Gangguan Perkembangan Mental Anak yang Harus Anda Waspadai

Banyak orang tua belum mengetahui beberapa gangguan mental bisa terjadi pada anak. Ketidaktahuan itu menyebabkan Anda sebagai orang tua mengabaikan begitu saja gejala  yang terjadi. Anda menganggap bahwa apa yang terjadi pada anak Anda itu adalah hal yang wajar hingga Anda baru menyadari ada gangguan setelah sekian lama dan penanganannya menjadi terlambat.

Tentu Anda tidak ingin gangguan perkembangan itu terjadi pada anak Anda. Sehingga penting disini untuk Anda mengetahui beberapa gangguan yang menyerang pada anak. Berikut gangguan tersebut:

Sindrom Down

Sindrom down adalah sebuah kelainan yang terjadi karena kelainan kromosom. Anak yang normal mempunyai 46 kromosom sedang anak sindrom down memiliki kelebihan kromosom semisal 47. Kelainan dalam pembentukan embrio adalah penyebab utama dari sindrom down ini.

Ada kekurangan secara mental atau fisik pada anak sindrom down ini. Anak sindrom down memiliki keterbatasan dalam melakukan aktifitas sehari-hari dan setiap anak berbeda kasusnya. Peranan keluarga sangat penting untuk menangani anak penderita sindrom down. Kelainan ini tidak dapat diobati namun bisa dikontrol dengan memberikan terapi atau pendidikan khusus.

Disleksia

Disleksia adalah gangguan pada anak biasanya terjadi pada usia 7 atau 8 tahun ketika anak sudah mulai memasuki bangku sekolah. Disleksia adalah gangguan proses belajar, dimana anak susah untuk menulis, membaca, atau mengeja. Anak yang terkena disleksia sulit untuk membedakan kata yang ucapannya mirip, semisal “Ketika” dan “Ketiak” sulit untuk mengeja dan lambat ketika menulis.

Baca Juga  Catatan Seorang Bunda Bag. 3 - Saat Suami Jatuh di Dua Hati

Disleksia pada balita gejalanya bisa dilihat dari cara mengucapkan kata semisal kata “Ibu” tetapi menjadi “Ubi”. Disleksia terjadi karena keturunan dan tidak ada obat khusus yang dapat menyembuhkannya. Penangannya adalah dengan memberikan perlakuan khusus seperti memasukan ke sekolah yang mempunyai gangguan sama. Memasukan ke sekolah umum tidaklah cocok karena walaupun pada umumnya anak disleksia adalah anak yang normal tapi ada perbedaan cara tangkap saat belajar.

Berat Badan Menurun

Ada beberapa anak yang mengalami kondisi berat badan yang menurun drastis. Jika itu terjadi pada anak Anda, sebaiknya Anda menganalisis apa yang terjadi, bisa jadi anak merasa depresi atau merasakan perubahan emosi yang tidak Anda sadari. Agar lebih pastinya Anda lebih berkonsultasi pada dokter ketika berat badan anak Anda menurun drastis karena faktor penyakit juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Kurang Konsentrasi

Anak yang tidak bisa berkonsentrasi akan susah menerima hal yang baru. ada dua alasan kenapa anak mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi. Pertama karena ada pikiran anak berpusat pada sesuatu kondisi seperti rasa malu, ketakutan, rasa bersalah yang berlebihan dan sulit untuk dikontrol. Kedua adalah karena hiperaktif, anak yang sangat aktif akan sulit fokus atau konsentrasi pada sesuatu karena dia lebih tertarik menggerakan badan.

Anda perlu memberikan perhatian khusus jika anak Anda mengalami hal ini. Pendekatan yang baik akan membuat anak mudah diarahkan. Anda bisa berkonsultasi pada psikolog untuk menanganinya.

Baca Juga  Misteri Anak Kedua

tumbuh kembang anak

Peranan orang tua sangat penting untuk perkembangan mental anak. Kedekatan dan perhatian sangat dibutuhkan untuk mencegah atau menangani kelainan itu. Luangkan waktu untuk anak dan buatlah quality time dengan anak. Jangan terlalu memaksa anak untuk mengikuti banyak kegiatan yang akan membuat stres. Ajak anak berlibur dan membuat momen kebersamaan. Jangan lupa untuk berfoto bersama agar anak dapat mengingat kebersamaan itu.

Jika anak Anda menunjukkan perkembangan yang baik-baik saja, Anda harus bersyukur. Karena banyak orang tua yang masih berjuang untuk menormalkan perkembangan anaknya. Sebagai bentuk rasa syukur, bisa juga Anda buat album foto perkembangan anak di ID Photobook. Maka momen perkembangan anak bisa terekam dari waktu ke waktu

What do you think of this post?
  • Sucks ()
  • Boring ()
  • Useful ()
  • Interesting ()
  • Awesome ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.