Jalan-Jalan ke Pantai : Pantai Kukup, Yogyakarta

Jalan-Jalan ke Pantai : Pantai Kukup, Yogyakarta – Pernahkah Anda terpikir untuk berlibur ke pantai di Yogya? Sudah punya rencana ingin ke pantai mana? Kalau tertarik, Anda bisa berwisata ke Pantai Kukup. Pantai ini indah dan cukup unik lho!

Pantai Kukup adalah salah satu dari jajaran pantai di Gunungkidul.  Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini masih ada dalam satu jajaran dengan Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, dan lain-lain.

Seperti pada umumnya jajaran pantai di Gunungkidul, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang membentang luas. Kemudian di bibir pantai terdapat lantai karang yang menjorok ke selatan. Di sekitar hamparan pasir berkelklkng bukit-bukit kecil. Jika air laut sedang surut, di lantai karang kita bisa melihat berbagai biota laut dan terumbu karang.

Jika ingin bermain air atau mandi di pinggir pantai, Pantai Kukup ini sangat memadai. Meskipun berada di jajaran Pantai Selatan yang biasanya berombak kuat dan besar, di pantai ini ombaknya cukup tenang. Hal ini dikarenakan ombak yang datang sudah terpecah karena terbentur lantai karang, sehingga ombak besar tidak akan sampai ke pinggir pantai.

Baca juga : Jalan-Jalan ke Gedung Tua : Lawang Sewu

Tapi Anda tetap harus hati-hati, karena permukaan lantai karang ini tidak rata, dan banyak terumbu karang yang cukup tajam sehingga mampu melukai kaki kita.

Baca Juga  Jalan-Jalan ke Gedung Tua : Lawang Sewu

Ciri khas yang membuat pantai ini menarik adalah adanya sebuah pulau karang di sebelah timur pantai. Pulau yg disebut Jumino oleh pengelola ini terletak tidak jauh dari tebing pantai, dan ada sebuah jembatan yang menghubungkan pulau dengan tebing. Sehingga pengunjung bisa menyeberang dengan mudah. Jalan menuju ke jembatan itu menyusuri tebing, dan memberikan pemandangan yang indah juga.

Di pulau karang itu terdapat sebuah bangunan seperti gazebo, yang bisa digunakan sebagai gardu pandang untuk menikmati pemandangan di Pantai Kukup. Pemandangan sunset juga dapat disaksikan begitu indah di sini. Letak pulau ini sedikit ke selatan, sehingga saat sunset tidak terhalangi oleh bukit yang ada.

Karena pantai ini sudah cukup terkenal, fasilitas umum di pantai ini cukup lengkap tersedia. Toilet dan kamar mandi umum, tempat parkur, dan tempat ibadah sudah ada. Ada pula beberapa fasilitas lain, seperti tempat penginapan, warung makan, serta penjual souvenir.

Tempat ini juga cukup memadai untuk Anda yang memiliki hobi memancing. Anda dapat memancing di pinggir pantai. Atau bagi Anda yang gemar memelihara ikan laut, ada beberapa penjual ikan laut juga di sini.

Menarik sekali bukan? Tempat ini menjanjikan banyak spot menarik untuk berfoto. Dijamin hasil foto Anda keren-keren. Dan akan lebih keren lagi kalau dicetak jadi photobook di idphotobook. Banyak promo juga lho di sana. Tunggu apa lagi?

Baca Juga  JALAN JALAN KE GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA

What do you think of this post?
  • Sucks ()
  • Boring ()
  • Useful ()
  • Interesting ()
  • Awesome ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.