoba adalah menjadi reseller atau dropshiper.

Meski sama-sama menjual barang atau produk orang lain secara online, keduanya memiliki perbedaan besar, salah satunya terletak kepemilikan modal.

Reseller harus memiliki modal yang lebih besar karena harus membeli barang dan kemudian menyediakan stok barang dari produsen atau penjual pertama. Sedang dropshiper tidak perlu sedia stok barang sehingga bisa dikatakan tidak memerlukan modal besar.

Cara Uang - Reseller atau Dropshipr

Reseller harus memikirkan penyimpanan barang, pengiriman, dan promosi produk. Sedangkan dropshiper hanya fokus pada pencarian konsumen dan barang akan dikirim langsung dari produsen ke pembeli.

Meski terlihat mudah, keuntungan yang diperoleh dropshiper cenderung lebih sedikit dibanding reseller. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan rugi yang bisa dialami reseller bila barang yang sudah dibeli tidak laku.

Content Writer

Kamu suka menulis? Tertarik untuk menyalurkan bakatmu ke tempat lain? Menjadi penulis konten bisa jadi alternatif cari uang yang tepat untuk kamu.

Dengan menjadi penulis konten, kamu bisa belajar menulis artikel, opini, hingga essay yang baik. Percaya nggak percaya, melatih kemampuan menulis akan berdampak positif pada caramu merangkai kata saat skripsi nanti.

Ada banyak penerima jasa penulis lepas yang siap menampung kamu yang memang ingin freelance. Tinggal cari saja yang cocok denganmu.

Atau jika sudah memiliki portofolio yang bagus, kamu bisa membuka jasa penulis lepas secara mandiri. Fokuskan lagi pada jenis tulisan yang ditawarkan. Misal, kamu menerima jasa menulis artikel SEO friendly.

Cari Uang Tambahan dengan Menjadi Penerjemah

Kamu mahasiswa dan memiliki kemampuan bahasa asing? Selamat! Kamu memiliki peluang untuk mendapat uang tambahan dengan bekerja sampingan sebagai penerjemah. Apalagi kalau ada mahasiswa penutur asing di kampusmu.

Bisa dikatakan sebagai penerjemah kamu nggak perlu menyediakan modal lain selain kemampuan berbahasa asing. 

Kamu bisa awali bisnismu dengan latihan menerjemahkan materi dan tugas kuliah. Setelah percaya diri kamu bisa mengiklankan jasa terjemahan lewat lingkungan pertemanan, keluarga, hingga sosial media.

Kalau kamu masih kesulitan mencari pasar atau belum percaya diri untuk membuka iklan sendiri, bergabung ke lembaga bahasa juga nggak ada salahnya. Coba deh daftar menjadi penerjemah untuk penutur asing di salah satu lembaga bahasa di sekitar kamu.

Biasanya setelah mendaftar ke lembaga resmi, kamu akan mengikuti serangkaian seleksi. Kalau kamu lolos, itu tandanya kamu akan berhadapan langsung dengan penutur asing.

Nggak hanya sebagai penerjemah, kamu bisa melatih penutur asing cara berbicara Bahasa Indonesia dengan benar termasuk slang kekinian. Seru, kan?

Guru Les Privat

Menjadi guru les privat merupakan opsi lain untuk cari uang tambahan.

Sama seperti penerjemah, kamu bisa pilih untuk tergabung dalam lembaga khusus atau membuka jasa secara mandiri. 

Nggak yakin dengan kemampuanmu  mengajar? Kamu bisa mulai dengan mengajar anak SD yang materi pelajarannya relatif mudah. Anak usia SD cenderung membutuhkan teman belajar yang menarik.

Atau kamu bisa mengajar materi SMA yang notabene baru saja kamu pelajari. Tinggal sedikit menyegarkan ingatan, lalu kamu bisa mengajari anak didikmu.

Cara Uang - Guru Les Privat

Tak hanya les privat mata pelajaran, kamu bisa membuka jasa les di bidang lain. Misalnya nih, kamu memiliki bakat lain seperti musik atau seni suara. Coba buka jasa les musik atau seni suara.

Selain mendapat penghasilan tambahan, kamu juga bisa melatih bakatmu secara konsisten. Alhasil kamu semakin jago dan semakin percaya diri mengajari muridmu.

Nah itu dia 5 gambaran singkat alternatif cari uang tambahan yang bisa kamu coba. Baik itu cari uang online maupun offline, pastikan kamu mengatur waktu dengan baik.

Bekerja dan memiliki uang sendiri memang terasa menyenangkan, namun tugas utamamu sebagai mahasiswa harus diingat. Selesaikan dulu pendidikanmu supaya supaya kamu memiliki jenjang karir yang lebih mapan.

Baca juga: Kenapa Sih Harus Punya Foto Album Liburan Bareng Sahabat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *