19. Sering Bikin Orang Salah Kira, Yuk Kenali Apa itu Stres!

Sering Bikin Orang Salah Paham, Yuk Kenali Apa Itu Stres!

Stres – Stres sering kali dikaitkan dengan gangguan kejiwaan kronis seseorang yang memerlukan bantuan pengobatan dan perawatan khusus. Namun sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan stres?

Stress adalah respon alami tubuh saat Anda mengalami perubahan tertentu maupun saat Anda mendapat ancaman. Utamanya stres muncul ketika tubuh menerima tekanan yang lebih besar dari kemampuan Anda.

Siapapun dapat mengalami atau merasakan stres. Baik orang dewasa dengan segudang permasalahannya, kakek nenek yang memasuki masa pensiun, hingga anak usia sekolah dan balita.

Baca juga: Destinasi Liburan Unik Ini Cuma Ada di Indonesia!

Penyebab Stress

Kondisi stress dapat disebabkan oleh pengaruh eksternal dan internal individu. Persoalan seperti masalah keluarga dan keuangan, kerenggangan pertemanan dan hubungan sosial, hingga patah hati dapat menjadi faktor eksternal penyebab stress.

Sedangkan faktor internal jauh lebih beragam dan jauh lebih sering memicu terjadinya kepenatan. Faktor internal antara lain adanya sakit menahun, patah hati, pengelolaan emosi yang kurang baik, hingga kepribadian serta motivasi dalam diri Anda sendiri.

Gejala Stres

Saat sedang tertekan, biasanya tubuh Anda akan menunjukkan gejala tertentu. Meski setiap orang belum tentu sama, tubuh tetap menunjukkan sinyal yang mengatakan bahwa Anda tidak sedang baik-baik saja.

Perubahan Emosi

Gejala stres dapat ditandai dengan perubahan emosi yang signifikan. Anda menjadi mudah gusar, frustasi, hingga perubahan suasana hati yang ekstrem (mood swing). Anda bisa menjadi sangat bersemangat namun kemudian merasa sangat lelah.

Tidak sedikit pula seseorang merasa kesepian, rendah diri, kebingungan, hingga bahkan depresi. Perubahan emosi ini pada akhirnya membuat orang menarik diri dari lingkungan sekitarnya.

Nah, akan lebih baik jika Anda mulai berhati-hatilah menilai perasaan Anda. Terutama bila Anda mulai merasakan emosi yang meledak-ledak, mungkin itu pertanda tubuh sedang memberikan sinyal bahwa Anda sedang tidak baik-baik saja.

Gangguan Pada Kemampuan Kognitif

Ciri-ciri stress selanjutnya adalah munculnya gangguan dan perubahan pada kemampuan kognitif seseorang. Apabila Anda merasa sulit berkonsentrasi dan berpikir positif, bisa jadi Anda sedang tertekan dan butuh hiburan.

Stress - Gejala Emosi

Tekanan dapat menimbulkan kondisi dimana daya ingat menurun. Daya ingat menurun dapat menimbulkan rasa rendah diri sebagaimana gambaran pada gejala perubahan emosi. 

Gangguan Pada Kondisi Fisik

Dibanding sebelumnya, gejala kepenatan berupa gangguan fisik biasanya lebih menonjol dan dapat dirasakan langsung oleh tubuh. Sebab gejala stress pada kondisi fisik ini menimbulkan rasa sakit yang mengganggu bagi penderita.

Gangguan tersebut antara lain nyeri pada kepala seperti migrain, pusing, dan kepala tegang. Gejala lain dapat timbul pada organ pencernaan dimana Anda bisa merasa mual dan juga sembelit.

Parahnya stress dapat memicu otot tubuh menjadi tegang sehingga Anda mudah lelah dan pegal. Di sisi lain, kondisi tertekan juga bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan membuat Anda rentan terkena flu dan demam.

Perubahan Perilaku

Gejala berupa perubahan perilaku ini biasanya paling dirasakan oleh orang-orang sekitar. Tak hanya terkait pola makan yang menjadi tidak teratur, perubahan perilaku seseorang bisa berubah begitu drastis.

Perubahan perilaku ini terlihat dari sikap mencari pelampiasan untuk bisa melepaskan tekanan yang menghimpit. Di antaranya dapat berupa kebiasaan menggigit kuku, mondar-mandir, hingga menggerakkan bagian tubuh tertentu tanpa sadar. Pada kondisi yang semakin parah, seseorang dapat mengalami perubahan kebiasaan seperti mengkonsumsi rokok, alkohol, dan penyalahgunaan narkotika.

Cara Mengatasi Stress

Setelah memahami tekanan dan kepenatan beserta gejalanya, kini saatnya Anda mempelajari stress relief. Stress relief adalah cara mengatasi stress. Melihat pemicunya yang beragam maka cara untuk mengatasi tekanan itu juga beragam.

Untuk mengatasi ketegangan Anda bisa mengambil sikap rileks dan ‘menerima’ perubahan situasi yang ada. Mengatasi tekanan juga dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat. Seperti rajin berolahraga, diet yang sehat, hingga latihan pernafasan dan relaksasi.

Yang jarang diketahui orang, mengurangi stress dapat dilakukan dengan cara mengatur pola tidur. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Meski rasanya mustahil pastikan Anda bisa tidur lebih dari 6 jam sehari.

Tidur merupakan saat bagi otak untuk beristirahat. Dengan tidur, tubuh Anda pun memiliki waktu untuk beristirahat. Tidur berkualitas juga membuat badan rileks dan siap menghadapi hari.

Stress - Fidget Cube

Cara lain untuk mengobati kepenatan juga bisa dengan memainkan stress relief toys. Stress relief toys merupakan objek yang dapat dimainkan untuk melepas dan meredakan kepenatan. Misalnya stress ball, fidget spinner, dan fidget cube. Namun beberapa orang mengaku memecahkan bubble wrap juga menjadi pelepas penat yang baik untuk mereka.

Melepas Penat dengan Liburan Seru

Terakhir, cara paling ampuh untuk melepas rasa penat adalah dengan berlibur. Mengambil waktu sejenak untuk me-time di rumah maupun tempat wisata yang tenang bisa menjadi pilihan. Luangkanlah waktu untuk melepas beban kerja dan masalah kantor dengan liburan ke Dieng maupun ke tempat seru lainnya.

Kemanapun tujuan liburan kamu untuk melepas lelah, jangan lupa abadikan momen spesial itu dalam kamera digital. Setelah kembali ke rumah, jangan lupa langsung cetak dalam album foto di ID Photobook!

Jasa cetak foto ini menyediakan layanan cetak photobook berkualitas. Gambar cetaknya dijamin lebih tajam dan awet. Pastinya kenangan serumu bisa terabadikan dengan sempurna. Mencetaknya dalam foto album memudahkan untuk mengenang momen berharga Anda di hari tua nanti.

Baca juga: Liburan Murah Ke  Luar Negeri? Bisa! Ikuti Tips dan Triknya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *