Inilah Cara Cetak Foto Agar Tidak Pecah

Masalah yang biasanya terjadi saat mencetak foto berukuran besar salah satunya adalah hasil foto menjadi pecah. Mungkin hal tersebut membuat Anda kecewa karena saat dipreview di HP, kamera atau PC semua foto terlihat baik-baik saja. Sebelum menyalahkan jasa cetak fotonya karena hasil foto pecah, alangkah baiknya kita bahas sedikit beberapa penyebabnya.

Foto digital terbentuk dari kotak-kotak warna berukuran kecil yang disebut pixel. Jika jumlah pixel pada sebuah foto sedikit maka foto akan cenderung pecah jika diperbesar ukurannya. Jumlah pixel ini tergantung dengan kualitas kamera yang dipakai saat mengambil foto. Semakin besar resolusi atau kemampuan menangkap pixel pada kamera maka foto akan semakin bagus.

Lalu mengapa jika dilihat di HP foto terlihat bagus tapi setelah berada di PC dan dicetak menjadi pecah? Hal ini disebabkan karena foto yang terlihat disesuaikan dengan media preview nya. Layar HP terhitung sangat kecil ukurannya jika dibandingkan dengan layar PC. Oleh karena itu jika foto dari HP dilihat dalam PC, pixel foto akan menjadi lebih lebar dari ukuran yang sebenarnya dan hasilnya pecah.

Foto yang dihasilkan dari HP dan kamera akan berbeda secara kualitas karena resolusi kamera cenderung lebih bagus. Jika ingin mencetak foto dalam ukuran besar tetapi sudah terlanjur menggunakan HP, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengantisipasi hasil cetakan foto yang pecah:

Pakailah Aplikasi Editing Foto Dari HP

Banyak aplikasi editing foto yang tersedia di play store atau app store yang bisa Anda download untuk menambah resolusi, mempertajam atau menghaluskan foto sebelum di cetak. Anda dapat menggunakan Adobe Photoshop Express, Fix Photo Blur, Pixlr, Toolwiz Photos, Fix Blur and Sharpen Images untuk memperhalus foto dan untuk memperbesar resolusi dapat menggunakan Photo & Picture Resizer. Anda tak perlu bingung bagaimana menggunakan aplikasi tersebut karena ada banyak petunjuk di dalam aplikasi yang bisa Anda pelajari.

Baca Juga  Cara Sukses Mengambil Foto dengan Obyek Bergerak

Jangan Gunakan Fasilitas Chatting Untuk Mengirimkan Foto!!

Menggunakan fasilitas chatting Whatsapp, Line, atau BBM untuk mengirimkan foto memang sangat memudahkan. Tapi jika Anda menginginkan hasil foto tidak pecah jangan sekali-kali melakukannya. Kenapa? Karena saat mengirimkan foto menggunakan fasilitas chatting tersebut secara otomatis resolusi akan menurun dan pecah. Anda dapat menggunakan cara lain, jika ingin menggunakan fasilitas internet yaitu mengirimkan foto via email. Walaupun tak secepat mengirim foto menggunakan fasilitas chatting, mengirimkan foto menggunakan email tidak akan mengurangi resolusi.

Gunakan Fasilitas Bluetooth Untuk Mengirim Foto

Cara lain juga bisa Anda lakukan tanpa harus mengurangi resolusi yaitu dengan menggunakan fasilitas bluetooth di HP Anda. Biasanya, PC yang khusus untuk cetak foto sudah dilengkapi dengan fasilitas bluetooth sehingga itu sangat memudahkan Anda mengirimkan foto dengan HP. Jika semua cara yang sudah disebutkan di atas tidak memungkinkan untuk Anda lakukan, Anda dapat menggunakan bantuan kabel data atau card reader sebagai perantara transfer foto ke PC.

agar foto tidak pecah saat dicetak

Anda dapat langsung menggunakan cara di atas sebelum mencetak foto-foto terbaik Anda. Namun, jika Anda tidak mau direpotkan dengan mengedit foto atau memperbesar resolusi foto, Anda dapat dengan mudah mempercayakan cetak foto Anda di ID Photobook. Saat Anda memutuskan untuk mencetak foto di ID Photobook, Anda hanya butuh mengirimkan foto melalui link khusus yang tersedia dan jangan khawatir, pengiriman tersebut tidak akan menurunkan resolusi foto.

Baca Juga  Tips Memotret Sambil Melakukan Pendakian di Gunung

Sebelum foto dicetak, foto akan dicek satu per satu oleh tim khusus ID Photobook. Jika sekiranya ada foto yang mempunyai resolusi kecil maka ID Photobook akan berusaha membuat foto Anda tetap terlihat bagus saat dicetak seperti dengan menempatkannya pada desain yang sesuai. Bahkan ID Photobook akan mencerahkan foto Anda 2x lipat agar kualitas semakin baik. Jadi, Anda tidak perlu ragu saat ingin mencetak foto yang resolusinya biasa saja, dengan mempercayakan ID Photobook segala permasalahan cetak foto akan mudah diatasi.

 

What do you think of this post?
  • Sucks ()
  • Boring ()
  • Useful ()
  • Interesting ()
  • Awesome ()

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.