Tips Puasa Saat Hamil

kehamilan

Berpuasa saat hamil itu tidak diwajibkan lho, moms.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Moms tetap ingin berpuasa saat hamil. Hal-hal ini perlu dilakukan agar ibu hamil terhindar dari ancaman gangguan kesehatan, baik bagi ibu maupun janin. Nah, kalau moms ingin tetap berpuasa saat hamil, lihat dulu tips berikut ini~

1. Usia Kehamilan Cukup

Ahli gizi mengatakan bahwa ibu hamil boleh berpuasa asalkan usia kehamilan telah memasuki trimester dua dan tiga.
Jangan dipaksakan untuk berpuasa demi kesehatan Moms dan Si Kecil. Ingat, pastikan usia kandungan Moms sudah aman untuk berpuasa, ya!

2. Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Selain usia kandungan, dokter akan melihat status gizi ibu hamil. Selain itu, pastikan tidak ada penyakit lain yang menyertai seperti diabetes dan hipertensi. Ingat untuk selalu bertanya dan konsultasi dengan dokter dulu ya sebelum Moms memutuskan untuk berpuasa. Pastikan juga kandungan gula darah tetap stabil selama berpuasa.

3. Waspada Tanda Bahaya

sumber: pinterest

Selama berpuasa saat hamil, Moms harus peka dengan tanda atau sinyal bahaya yang diberikan tubuh. Kalau sudah gini, jangan sepelekan ya, Moms. Segera batalkan puasa dan konsultasikan dengan dokter.

4. Tambah Asupan Cairan

explain the water

Kebutuhan cairan ibu hamil lebih banyak daripada mereka yang tidak hamil. Tau nggak Moms? Ibu hamil memerlukan tambahan asupan cairan sebanyak 300 mililiter per hari. Asupan cairan ini bisa ditambah melalui konsumsi susu. Jadi, jangan sepelekan asupan cairan, ya

5. Punya Perencanaan Makan

Selama puasa, moms perlu membuat perencanaan makanan agar tak kekurangan asupan kalori. Kekurangan kalori bisa berakibat pada gangguan pertumbuhan janin, lho. Jadi, pastikan kalori Moms terpenuhi dengan baik, yaa..

Selama kehamilan tentu banyak hal baru yang Moms temui. Merasakan si Kecil nendang-nendang di perut, nggak sabar nunggu si Kecil hadir di tengah-tengah kalian, dan masih banyak lagi. Nggak ada salahnya ngumpulin foto si kecil sejak masih di perut, kan? Abadikan momen itu bersama ID Photobook.

Oiyaaa.. Selama bulan Ramadhan, ID Photobook punya promo Gelegar Ramadhan! Sekarang juga beli 1 gratis 1 looh! Biar ngga ketinggalan promonya, Moms bisa pesan sekarang untuk cetak foto-foto tumbuh kembang si kecil sejak masih di dalam perut dan momen lebaran nantii.

Untuk info selengkapnya, cek instagram atau hubungi kami via whatsapp di: 0813-2674-4400 (Ahmad) untuk ikut promo Gelegar Ramadhan bersama ID Photobook.

Jaga Kadar Gula Darah Selama Puasa

Haii Moms, selama berpuasa ini biasanya kadar gula darah kita kurang stabil, nih. Agar lebih sehat dan fit selama bulan Ramadan, intip tips berikut untuk menstabilkan gula darah saat puasa, yuk!

1. Sahur mendekati waktu imsak

Tahu gak sih Moms? Ternyata sahur saat mendekati waktu imsak bisa membantu menstabilkan gula darah saat puasa, lho. Jangan lupa imbangi dengan sahur yang sehat ya, Moms.

2. Perbanyak Air Putih

sumber: pinterest

Awali berbuka puasa dengan minum air putih untuk mengembalikan cairan di dalam tubuh. Jangan sampai dehidrasi ya, Moms. Ingat, meskipun sedang berpuasa, kita wajib minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

3. Atur porsi makan saat puasa

porsi makan

Mengatur porsi makan di bulan Ramadan penting lho, Moms. Buat asupan kalori Moms terpenuhi dan seimbang agar kebutuhan kalori harian moms terpenuhi dengan baik. Atur porsi makan agar tidak berlebihan dan tidak terlalu sedikit.

4. Perhatikan Asupan Makanan

Jangan lupa untuk perhatiin asupan makanan, ya Moms. Meski sudah mengatur porsi makan, asupan yang masuk juga harus diperhatikan. Konsumsilah karbohidrat yang mengandung serat, buah-buahan, protein sehat seperti ikan, susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak. Gunakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh seperti minyak palem, minyak zaitun atau minyak kanola.

Dengan gula darah yang stabil saat puasa, Moms bisa lebih fit, loh saat berpuasa. Sambil menunggu waktu berbuka bisa ajak si kecil bantu menyiapkan buka puasa yang sehat dan enak. Ayah bisa juga mengabadikan momen si kecil bantuin Moms masak lhoo. Momen-momen ini sayang banget kan buat dilewatin.. Abadikan momen berharga dengan si Kecil di ID Photobook.

Oiyaaa.. Selama bulan Ramadhan, ID Photobook punya promo Gelegar Ramadhan! Beli 1 album jumbo bisa dapetin album jumbo juga! Biar ngga ketinggalan promonya, Moms bisa pesan sekarang untuk cetak foto-foto lebaran nantii. Album lebih besar bikin liat-liat foto jadi makin puas kann….

Gelegar Ramadhan

Cek instagram atau hubungi kami via whatsapp di: 0813-2674-4400 (Ahmad) untuk dapatkan album jumbo yang lebiiiih hemat.

sumber: https://www.halodoc.com/tips-menjaga-gula-darah-saat-puasa