15. Gak Kalah Kece, Yuk Main Ke 6 Destinasi Liburan Murah Dieng!

Gak Kalah Kece, Yuk Main Ke 6 Destinasi Liburan Murah Dieng!

Destinasi Liburan – Hai travelers! Sedang mencari destinasi liburan murah di Indonesia? Dieng bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu!

Akses menuju Dieng juga cukup mudah. Untuk Kamu yang naik kereta, bisa berhenti di stasiun Purwokerto, lalu cari travel untuk perjalanan darat menuju Dieng. Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, silakan langsung mendaki lewat Wonosobo, ya.

Nggak perlu jauh-jauh cari destinasi liburan luar negeri kalau destinasi liburan di Indonesia aja sudah seindah Dieng. Nggak hanya keindahan wisata alam yang menakjubkan kamu juga bisa menikmati makanan khas Wonosobo seperti Mie Ongklok, dan juga berbagai olahan Carica.

Carica adalah buah yang hanya tumbuh di sekitar Dataran Tinggi Dieng dan Wonosobo. Buah ini biasanya diolah menjadi minuman manis dalam kemasan. Itu oleh-oleh wajib kalo ke Dieng, pokoknya harus dicoba!

Nah untuk lengkapnya, langsung aja disimak 6 destinasi liburan murah Dieng yang kece abis!

Baca juga: 5 Lokasi Liburan Murah Sampai Mahal di Bogor Ini Kece Abis!

Telaga Menjer

Destinasi liburan pertama adalah Telaga Menjer. Lokasi telaga ini berada di kaki pegunungan Dataran Tinggi Dieng. Sehingga lebih mudah bila dijadikan objek atau tujuan wisata pertama bila kamu datang dari arah Wonosobo.

Wisatawan yang datang berkunjung dapat menikmati sejuknya angin dan udara di tepi danau. Lalu bila antrian di perahu motor sudah kosong, kamu akan diajak berkeliling danau selama 30 menit.

Air di Telaga Menjer juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Sepanjangan perjalan dengan kendaraan menuju lokasi wisata Telaga Menjer kamu akan melihat pipa-pipa besar yang menyalurkan air dari Telaga ke bawah bukit.

Bukit Sikunir

Pesona Bukit Sikunir yang berada di ketinggian terletak pada hawa sejuk yang melingkupi pengunjung begitu turun dari moda transportasi. Wisatawan akan disambut dengan pemandangan perbukitan dan perkebunan yang indah dan menawan.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Bukit Sikunir adalah menjelang matahari terbit. Jadi pengunjung bisa menginap di salah satu penginapan di kaki bukit. Lalu saat menjelang sunrise yakni sekitar pukul 4 memulai pendakian.

Semburat jingga nan indah akan menyambut di tengah dinginnya suasana. Pastikan kamu menyiapkan pakaian hangat seperti jaket tebal, topi dan syall untuk menjaga badanmu. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen matahari terbit yang indah dan tak terlupakan ini ya.

Telaga Warna

Setelah dari Bukit Sikunir, kamu bisa sarapan lalu melanjutkan istirahat. Tapi jangan lama-lama ya, soalnya masih ada agenda ke lokasi wisata lain yang tak boleh dilewatkan, apalagi Telaga Warna.

Berkunjunglah ke Telaga Warna terutama jika kamu berkunjung pada musim kemarau. Pada pertengahan musim kemarau, kamu dapat melihat perubahan warna di telaga. Yakni warna merah, hijau, biru, hingga kuning.

Secara ilmiah, warna air pada telaga dapat berubah karena pengaruh ekosistem di dalam telaga. Namun, menurut mitos yang dipercaya masyarakat setempat, perubahan warna dapat terjadi karena ada benda pusaka terjatuh ke dalam telaga.

Berkunjung ke Kawah Sikidang

Lokasinya tidak jauh dari Bukit Sikunir, Kawah Sikidang menjadi destinasi berikutnya yang wajib dikunjungi. Penamaan Kawah Sikidang ini didasari oleh kawah yang terus melompat-lompat di kawasan Dataran Tinggi Dieng. 

Kawah vulkanik ini masih aktif melontarkan belerang panas. Sehingga pengunjung yang datang diharapkan memakai masker untuk menghindari aroma tak nyaman. Pengunjung diharapkan berhati-hati saat melangkah karena selain kawah besar, ada banyak kawah kecil yang tersebar di sekitar lokasi.

Namun demikian, lokasi wisata ini masih aman untuk dikunjungi. Bahkan banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan batuan putih dan berfoto. Meski terdapat kawah-kawah panas, udara di lokasi ini masih dingin-dingin sejuk.

Candi Arjuna

Sebenarnya untuk berkunjung ke lokasi Kawah Sikidang pengunjung akan melewati Candi Arjuna. Biaya tiket masuknya cukup 10.000 dan kamu bisa puas berkeliling di pelataran candi yang mencapai luas 1 hektar ini.

Empat bangunan candi masih berdiri tegak di antara puing-puing candi lainnya. Candi Arjuna sampai saat ini masih difungsikan sebagai tempat sembahyang, terutama pada perayaan Galungan.

Berfoto di antara candi, hingga duduk manis di atas rumput hijau sambil menikmati pemandangan bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu berkunjung ke lokasi ini. Ingat, selalu jaga kebersihan, ya. Buang sampah pada tempatnya supaya kamu ikut menjaga kelestarian candi.

Destinasi Liburan - Gunung Prau

Hiking di Gunung Prau

Buat kamu yang sudah puas menikmati telaga, perbukitan, bangunan candi dan kawah, kamu bisa mencoba hiking di Gunung Prau. Gunung Prau merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Dataran Tinggi Dieng.

Meski tidak sepopuler pendakian Gunung Sumbing, Merapi dan Sindoro, Gunung Prau juga tak kalah indah. Dengan ketinggian 2.565 mdpl, jalur pendakian gunung ini juga terbilang cepat.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Prau adalah 3 sampai 4 jam. Mendaki gunung ini juga menjadi alternatif untuk menikmati matahari terbit. jadi biasanya pendakian dimulai pukul 1 atau 2 dini hari. 

Nah itu dia 6 destinasi liburan di kawasan Dieng yang patut kamu kunjungi. Menarik, kan? Jangan lupa siapkan kamera untuk berfoto.

Abadikan momen seru dan cetak foto dalam photobook. Kamu bisa gunakan layanan cetak foto ID Photobook biar bisa cetak foto kenangan dalam photobook kece. Dijamin gambar yang dihasilkan dari cetak photobook di ID Photobook tajam. Pastinya bikin kenalan iri dan pengen liburan juga.

Kamu belum puas juga dengan destinasi liburan Indonesia di Dieng? Kamu bisa lanjut liburan ke Bogor yang sama-sama sejuk atau ke Yogyakarta yang dekat!

Baca juga: Album Foto Keren? Yuk Foto di 6 Spot Wisata Jogja Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *