Nggak Bisa Ke Gym Saat Pandemi Yuk Jaga Kesehatan Di Rumah

Nggak Bisa Ke Gym Saat Pandemi? Yuk Jaga Kesehatan Di Rumah

Kesehatan – Meskipun kamu di rumah saja selama pandemi, hidup sehat tidak boleh dilupakan. Menjaga kesehatan sangat penting di masa pandemi ini. Tubuh yang sehat dan kuat dapat mengurangi resiko kamu untuk terkena virus Corona.

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap kuat dan bugar. Selama pandemi banyak tempat-tempat berolahraga dan gym tutup, begitu juga tempat-tempat umum seperti taman.

Kamu bingung mau olahraga dimana? Tidak usah bingung, kamu bisa loh olahraga di rumah kamu sendiri. Berolahraga di rumah menjadi pilihan untuk tetap menjaga kesehatan selama pandemi. Tidak usah perlu keluar, cukup di dalam rumah atau di halaman rumah kamu sudah bisa berolahraga.

Mau tau olahraga apa saja yang bisa kamu lakukan di rumah? Yuk simak tips olahraga di rumah berikut. 

Baca juga: Bukan Alasan Malas Gerak, Ini 7 Tips Olahraga Saat Pandemi

Yoga

Olahraga yang aman untuk dilakukan adalah yoga. Kamu tidak usah keluar rumah, bisa di dalam rumah atau di halaman rumah. Cukup sediakan tempat datar dan alas untuk yoga.

Yoga bisa mengurangi nyeri sendi, melatih otot, menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar peredaran darah, melangsingkan perut, mengurangi stres, dan masih banyak lagi.

Yoga tidak hanya untuk wanita, tetapi juga pria. Kamu bisa memulai dari yoga dasar dan terus sampai tingkat yang lebih lanjut, sesuai dengan kemampuan kamu. Kamu bisa cari video di youtube untuk lebih lanjut.

Plank

Kamu semua pasti tahu plank. Plank kelihatan simple tapi sulit untuk dilakukan. Kamu butuh usaha lebih untuk melakukan olahraga ini. 

Kesehatan - Plank

Manfaat dari plank adalah memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas badan, dan juga memperkuat otot.

Untuk melakukan plank kamu cuma butuh alas matras atau tanpa alas pun bisa. Yang penting lantai rata. Ada macam-macam variasi plank, kamu bisa memilih yang nyaman untuk dilakukan sesuai dengan yang kamu suka. 

Senam AerobikĀ 

Senam aerobik adalah salah satu olahraga yang kamu bisa lakukan di rumah. Tidak perlu alat apapun, hanya badan kamu sendiri. Tapi kamu bisa juga memutar lagu untuk menambah semangat senam.

Senam aerobik juga bisa dilakukan bersama anggota keluarga lainnya. Aktivitas olahraga kamu pun semakin menyenangkan bersama keluarga. Selain sehat, kamu juga semakin dekat dengan keluargamu.

Untuk cara senam aerobik, kamu bisa mencari di youtube instruksi-instruksi senam. Kamu bisa memilih salah satu video dan mengikuti gerakan dari instruktur senam tersebut.

Lompat Tali

Olahraga lompat tali atau lebih dikenal dengan nama skipping adalah olahraga yang cocok dilakukan di rumah. Olahraga ini hampir mirip dengan jumping jack, tapi kamu membutuhkan alat bantu tali untuk melompat.

Kesehatan - Lompat Tali

Manfaat dari lompat tali adalah memperkuat otot kaki, memperkuat jantung , meningkatkan koordinasi badan.

Jumping Jack

Jumping jack juga cara berolahraga di rumah yang aman untuk dilakukan. Kamu cukup punya sepatu olahraga yang nyaman dan kamu bisa melakukannya.

Manfaat dari jumping jack adalah mengurangi resiko penyakit jantung, memperkuat otot paha, otot betis, bokong, dan bahu.

Cara melakukan jumping jack adalah kamu melompat di tempat. Olahraga ini sangat simpel. Untuk cara melakukan jumping jack lebih lanjut kamu bisa melihat video di youtube.

Sit Up

Sit up juga merupakan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan. Ada beberapa cara melakukan sit up tapi kamu bisa pilih yang sesuai dengan yang kamu suka.

Kesehatan - Sit Up

Manfaat dari sit up adalah memperkuat otot perut, meningkatkan fleksibilitas, dan memperbaiki postur badan.

Push Up

Selain sit up, ada juga olahraga push up. Olahraga ini hampir sama dengan sit up, kamu tidak perlu alat bantu, hanya alas atau lantai datar.

Ada banyak manfaat dari push up, yaitu: melatih otot, memperbaiki postur tubuh, mencegah cedera bahu, meningkatkan sistem kardiovaskular, dan masih banyak lagi.

Selalu ingat jangan berlebihan push up dan sit up. Push up yang berlebihan dapat mengakibatkan nyeri otot. Mulailah dari jumlah yang kecil dan bertahap tambah jumlah push up kalian. 

Nah itulah tips berolahraga di rumah, tidak perlu keluar rumah kamu bisa melakukan olahraga tersebut. Tidak perlu alat-alat bantu olahraga yang mahal atau berat, semua olahraga yang telah kita kasih tahu bisa kamu lakukan.

Jangan malas untuk berolahraga, kesehatan adalah kunci utama mengurangi resiko terjangkit virus Corona. Kita semua pasti bisa tetap sehat dan melewati masa-masa pandemi ini. Tetap semangat dan jaga kesehatan kalian ya guys!

Baca juga: Bisa Berujung Depresi! Yuk Pelajari Dampak Stres Pada Remaja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *