Jalan-Jalan ke Gedung Tua : Lawang Sewu

Jalan-Jalan ke Lawang Sewu – Anda sedang berada di Semarang? Wah, wajib wisata kuliner ya! Selain itu banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi lho. Salah satu gedung yang terkenal adalah Lawang Sewu.

Gedung Lawang Sewu ini terletak di tengah kota. Tepatnya di seputaran Tugu Muda, tidak terlalu jauh dari Kantor Gubernur Jawa Tengah. Para pelancong yang ingin berkunjung ke sana tidak akan mengalami kesulitan untuk mencapai tempat ini.

Nama Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa, yang artinya seribu pintu.

Nama ini diberikan karena gedung ini memiliki banyak ruangan, yang berarti memiliki banyak pintu dan jendela. Meskipun demikian, jumlah pintu yang ada sebenarnya tidak mencapai seribu buah.

Pada awalnya, di jaman penjajahan VOC, gedung ini merupakan gedung pusat administrasi kereta api Jawa Tengah. Gedung ini terbagi menjadi 3 bgian, yaitu gedung A, B, dan C. Sampai sekarang kita masih bisa melihat berbagai benda, seperti peralatan dan foto-foto, yang berhubungan dengan administrasi kereta api di sana.

Setelah VOC terusir dari Indonesia dan digantikan dengan penjajahan Jepang, gedung ini diubah fungsinya menjadi tempat penahanan para pejuang kemerdekaan. Ada ruang bawah tanah yang khusus digunakan untuk tempat penahanan dan (kabarnya) ruang penyiksaan bagi para tahanan. Dan tentu saja, pastinya ada pula pembantaian para tahanan yang dilakukan di sana.

Baca Juga  Tempat Wisata Recommended di Kalimantan

Salah satu pejuang kemerdekaan yang pernah ditahan di sana adalah Samanhudi. Riwayat hidup dari tokoh pergerakan nasional ini tertulis di satu bagian dinding Lawang Sewu.

Karena dulunya sempat menjadi kamp penahanan dan juga tempat pembantaian tahanan, tentu saja muncul cerita-cerita mistis disana. Kabarnya sering terlihat penampakan di dalam gedung itu di malam hari. Wujudnya bermacam-macam dan menakutkan. Banyak orang berpendapat, penampakan itu adalah roh-roh para tahanan di masa perang, yang ditahan, disiksa, dan dibunuh di sana. Hingga sekarang jiwanya belum tenang, dan menghantui Lawang Sewu.

Jika dilihat di malam hari, memang wujud gedung ini terlihat begitu mistis.

Suasana ini juga didukung dengan diangkatnya kisah tentang gedung ini di salah satu stasiun televisi nasional. Bahkan tempat ini beberapa kali dijadikan lokasi ajang uji nyali. Semua acara tersebut memperkuat gambaran Lawang Sewu sebagai tempat yang mistis.

Jika Anda berkunjung ke sana, Anda akan menemukan banyak seniman karikatur dan juga guide. Mereka akan menceritakan berbagai kisah tentang Lawang Sewu pada Anda. Termasuk kisah tentang ruang tahanan bawah tanahnya. Bahkan pihak pengelola dan guide juga mengadakan program tur ruang bawah tanah di malam hari. Anda yang senang menguji nyali pasti akan tertarik mengikutinya.

Karena merupakan gedung kuno dari jaman Belanda, gedung ini merupakan obyek foto yang menarik.

Jadi jika Anda berkunjung, jangan lupa untuk mengambil gambar sepuas hati. Ada banyak spot di sana yang akan sangat bagus untuk jadi latar foto Anda.

Baca Juga  JALAN JALAN KE GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA

Berjalan-jalan tanpa berfoto adalah hal tang tabu saat ini, foto tentunya lebih terkenang jika dicetak dalam bentuk album foto yang keren dan elegan.

Anda tertarik? Anda bisa klik IDPHOTOBOOK. Di sana banyak desain produk yang bisa Anda lihat dan pilih. Pilih desainmu, cetak foto-fotomu, dan photobook keren siap Anda pamerkan ke keluarga dan teman.

What do you think of this post?
  • Sucks ()
  • Boring ()
  • Useful ()
  • Interesting ()
  • Awesome ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.