12. Makanan Darah Tinggi 5 Makanan Bantu Kontrol Darah Tinggi

Makanan Darah Tinggi? 5 Makanan Bantu Kontrol Darah Tinggi

Makanan Darah Tinggi – Kesehatan memang menjadi salah satu topik yang kerap diperbincangkan belakangan ini. Topik kesehatan yang cukup kerap diperbincangkan salah satunya adalah bagaimana mengontrol darah tinggi.

Darah tinggi sendiri bukan merupakan topik yang baru dalam dunia kesehatan. Darah tinggi merupakan salah satu hal yang berbahaya bagi tubuh, terutama dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan penyakit berat lainnya seperti stroke atau penyakit jantung.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan darah tinggi, salah satunya adalah melalui hidup sehat. Hidup sehat untuk mengurangi tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan darah tinggi yang harus dihindari atau dengan kata lain mengonsumsi makanan mengurangkan darah tinggi.

Buat kamu yang sudah ga sabar untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat membantumu mengontrol darah tinggi, yuk simak 5 makanan dan minuman berikut yang dapat membantu menurunkan tekanan darahmu!

Baca juga: Nggak Bisa Ke Gym Saat Pandemi? Yuk Jaga Kesehatan Di Rumah

Sayuran Hijau

Makanan turunkan darah tinggi yang pertama adalah sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung banyak zat yang cocok bagi kamu yang mengidap darah tinggi seperti potasium, kalium, dan magnesium.

Beberapa zat tersebut dapat membantumu mengurangi darah tinggi loh, seperti potasium yang dinilai dapat membantu ginjal mengeluarkan sodium melalui urin, sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darahmu.

Jangan lupa untuk memilih sayuran hijau yang masih segar untuk membantumu mengurangi darah tinggi, selain itu konsumsi lah sayuran hijau setiap hari atau paling tidak sesering mungkin.

Yogurt dan Susu Skim

Yogurt dan susu merupakan minuman yang sudah lama dikenal baik bagi tubuh. Yogurt dan susu skim merupakan salah satu sumber kalsium yang tinggi dan juga memiliki kadar lemak yang rendah.

Tingginya kalsium dan rendahnya lemak dari kedua minuman tersebut dapat membantu mengontrol tekanan darahmu menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan. Terkhusus yogurt, ia dinilai mengandung probiotik yang tinggi sehingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

Makanan Darah Tinggi - Yoghurt

Kamu bisa mengonsumsi kedua minuman di atas setiap harinya untuk membantu mengontrol tekanan darahmu loh. Untuk yogurt, kamu juga dapat memilih varian rendah lemak karena dinilai lebih baik untuk kesehatan tubuhmu.

Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah lemak, dan juga rendah natrium. Kandungan tersebut dinilai dapat membantu mengontrol tekanan darahmu.

Oatmeal biasanya sering dikonsumsi pada pagi hari untuk memulai hari agar menjadi lebih bertenaga. Jika kamu tidak dapat mengonsumsi oatmeal karena rasanya, kamu juga dapat memakannya dengan makanan lain loh, seperti halnya mengkonsumsi oatmeal dengan buah.

Cokelat Hitam

Menurut sebuah penelitian, coklat hitam dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi. Cokelat hitam juga dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba coklat untuk membantu mengurangi tekanan darah, dianjurkan untuk mengkonsumsi coklat dengan kandungan kakao lebih dari 60%. Jika kamu tidak kuat dengan rasa pahitnya, kamu dapat mengkonsumsi coklat hitam dengan yogurt juga loh!

Ikan yang Mengandung Zat Omega-3

Ikan dinilai sebagai salah satu sumber protein yang terbaik dan dapat dengan ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, terutama ikan yang mengandung zat omega-3.

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi ikan yang mengandung zat omega-3 seperti salmon sebanyak 3 kali dalam satu minggu dapat menurunkan tekanan darah diastolik selama delapan minggu.

Makanan Darah Tinggi - Ikan yang Mengandung Zat Omega-3

Meskipun baik untuk tubuh, pengolahan ikan dengan penambahan garam yang berlebihan juga berbahaya bagi tubuhmu loh. Perhatikan penggunaan garam ketika kamu mengolah ikan ya!

Nah itu dia Itulah daftar makanan yang dapat membantumu mengontrol tekanan darah! Jadikan makan di atas sebagai menu harian supaya kamu tekanan darahmu bisa terkontrol. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga: Bukan Alasan Malas Gerak, Ini 7 Tips Olahraga Saat Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *