12. Inilah 7 Tips Penting Untuk Jaga Kesehatan Mental

Inilah 7 Tips Penting Untuk Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan Mental Kesehatan mental di Indonesia masih belum banyak mendapat perhatian. Namun demikian, pentingnya kesehatan mental sudah mulai digaungkan baik melalui media lisan maupun tulisan.

Tak hanya kesehatan mental orang dewasa, kesehatan mental remaja juga perlu mendapat perhatian. Khususnya dengan seiring berkembangnya teknologi yang akhirnya membawa kemudahan akses pada media sosial.

Padahal, citra yang belum tentu 100% benar itu sedikit banyak mengganggu kesehatan mental penikmatnya. Nah berikut ini adalah 7 tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental kamu.

Baca juga: Masih Sering Dianggap Remeh, Apa Itu Kesehatan Mental?

Hargai Diri Sendiri

Tips paling ampuh untuk menjaga kesehatan mental adalah menghargai diri sendiri. Kamu bisa jadikan menghargai diri sendiri sebagai kebiasaan di pagi hari.

Saat bangun, bergegaslah ke kaca dan pandanglah dia yang ada di hadapanmu. Cobalah untuk tersenyum. Perlahan, bisikkan pada diri sendiri bahwa kamu berharga.

Sekalipun kamu merasa ‘kecil’ dibandingkan dengan teman-teman di sosial media, ingatlah bahwa kamu berarti. Percayalah bahwa ini bukan area balap dan segalanya butuh proses.

Yakinkan hatimu, sekalipun melakukan kesalahan, kamu tetap termaafkan. Katakan bahwa kamu telah memaafkan kesalahan di masa lalu dan siap menjalani hari ini.

Putuskan Pertemanan Beracun

Tak kalah penting, tips menjaga kesehatan mental satu ini juga wajib dilakukan. Sebab kesehatan mental dipengaruhi oleh kondisi di sekitar lingkungan Individu.

Perhatikan lagi lingkungan pertemananmu. Apakah mereka suportif atau tipikal yang datang ketika butuh? Apakah mereka terlalu sering membully dan mengatakan kamu ‘baperan’ dibanding meminta maaf?

Jika kondisi ini terjadi, sayang sekali, kamu berada dalam lingkungan pertemanan beracun. Yang sama seperti racun, mereka bisa membunuh kamu secara perlahan.

Ketika lingkungan di sekitar kamu tidak sehat, kamu cenderung untuk tidak berkembang dan malah meragukan diri sendiri. Akhirnya, bisa jadi kehilangan jati dirimu yang sesungguhnya.

Ingat, kamu bisa mencari teman di mana pun sementara kamu ya cuma kamu. Jika masih merasa sayang untuk memutuskan pertemanan, tak ada salahnya untuk mengurangi intensitas pertemanan.

Jalin Pertemanan Yang Solid

Sebagai ganti perteman beracun, jalinlah ikatan pertemanan yang solid. Cobalah bersikap lebih terbuka dan berusaha menjalin relasi dengan orang-orang baru.

Meski awalnya terasa sulit, berinteraksi dengan banyak orang juga turut menjaga kesehatan mental. Yakni ketika kamu bertemu dengan orang-orang sepemikiran atau beda pikiran namun masih saling mendukung.

Kesehatan Mental - Jalin Pertemanan Yang Solid

Jangan ragu untuk berteman dengan mereka yang terang-terangan mengatakan kamu salah daripada bergosip soal kamu di belakang punggungmu. Pertahankan mereka yang ada di sampingmu saat kamu berduka dan tetaplah setia pada mereka saat mereka sedih.

Jaga Kesehatan Tubuh dengan Makanan Bergizi

Kesehatan mental juga dipengaruhi oleh asupan gizi pada tubuh. Maka aturlah asupan gizi agar tetap berimbang dan sehat.

Biasakan sarapan sehat dengan porsi yang cukup. Sebab konsumsi karbohidrat bisa membangung suasana hati yang positif. Namun jika terlalu banyak malah bisa membuat kamu mengantuk. Akhirnya kamu malah tidak produktif.

Pastikan kamu rutin mengkonsumsi air putih. Tak hanya kopi atau minuman manis lainnya, ibangi juga dengan air putih. Terakhir, jangan lupa lengkapi dengan asupan ikan dan kacang yang kaya protein dan lemak sehat.

Tetap Rajin Berolahraga

Selain atur pola makan, menjaga kesehatan tubuh sebaiknya juga diibangi dengan olahraga teratur. Tak harus olahraga berat seperti kardio, kamu bisa mulai dengan olahraga ringan.

Kamu bisa praktikan senam, gerakan yoga, dan workout secara rutin. Cukup 15-30 menit per hari, tubuh kamu akan terasa lebih ringan dan segar.

Kesehatan Mental - Tetap Rajin Berolahraga

Dengan berkeringat, tubuh akan melepaskan endorfin yang mana membantu menyingkirkan perasaan tertekan. Jika rutin dilakukan setiap hari, suasana hatimu akan lebih positif.

Akhirnya kesehatan mental kamu terjaga, tubuh pun menjadi sehat!

Pola Tidur Yang Baik

Aktivitas fisik sehari-hari harus diimbangi dengan pola tidur dan istirahat yang baik. Sebab seperti mesin, tidak baik jika tubuh kita terus difungsikan tanpa henti. Oleh karena itu, sediakanlah waktu untuk istirahat sejenak.

Di siang hari, ambil waktu 15 menit untuk memejamkan mata tanpa memikirkan apapun. Jangan gunakan waktu ini untuk berselancar di media sosial, ya. Lebih baik fokuskan untuk beristirahat. Jika takut kebablasan, atur pengingat 15 menit di ponselmu.

Saat malam hari, hindari kebiasaan begadang. Lebih baik ubah kebiasaan menjadi tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Jangan lupa pasang alarm. Dengan begitu, kamu bisa bangun dan fokus mengerjakan tugas-tugas.

Agendakan Liburan Seru!

Tips menjaga kesehatan mental terakhir ini tak kalah penting! Sebab salah satu cara menjaga kesehatan mental adalah dengan menghindari kondisi stres berat.

Salah satu obat stres yang mujarab adalah berlibur. Nah, jika kamu memang benar-benar lelah, tak ada salahnya untuk mengagendakan waktu liburan seru. Baik itu sendirian maupun bersama orang tersayang, jadikan momen liburan untuk melepas penat.

Kesehatan Mental - Vacation

Pilih destinasi yang tidak terlalu jauh agar kamu tidak kelelahan di jalan. Pilih juga lokasi-lokasi liburan murah dengan harga relatif terjangkau. Kamu bisa liburan tanpa harus bikin kantong kering!

Jangan lupa simpan kenanganmu dalam bentuk foto! Lalu cetak foto liburanmu lewat ID Photobook. Jasa cetak photobook berkualitas ini nggak diragukan lagi kualitasnya. Nggak perlu ribet, nggak perlu lama!

Nah itu dia 7 tips menjaga kesehatan mental yang perlu kamu tau. Meski kelihatannya sepele, jangan remehkan kondisi mental.

Jika kamu merasa terlalu berat dan kesulitan mengatasinya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog maupun dengan psikiater.

Baca juga: Sering Bikin Orang Salah Kira, Yuk Kenali Apa itu Stres!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *