10. Masih Sering Dianggap Remeh, Apa Itu Kesehatan Mental

Masih Sering Dianggap Remeh, Apa Itu Kesehatan Mental?

Kesehatan Mental – Sama seperti kesehatan fisik, kamu juga perlu menjaga kesehatan mental. Jika olahraga dan makan makanan sehat membantu menjaga kesehatan fisik, lantas bagaimana dengan kesehatan mental?

Kesehatan mental seseorang sangat berkaitan dengan diri sendiri dan nantinya berkaitan dengan kemampuan individu untuk memaksimalkan potensi. Kesehatan mental tercermin dari kemampuan individu beradaptasi pada lingkungan baru, kepercayaan diri, serta menghadapi masalah.

Meski sudah banyak artikel kesehatan mental yang beredar, namun topik ini tak pernah habis untuk dibahas. Pentingnya kesehatan mental menjadi alasan seringnya topik ini dibahas.

Baca juga: Bisa Berujung Depresi! Yuk Pelajari Akibat Stres Pada Remaja

Apa yang Dimaksud Kesehatan Mental?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya mengenali apa yang dimaksud dengan kesehatan mental. Kesehatan mental adalah kondisi dimana mental seseorang merasa tenang, nyaman, dan dapat memaksimalkan potensinya.

Dengan demikian, orang dengan kesehatan mental yang baik dapat mengatasi tekanan dan berfungsi secara produktif. Sebaliknya, ketidaksehatan mental berhubungan dengan kondisi seseorang yang merasa tidak nyaman untuk melakukan sesuatu.

Seringkali terminologi kesehatan mental masih digunakan untuk menyebut orang-orang dengan gangguan atau kondisi ketidaksehatan mental. Padahal penggunaan istilah ini kurang tepat untuk menyebut adanya gangguan atau masalah pada kesehatan mental.

Apa Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental akan sulit berkomunikasi dan terhubung’ dengan dunia di sekelilingnya. Ia cenderung menjadi tidak produktif, bahkan kesulitan untuk merawat diri.

Bak dua sisi koin, kesehatan fisik dan kesehatan mental harus dijaga dengan baik. Selain makan makanan sehat dan olahraga teratur, penting juga untuk tidur yang cukup serta menjaga interaksi positif.

Sayangnya, kesadaran tentang kesehatan mental di Indonesia masih sangat rendah, utamanya kesehatan mental remaja. Lebih sering orang yang tidak sehat mental justru dianggap lemah dan sedang ‘mencari perhatian’.

Hal-hal Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental

Setelah mengetahui arti pentingnya, ada baiknya memahami hal-hal yang mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Kesehatan mental dipengaruhi oleh kondisi sekitar individu, faktor genetik, stress, serta riwayat yang dimiliki.

Kondisi sekitar individu bermakna adanya masalah yang berlarut-larut seperti masalah kehilangan pekerjaan, kondisi keuangan, merawat orang sakit, dan juga diskriminasi. Sedangkan faktor genetik dapat berupa kelainan pada senyawa otak.

Kesehatan Mental - Hal-hal Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental juga dapat dipengaruhi oleh adanya riwayat kekerasan maupun penggunaan narkotika terlarang. Perasaan terisolasi, trauma pasca peperangan dan kecelakaan juga dapat mempengaruhi kondisi seseorang.

Pencegahaan Adalah Langkah Awal Yang Penting

Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik dari mengobati. Oleh karenanya sangat penting untuk mengetahui langkah-langkah pencegahan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan mental. Pertama, mulailah untuk memaafkan diri sendiri dan melakukan aktifitas olahraga. Berpikiran positif dan kelilingi diri dengan orang-orang berpikiran positif.

Namun demikian, jangan sampai terjebak dalam lingkaran toxic positivity. Yakni kondisi dimana seseorang berada dalam lingkungan positif yang berlebihan. Dimana apapun yang berlebihan juga tak baik.

Jangan lupa belajar untuk lebih memahami diri sendiri. Jangan mengandalkan orang lain untuk mengerti, namun jadilah sosok yang paling mengerti diri sendiri.

Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Masih ada harapan untuk penderita gangguan kesehatan mental. Dengan perawatan khusus yang intensif, sangat mungkin bagi mereka untuk kembali sehat seperti sedia kala.

Salah satunya adalah dengan melakukan terapi rutin. Lakukan konsultasi rutin dengan psikolog atau psikiater. Konsultasi ini diharapkan dapat membantu individu mencari jalan keluar dari permasalahan mereka.

Kesehatan Mental - Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental

Selain itu dapat dilakukan dengan konsumsi obat dan mengikuti support group. Secara pribadi orang dengan gangguan kesehatan mental juga dapat menyusun target-target kecil agar kembali memiliki tujuan.

Nah itu dia gambaran singkat tentang kesehatan mental dan gangguan kesehatan mental. Semoga cukup mudah dipahami, ya.

Baca juga: Stres Pada Remaja: Kenali Tanda, Penyebab, dan Solusinya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *