Menjaga Peliharaan di Malam Tahun Baru Agar Tidak Ketakutan

Pemilik hewan peliharaan saat tahun baru biasanya was was peliharaannya akan stress dan terganggu oleh suara kembang api yang jedar jeder mengagetkan.

Hewan yang ketakutan itu dapat memiliki trauma dan bersikap aneh beberapa hari berikutnya jika tidak ditangani dengan baik lho, Idphotobook punya tips nih untuk melewati tahun baru bersama hewan kesayangan Anda

Cetak Foto Liburan Lebih Asyik ? Klik Idphotobook.com

  • Masukan Ke Dalam Rumah Setelah Hari Gelap

Orang mulai menyalakan petasan itu umumnya menjelang petang sampai pagi ,meski tidak menutup kemungkinan disiang harinya juga , tapi sebagai patokan pastinya alangkah lebih baik Sobat Meongers memasukan kucing-kucingnya sebelum petang. Pastikan mereka semua ada didalam dari sore hingga pagi esoknya dan tutup semua pintu, jendela, tirai dan semua akses lubang yang bisa membuat mereka keluar lagi. Kenapa hal ini harus dilakukan ?

Kucing  jika sedang ketakutan oleh kembang api dan petasan mereka bisa berlari tanpa kendali. Hal itu akan berbahaya jika didekat lalu lintas yang sedang ramai, mereka juga kalau sedang panik bisa naik kelokasi yang lebih tinggi (pohon/bangunan) untuk menyembunyikan diri hingga tanpa sadar mereka tidak mampu untuk turun kembali (terjebak diatas). Disamping itu berada didalam rumah bisa sedikit meredam suara yang mengagetkan dari petasan dan kembang api sehingga mengurangi resiko terkena stress yang bisa berdampak pada kesehatannya.

  • Ajak Bermain di Siang Hari (ekstra) 

Fungsinya agar pada malam hari kondisi badannya sudah letih sehingga mudah untuk tidur dengan lelap. Apabila dihari biasa kamu hanya meluangkan waktu sekitar 5-10 menit bermain dengan mereka, khusus untuk mencegah stress dimalam harinya kamu setidaknya perlu bermain dengan ekstra waktu tambahan sekitar  15-20 menit disiang atu sore hari agar mereka benar-benar capek.

Itu demi kebaikan hewan peliharaan kita. Khusus bagi pemilik anjing, kamu bisa mengajaknya berjalan-jalan dengn route yang lebih jauh. Hanya saja pastikan rute yang akan kamu tempuh tersebut bebas dari ancaman bunyi petasan atau mendadak ada kembang api roket yang meluncur tepat  diatas kepala anjing seingga akan mengagetkan mereka.

  •  Jangan Tinggalkan mereka

Mungin kamu akan tergoda untuk melihat pemandangan diluar. Silakan saja dilakukan kecuali kalau ingin melihat kucingmu menjadi lebih stress akibat ditinggal kucing besarnya” dalam kondisi seperti ini (ketakutan,panik, kaget). Mereka itu tidak bisa sendirian mengatasi suara-suara yang tidak biasa dan hiruk-pikuknya keadaan disekitar ( ingat lho, indera pendengaran mereka lebih tajam dari kita). Kehadiran kita sebagai ownernya sangat dibutuhkan oleh mereka sebagai media “mengamankan diri,pengayom, pemberi ketenangan” yang sedang takut dan bingung dengan situasi diluar.

Cetak Foto Liburan Lebih Asyik ? Klik Idphotobook.com

Saat mereka sedang mencari kenyamanan entah itu dengan bersandar diperutmu, meringkuk dipojokan dan yang lainnya kamu sebisa mungkin tunjukan sikap wajar dan tenang sehingga dalam pandangan kucing situasinya sekarang sudah tenang dan aman, meski khawatir itu tetapi hal itu bukan sesuatu yang harus ditakuti. Jikapun harus pergi karena ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan alternatifnya kamu bisa menyetel radio/musik dengan kencang didalam ruang kamarmu (penjelasan ada di point 4) namun perlu dipertimbangkan kembali efek yang terjadi dengan tetanggamu.

  • Bangun Atmosfer Kondusif

Saat frekuensi ledakan terjadi lebih sering, kamu harus berada didekatnya, alihkan perhatian dengan bermacam kegiatan didalam ruang seperti menonton film action. Karena hal itu bisa membantu mereka berfikir bahwa suara ledakan yang mengagetkan itu berasal dari film yang ada didalam Laptop atau TV kamu (karena ada adegan kebut-kebutan, tabrakan, ledakan dll )

Khusus untuk anjing, saat suara ledakan terjadi tolong jangan ikut-ikutan berteriak, karena hal itu percuma dilakukan dan justru akan memperburuk situasi baginya. Ditambah lagi JANGAN DIELUS dan JANGAN DIPELUK karena dalam prespektif mereka selalu ada konsep “ rewarding” atau hadiah atas perilaku.

Cetak Foto Liburan Lebih Asyik ? Klik Idphotobook.com

Artinya jika anjing merasa ketakutan dan panik lalu kita elus atau peluk (berniat untuk menenangkan) maka bagi mereka hal itu akan diterjemahkan sebagai tanda diperbolehkan atau mendapat persetujuan/perlindungan dari sang Owner. Hal ini SALAH ! tetaplah bersikap tenang, ajak bercanda, beri mereka tatapan teduh dan tanpa elusan dan apabila bunyi Petasan dan kembang api sudah mereda lalu mereka sudah tampak tenang, kamu bisa memberikan “reward” dengan mengelus serta mengucapkan “Good Job” karena ini bisa membangun kepercayaan diri mereka.

Ternyata kembang api tidak hanya selalu menjadi ikon perayaan tahun baru saja. Ada juga beberapa peringatan keagamaan atau pesta yang menyuguhkan kembang api. Jenis dari kembang api pun bermacam-macam. 

Mulai dari yang sederhana hingga yang mahal seperti saat penutupan pesta olimpiade. Selain memberikan rasa kegembiraan karena percikannya, kembang api juga menyimpan fakta yang tidak kalah menarik. Apa sajakah fakta tentang api yang belum kamu ketahui? 

Berikut adalah fakta tentang kembang api yang harus kamu tahu dikutip dari Smithsonian Mag

1. Kembang api hanyalah hasil reaksi kimia
Ada tiga komponen utama penyusun kembang api. Mereka adalah oxidizer, bahan bakar dan campuran bahan kimia lainnya. Oxidizer berfungsi memecahkan ikatan kimia yang ada pada bahan bakar. Dengan bantuan sulutan api, maka kembang api bisa mengeluarkan percikan api. 

Cetak Foto Liburan Lebih Asyik ? Klik Idphotobook.com

2. Warna percikan kembang api dihasilkan dari bahan yang berbeda
Ramuan kembang api disusun oleh unsur logam. Cahaya atau percikan kembang api disebabkan oleh unsur logam yang terbakar. Itulah mengapa masing-masing unsur logam menghasilkan warna percikan tersendiri. Sebagai contoh, strontium dan lithium menghasilkan warna merah tua. Sedangkan warna kuning dihasilkan oleh unsur natrium. 

3. Kembang api merupakan racun
Penyebab utama benda ini beracun adalah bahan penyusunnya. Menyalakan kembang api bisa menghasilkan dioksin, logam berat, dan polusi udara. Apalagi unsur barium nitrat yang ada di kembang api. Zat ini bisa menyebabkan masalah paru-paru. 

Cetak Foto Liburan Lebih Asyik ? Klik Idphotobook.com

4. Kembang api bisa mengganggu gerak-gerik hewan
Banyak hewan yang merasa terganggu dengan suara dan percikan kembang api. Seperti kucing misalnya. Hewan yang lucu ini bisa saja bersembunyi jika mendengar atau melihat percikan kembang api. Selain itu, kembang api juga bisa mengagetkan burung dan membingungkan kemana burung harus terbang. 

5. Darimanakah sumber suara kembang api?
Tidak hanya mengeluarkan percikan warna-warni saja, kembang api juga mengeluarkan suara letusan. Lapisan garam dan kombinasi oxidizer kalium perklorat membakar setiap lapisan kembang api. Lalu secara perlahan-lahan melepaskan gas dan menyebabkan suara letusan. Suara keras dari kembang api juga dihasilkan dari bubuk titanium.

Ingin memiliki photobook yang dapat menyimpan semua kenangan berharga Anda secara maksimal? Kekinian dan seperti punya artis?

Cetak Foto Liburan Lebih Asyik ? Klik Idphotobook.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.