4. Cintai Jantungmu dengan Makan X Makanan Sehat Berikut Ini

Cintai Jantungmu dengan Makan 6 Makanan Sehat Berikut Ini

Makanan Sehat – Penderita penyakit jantung tentunya harus hati-hati dengan pola makan sehat yang dijalani setiap hari. Sebab, jika pola makan tak dijaga baik-baik, dikhawatirkan penyakit akan merambat pada organ tubuh lain.

Oleh karenanya sudah sewajarnya jika penderita memilih makanan yang ramah jantung. Konsumsi sayuran dan buah organik tentunya juga menjadi menu sehat setiap hari.

Penasaran dengan makanan sehat dan bergizi untuk menjaga kesehatan jantung? Yuk simak 6 makanan sehat untuk jaga kesehatan jantung berikut ini.

Baca juga: Makanan Darah Tinggi? 5 Makanan Bantu Kontrol Darah Tinggi

Yogurt Rendah Lemak

Berdasarkan penelitian pada tahun 2018, mengkonsumsi yogurt secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan hipertensi. Manfaat makanan sehat satu ini adalah meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Hal ini dapat terjadi karena kandungan kalsium dan kalium dapat membantu mengontrol tekanan darah. Dimana tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat merupakan ancaman serius untuk jantung.

Makanan Sehat - Yoghurt

Ada banyak jenis yogurt yang beredar di pasaran. Ada baiknya penderita penyakit jantung memilih yogurt rendah lemak dan gula.

Rutin Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Seperti yang telah banyak disebutkan pada artikel makanan sehat lainnya, sayuran organik sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Lantas sayuran hijau apa yang membantu kesehatan jantung?

Jawabannya adalah brokoli, kangkung, bayam, pakcoy, asparagus, dan sayuran hijau lainnya. Sayuran hijau memiliki kadar vitamin C dan E yang tinggi, kaya serat, kalium dan kalsium yang bagus untuk menjaga fungsi jantung.

Coklat Hitam

Yup! Coklat hitam masuk daftar menu makanan sehat untuk jantung, loh! Kok bisa, sih?

Berdasarkan penelitian yang ada, mengkonsumsi coklat hitam (dark chocolate) dapat menurunkan kemungkinan serangan jantung dan stroke. Pada dasarnya coklat memiliki kandungan antioksidan.

Makanan Sehat - Dark Chocolate

Antioksidan pada coklat, terutama dark chocolate, dapat menurunkan tekanan darah, anti pembengkakan dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Sehingga dapat mencegah terjadinya pembengkakan pembengkakan jantung dan dapat melancarkan peredaran darah.

Buah Apel

Kriteria makanan sehat untuk jantung lainnya adalah buah apel. Apel memiliki senyawa polifenol yang terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kandungan senyawa pada buah apel dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, membantu mengontrol gula darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah setelah tau manfaatnya, sebaiknya kamu makan buah apel secara utuh ya. Jangan sampai kamu menambahkan pemanis pada olahan apel supaya lebih terasa manfaat dari buah apel itu sendiri.

Kacang-kacangan

Pada dasarnya makanan berprotein tinggi sangat penting bagi penderita penyakit jantung. Selain dari produk seperti ikan, protein juga dapat diperoleh dari kacang-kacangan.

Makanan Sehat - Kacang- Kacangan

Kacang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang mana sangat baik untuk menjaga jantung. Tak hanya itu, mengkonsumsi kacang-kacangan seperti edamame, kacang kenari dan almond juga dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit diabetes.

Teh Hijau

Minuman satu ini mengandung senyawa polifenol yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri memiliki peran penting dalam mencegah kerusakan pada sel dan menjaga kesehatan jantung.

Kandungan dalam teh hijau juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Jadi selain menjaga kesehatan jantung, teh hijau juga mencegah hipertensi dan penumpukan kolesterol.

Nah itu dia 6 makanan sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Cintailah jantung dengan rutin mengonsumsi makanan sehat di atas. Dengan makan sehat jantung pun ikut sehat. 

Jangan lupa imbangi dengan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga ringan, konsumsi air putih, dan pola tidur yang baik.

Baca juga: Menu Makan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *