Peran Suami Ketika Istri Mengalami Baby Blues

Baby Blues, atau yang sering dikenal dengan sindrom pasca melahirkan, adalah sindrom yang paling sering dialami oleh para wanita yang baru saja selesai melakukan proses persalinan. Baby Blues biasanya terjadi kurang lebih selama 2 minggu sampai setelah melahirkan. Sindrom ini bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya ketidaksiapan ibu terhadap kelahiran bayinya, trauma saat mengandung, atau pada kesulitan saat menyusui. Selain itu, perubahan hormon juga dapat memicu munculnya sindrom Baby Blues.

Di Indonesia, sindrom Baby Blues masih sering dianggap remeh oleh sebagian orang. Mereka biasanya tidak terlalu peduli dengan gejala seperti perubahan mood yang drastis pada ibu dan penolakan ibu pada bayinya. Hal itu sering dianggap sebagai gejala kelelahan semata, padahal para ibu yang mengalami Baby Blues dan tidak ditangani dengan baik dapat berakibat fatal dan menimbulkan depresi pada sang ibu.

Nah disinilah peran seorang suami dibutuhkan untuk membuat sang istri bisa melewati fase baby blues dengan baik dan ternyata tidaklah sulit untuk dilakukan. Yuk kita intip apa saja sih yang bisa para suami lakukan ketika istri tengah mengalami Baby Blues!

Peran suami saat istri alami Baby Blues

  1. Membantu Mengurus Bayi
sumber: Pinterest

Ayah bisa loh membantu ibu untuk mengurus bayi. Misalnya dengan bergantian menggendong bayi saat menangis atau mengajaknya bercanda saat ia terbangun dari tidur. Dengan bantuan ayah, ibu bisa mendapatkan waktu untuk beristirahat sejenak. Hal ini juga bisa membantu membangun hubungan yang dekat antara ayah dengan anaknya loh.

2. Gunakan Pengasuh atau Pembantu Rumah Tangga

Para suami bisa menggunakan jasa pembantu rumah tangga untuk mengurus keperluan rumah seperti memasak, membereskan rumah, juga untuk bersih-bersih.

3. Menanyakan Kabar Sang Istri

sumber: pinterest

Sapaan seperti “Apa kabarmu hari ini sayang?” atau “Ingin kupijat sayang?” ternyata bisa berdampak baik pada keadaan sang istri. Hal-hal kecil seperti ini dapat membuat istri menjadi lebih tenang dan bisa fokus untuk memulihkan dirinya paska melahirkan.

4. Memberikan Perhatian Lebih

sumber: pinterest

Jangan segan untuk memberikan istri anda pujian. Perjuangannya yang telah melahirkan buah cinta kalian dengan sehat dan selamat sangatlah berharga. Jangan ragu pula untuk mengucapkan betapa Anda mencintainya. Bentuk perhatian-perhatian kecil dari Anda akan berdampak besar padanya. Istri Anda akan merasa berharga dan semakin mencintai buah hatinya karena perhatian yang ia dapatkan dari suami.

5. Abadikan Setiap Momen Berharga

sumber: pinterest

Selama fase pemulihan dari Baby Blues tentu ada banyak momen menarik yang akan anda dan keluarga alami. Ambil beberapa foto ketika anda sedang mengendong si bayi. Abadikan pula momen ketika istri tengah menyusui atau sedang beristirahat bersama si buah hati. Hal ini akan berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri sang ibu nantinya sehingga tidak lagi mengalami baby blues pada kehamilan berikutnya. Jadi, jangan biarkan momen tersebut hilang begitu saja. Ambil fotonya dan cetak di ID Photobook agar momen berharga ini tidak hilang dan terlupakan, ya ayah!

sumber: https://id.theasianparent.com/sindrom-baby-blues/ https://cantik.tempo.co/read/news/2016/08/03/336792932/tugas-suami-jika-istri-terkena-sindrom-baby-blues http://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Kehamilan-dan-Menyusui/Menyusui/Peran-suami-saat-istri-mengalami-depresi-pasca-melahirkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.