13. Nikmatnya 6 Kuliner Jogja Ini Selalu Bikin RIndu!

Nikmatnya 6 Kuliner Jogja Ini Selalu Bikin Rindu!

Kuliner Jogja – Halo traveler! Yogyakarta merupakan kota yang menjadi salah satu destinasi favorit di Pulau Jawa. Kota Jogja memiliki banyak hal yang menarik mulai dari kebudayaannya, keindahan kotanya, hingga kuliner di kota tersebut.

Kuliner di Kota Jogja memiliki banyak macam dan jenisnya, mulai dari hidangan lokal yang sudah ada secara turun temurun hingga tempat makan dan nongkrong kekinian dan hits yang bisa kamu temui di setiap sudut kota.

Bagi kamu yang merencanakan berkunjung yuk langsung sikat kuliner Jogja murah recommended berikut ini. Yuk simak baik-baik list berikut ini!

Baca juga: Album Foto Keren? Yuk Foto di 6 Spot Wisata Jogja Ini

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Kurang lengkap rasanya kalau kamu berkunjung ke Jogja tapi tidak mencicipi kuliner satu ini. Ya tentu saja gudeg yang dikenal sebagai salah satu makanan khas dari kota pelajar ini.

Kamu bisa loh mencicipi salah kuliner jogja malam hari satu ini yang cukup terkenal di kalangan mahasiswa, namanya Gudeg Bromo. Gudeg Bromo ini ada di Jalan Affandi dan uniknya gudeg ini buka mulai dari malam hari loh! Biasanya gudeg ini buka dari pukul 10.30 sampai sehabisnya.

Gudeg ini cukup populer dikarenakan rasanya yang tidak terlalu manis, areh yang lebih terasa gurihnya, dan sedikit pedas dengan kreceknya. Kamu juga harus mencicipi ayam suwir dan tempe goreng yang kriuk, dijamin akan meningkatkan selera makanmu di malam hari.

Jika kamu tertarik untuk mencoba gudeg satu ini, kamu harus siap untuk mengantri dengan sabar di antara mahasiswa yang kelaparan ya!

Sate Klathak Pak Pong

Kuliner satu ini cukup terkenal juga loh dibandingkan dengan gudeg, tentu saja sate klathak. Sate klathak sudah menjadi salah satu favorit bagi para masyarakat Jogja dan turis tentunya. Kamu dapat mencoba kuliner ini di Sate Klathak Pak Pong yang terletak di Jalan Sultan Agung No. 18, Bantul.

Kuliner Jogja - Sate Klathak Pak Pong

Kuliner Jogja satu ini merupakan sate kambing yang ditusuk dengan jeruji besi dan disajikan dengan kuah khasnya. Satu porsi sate klathak hanya terdiri dari dua tusuk saja, tapi kamu jangan khawatir karena satu tusuk sate klathak terdiri dari daging yang cukup besar dan banyak loh.

Kalau kamu ingin mengunjungi Sate Klathak Pak Pong, carilah waktu yang tepat ya. Sate Klathak Pak Pong biasanya sangat ramai dan bisa mengantri hingga kurang lebih 2 jam loh!

Sego Empal Bu Warno

Ingin mencari sarapan di Kawasan Malioboro? Kamu dapat mencicipi kuliner Jogja Malioboro satu ini, yaitu Sego Empal Bu Warno. Tempat makan satu ini terletak di Kawasan Malioboro atau lebih tepatnya di Pasar Beringharjo.

Menu yang disajikan tempat makan ini sangat beragam, mulai dari empal goreng, lidah goreng, paru goreng, dan lainnya. Empalnya yang memiliki rasa gurih dan sedikit manis dipadukan dengan sambalnya yang pedas akan membuatmu semangat menjalani hari di Jogja. Kamu juga bisa membeli per-kilogram untuk dinikmati di rumah loh.

Ayam Goreng Mbok Sabar

Satu lagi kuliner yang cukup legendaris di Jogja adalah Ayam Goreng Mbok Sabar. Ayam goreng satu ini sudah cukup dikenal karena kenikmatannya sejak tahun 1960-an loh.

Tempat makan satu ini terletak di Jalan Jagalan-Beji No. 23, Pakualaman, Yogyakarta yang tidak terlalu jauh dari Kawasan Malioboro.

Ayam goreng gurih yang hangat disajikan dengan nasi dan sambal merupakan kombinasi yang tepat untuk melengkapi siang harimu di Jogja. Tempat ini tidak hanya menyediakan ayam goreng saja, ada juga tahu goreng, tempe goreng, dan ati ampela goreng yang dapat kamu pesan untuk menemani ayam gorengmu.

Nasi Goreng Sapi Depan Notaris

Jika kamu penggemar nasi goreng, tidak ada salahnya untuk mencicipi nasi goreng sapi ketika berkunjung ke Jogja. Salah satu penjual nasi goreng sapi yang cukup digemari adalah Nasi Goreng Sapi Depan Notaris. Nama depan notaris diambil karena letaknya yang berada di depan kantor seorang notaris.

Nasi goreng ini buka pada malam hari pukul 6 sore dan terletak di Jalan Atmosukarto, Kotabaru, Yogyakarta. Seporsi nasi goreng sapi yang kamu pesan akan datang dengan dilengkapi telur goreng. Jika kamu biasa memakan porsi lebih banyak maka kamu dapat memesan porsi jumbo ketika berkunjung ke sini.

Bakmi Kadin

Jogja juga dikenal dengan bakmi jawanya. Banyak pedagang yang menyediakan bakmi jawa di kota satu ini. Salah satu bakmi yang terkenal di Jogja adalah Bakmi Kadin.

Kuliner Jogja legendaris satu ini sudah berdiri lebih dari 65 tahun lalu loh! Tidak heran jika bakmi ini banyak diminati para turis dan penduduk lokal. 

Kuliner Jogja - Bakmi Kadin

Kamu dapat mencicipi hangatnya bakmi godhog di malam hari atau memenuhi perutmu dengan bakmi gorengnya. Kamu juga dapat meminta tambahan lauk berupa ayam kampung atau ati ampela juga untuk menemani bakmi jawa.

Ohiya, lokasi Bakmi Kadin ini tidak terlalu jauh dari Jalan Malioboro, atau lebih tepatnya terletak di Jalan Bintaran Kidul. Jika kamu menginap di Kawasan Malioboro, kamu juga dapat meminta becak untuk mengantarkanmu ke bakmi satu ini.

Itulah daftar 6 kuliner Jogja yang wajib kamu kunjungi. Sangat menarik untuk dicoba, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke salah satu tempat itu ya!

Lebih seru lagi kalau sambil liburan dan foto-foto! Jangan lupa cetak foto liburan ke Jogja lewat ID Photobook. Jasa cetak foto murah kualitas nomor satu ya ID Photobook!

Baca juga: Pentingnya Cetak Foto Kenangan Manis Liburan Bareng Keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *