Album Foto Keren? Yuk Foto di 6 Spot Wisata Jogja Ini

Album Foto – Hai travelers! Punya sedang Menyusun rencana liburan? Gimana kalau kamu menyusun rencana liburan ke Jogja?

Kenapa Jogja? Well, kenapa enggak? Sebagai salah satu daerah istimewa, Jogja memiliki destinasi wisata menarik yang patut kamu kunjungi.

Daerah yang masih sangat mengedepankan budaya ini juga memiliki ratusan tempat unik untuk hunting foto. Jadi jangan lupa siapkan outfit kece plus kamera supaya kamu bisa punya kenangan kece selama liburan ke Jogja.

Bingung mau ke mana? Berikut ini adalah 6 destinasi wisata menarik di Yogyakarta ini cocok buat kamu yang gemar berburu foto unik.

Baca juga: Cetak Kenangan Liburan ke Jepang Lewat Photobook Berkualitas

Candi Prambanan

Berada di sisi utara Jalan Solo, pesona Candi Prambanan langsung terpancar dari kejauhan. Akses yang mudah dan area parkir yang luas meningkatkan kenyamanan kamu saat berkunjung.

Candi Prambanan dibangun pada abad 9 dengan tinggi mencapai 47 meter. Awal mulanya kompleks candi ini dipersembahkan sebagai tempat pemujaan Trimurti, yakni Dewa Brahma Sang Pencipta, Wisnu Sang Pemelihara, dan Siwa Sang Pemusnah.

Namun demikian, Candi Prambanan juga lekat dengan legenda Roro Jonggrang. Seorang perempuan yang dikutuk setelah berhasil mengecoh Bandung Bondowoso yang ingin menikahinya.

Diperkirakan terdapat 240 candi di dalam kompleks Candi Prambanan, namun hanya 18 candi yang dapat diselamatkan dan dibangun kembali. Pada dinding candi terukir kisah Ramayana yang juga dipentaskan di pelataran Candi Prambanan.

Nggak hanya menawarkan wisata sejarah, Candi Prambanan juga memiliki banyak spot foto menarik. Bahkan bangunan candi pun tampak begitu agung. Yang penting setelah fotomu terkumpul, jangan lupa cetak dalam album foto keren ya, biar liburanmu bisa abadi selamanya.

Candi Ratu Boko

Kalau di utara Jalan Solo ada Candi Prambanan, maka di selatan terdapat Candi Ratu Boko. Tak seperti Candi Prambanan yang langsung terlihat dari jalan utama, kamu harus sedikit mendaki untuk sampai ke lokasi candi yang satu ini.

Harga tiket masuknya relatif sama dengan Candi Prambanan. Begitu masuk, pengunjung akan disambut hangat kumpulan burung dara di pelataran candi. Lalu tinggal jalan sedikit dan pengunjung akan dimanjakan dengan pesona Candi Ratu Boko.

Album Foto - Ratu Boko

Tak hanya menjadi destinasi wisata sejarah dan budaya, Candi Ratu Boko juga memiliki banyak spot foto menakjubkan. Bahkan tak sedikit yang mengambil foto prewedding di kompleks candi.

Jadi untuk kamu yang sedang persiapan menikah, lengkapi album foto wedding kamu dan pasangan dengan berfoto di kawasan Candi Ratu Boko.

Tebing Breksi

Tak jauh dari kawasan Candi Ratu Boko terdapat objek wisata lain yang tak boleh dilewatkan, yaitu Tebing Breksi. Jarak 3.5 kilometer dapat ditempuh dalam waktu 8 menit oleh kendaraan pribadi.

Sama seperti namanya, Tebing Breksi adalah kawasan taman yang awalnya merupakan tambang batu breksi. Namun tambang ini setelah penambangan selesai, kawasan ini diubah menjadi objek wisata yang cocok untuk hunting foto.

Sebaiknya kamu mengunjungi kawasan saat sunrise atau sunset karena saat itu matahari tak lagi bersinar terik. Ingat kawasan ini dulunya merupakan tambang sehingga minim pepohonan untuk berteduh. Bayangkan sendiri kalau kamu datang saat matahari sedang terik-teriknya.

Lagi pula, cahaya matahari saat pagi atau sore hari bisa menambah rona unik pada foto. Lalu cetak hasil jepretan kamu yang unik itu dalam album foto unik. Dijamin bikin iri kerabat dan sahabat!

Taman Pintar

Untuk kamu yang ingin liburan sambil belajar, coba kunjungi Taman Pintar. Lokasinya dekat dengan Jalan Malioboro. Tempatnya lokasi wisata ini berada di Jalan Panembahan Senopati No 1-3 Yogyakarta.

Nggak hanya untuk anak sekolah, tempat wisata ini juga menarik untuk orang dewasa. Kamu bisa belajar ilmu pengetahuan dan teknologi dengan metode unik. Siapkan kamera dan abadikan serunya momen belajar di Taman Pintar.

Museum Monumen Jogja Kembali dan Taman Pelangi

Beralih ke kawasan Sleman, tepatnya di sisi utara jalan lingkar utara Yogyakarta, terdapat Museum Monumen Jogja Kembali. Dikenal juga dengan nama Monjali, Monumen ini didirikan dalam mengenang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Pasca merdeka, tentara Belanda kembali datang dan berusaha menguasai beberapa wilayah Indonesia termasuk Jakarta. Alhasil ibu kota negara pun dipindahkan untuk sementara ke Yogyakarta.

Monjali dibangun untuk memperingati kembalinya Yogyakarta ke pangkuan Pertiwi dari tangan tentara Belanda. Momen itu pula yang menjadi titik awal bebasnya Indonesia dari jeratan pasukan tentara Belanda.

Kemudian di sekitar Monjali dibangun taman yang sekarang dikenal dengan Taman Pelangi. Taman Pelangi sendiri merupakan komplek taman yang menampilkan warna-warni lampion.

Baik Monjali maupun Taman Pelangi sama-sama memiliki pesona unik yang cocok untuk berselfie. Bedanya, Museum Monjali buka dari pagi hingga menjelang sore. Sedangkan Taman Pelangi yang memang indah di malam hari baru buka sekitar pukul 5 sore.

Desa Wisata Brayut

Berlokasi di Desa Pendowoharjo, kawasan desa ini menawarkan liburan sambil belajar. Desa Wisata ini menonjolkan budaya pertanian dimana sebagian besar warganya memang berprofesi sebagai petani.

Wisatawan yang datang akan diajari cara bertani seperti menanam padi oleh warga sekitar. Tak hanya itu, kamu juga bisa belajar membatik, memainkan alat musik gamelan, menari tarian tradisional hingga membuat kerajinan janur.

Selain disuguhi pemandangan alam yang menarik, di Desa Wisata Brayut juga terdapat Joglo asli yang sudah berdiri selama dua ratus tahun. Mayoritas bangunan Joglo yang terbuat dari kayu ini masih tampak kokoh meski tembok batunya sudah mulai retak.

Album Foto - Belajar Membatik

Desa Wisata Brayut menyediakan berbagai pilihan paket liburan. Kamu juga bisa menyewa penginapan jika memang ingin mengambil paket liburan berhari-hari. Yang jelas pastikan abadikan kenangan liburanmu biar jadi bukti kamu pernah berkunjung ke Desa Wisata Brayut, ya!

Setelah puas liburan dan foto-foto ria, kamu bingung cari jasa cetak album foto harga murah? ID Photobook aja! Jasa cetak photobook Indonesia yang berkomitmen untuk ikut mengabadikan momen pelanggannya.

Jasa cetak album foto polaroid kualitas nomor satu! Jadi tak perlu khawatir lagi dengan kualitas dan pengiriman barang. Pokoknya, kalau kamu mau bikin photobook berkualitas, di ID Photobook aja!

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Membuat Album Foto itu Penting

Cari Uang Tambahan Saat Pandemi Lewat 4 Peluang Bisnis Ini

Cari uang – Merebaknya covid-19, kewajiban untuk jaga jarak dan #dirumahaja membawa banyak perubahan. Baik itu bidang kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi harus beradaptasi mengikuti perubahan.

Adaptasi kebiasaan baru seperti mencuci tangan, pakai masker, dan menjaga jarak harus selalu dilakukan. Anak sekolah dan mahasiswa pun harus terbiasa melakukan pembelajaran tanpa tatap muka.

Pandemi Covid-19 turut melesukan perekonomian. Banyak yang harus dirumahkan sementara, potong gaji, hingga di PHK. Bahkan Indonesia pun sudah diambang resesi.

Resesi? Apaan tuh? Resesi adalah kondisi dimana pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan (bernilai negatif) selama dua kuartal berturut-turut. Dampak dari resesi ekonomi adalah PHK yang semakin masif dan merata di semua sektor pekerjaan.

Takut menghadapi resesi? Itu wajar. Sedih karena menjadi korban PHK? Yuk bangkit lagi! Karena waktu terus berjalan, kamu nggak bisa selamanya bersedih dan mengeluh. Ini saatnya memutar otak dan mengandalkan jiwa bisnis untuk mencari peluang.

Berikut ini adalah 4 cara cari uang tambahan di tengah masa pandemi yang harus kamu coba untuk ditekuni.

Baca juga: Cari Uang Tambahan Ala Mahasiswa yang Patut Dicoba

Jualan Makanan dan Sembako

Sebagai kebutuhan dasar manusia, ketersediaan makanan menjadi penting. Tak heran ketika kondisi ekonomi menurun, orang beramai-ramai membeli makanan dan kebutuhan lain dalam skala besar.

Kamu bisa mulai bisnismu dengan menjual frozen food yang memang lebih tahan lama dan mudah disimpan. Cari agen penjual makanan beku terdekat dan tawarkan ke orang-orang di sekitar. Lebih baik lagi kalau kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk berjualan.

Pilihan lainnya kamu bisa menjual beras, gula, teh, deterjen dan minyak. Barang-barang ini cenderung lebih awet dan mudah disimpan daripada sayuran atau buah-buahan. Sehingga kemungkinan rugi karena barang dagangan basi jadi lebih kecil.

Membuka Jasa 

Cari uang di internet dimulai dari menawarkan jasa secara online. Penawaran layanan atau jasa bisa memiliki banyak bentuk yang bahkan mungkin tidak kamu sadari sebelumnya.

Namun untuk mengawalinya, lebih baik sesuaikan dulu dengan kemampuan dan keahlian kamu. Misalnya kamu jago mendesain sesuatu. Bukalah jasa mendesain foto, kaos, hingga logo. Untuk yang terakhir, kalau logo buatanmu laku, kamu bisa dapat untung banyak lho!

Cari Uang - Buka Jasa

Lain lagi kalau kamu punya kamera dan jago fotografi. Kamu bisa buka jasa fotografer untuk acara-acara penting. Yang jelas, untuk mengawali karier ini, kamu harus menyiapkan portofolio yang bagus supaya menarik perhatian klien.

Soal promosi, kamu bisa manfaatkan situs freelance yang tersedia di internet. Lewat situs itu, kamu bisa membandingkan harga dengan freelancer lain. Kamu juga bisa melihat kompetensi serta portofolio mereka. Jangan malah minder ya, manfaatkan itu untuk kembangkan portofolio milikmu.

Layanan Bimbingan Belajar

Di masa pandemi seperti ini, anak sekolah harus mengubah pola belajar. Karena tak ada kelas tatap muka langsung, rasanya liburan. Alhasil mereka kesulitan berkonsentrasi, tidak mengerjakan PR dan cenderung bermalas-malasan. Padahal tugas dan ujian masih berlangsung sesuai jadwal.

Nah, kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk cari uang online.

Caranya adalah dengan membuka layanan bimbingan belajar atau les privat secara online untuk mereka. Persiapkan materi dan media yang pas supaya mereka tertarik untuk belajar. Lalu buat contoh video cara mengajar yang menarik.

Kamu bisa membuka layanan les privat ini secara mandiri atau bergabung dalam aplikasi kursus belajar online. Kalau kamu lebih tertarik mengajar mandiri, manfaatkan media sosial untuk promosi. 

Jual Makanan (Lagi)

Yap, kamu nggak salah baca. Salah satu bisnis paling menjanjikan memang menjual makanan. Kalau tadi kamu menjual bahan makan cara cari uang tambahan yang patut dipertimbakan adalah jual makanan matang

Bisnis ini cocok banget untuk kamu yang memang hobi mengoleh resep. Memang memasak makanan sendiri jauh lebih melelahkan. Namun, kalau dihitung-hitung keuntungan bisa mencapai 100%. Pasti rasa lelahmu selama masak langsung terbayang lunas melihat keuntungan yang diperoleh.

Cari Uang - Jual Makanan

Soal penjualan kamu bisa pilih untuk ready stock atau harus pre order. Tinggal pandai-pandainya kamu mempromosikan dagangan. Nggak perlu gengsi berjualan di media sosial, justru seharusnya kamu sisipkan foto menggiurkan dari masakanmu biar teman-temanmu pada pesan.

Nah itu tadi 4 cara cari uang tambahan di tengah masa pandemi yang patut ditekuni.

Tapi sebelum menjajal peluang bisnis yang ada, pastikan kamu menimbang baik buruknya ya! Dan sebaiknya kamu serius saat menjalin bisnis ini ya. Siapa tau setelah pandemi dan resesi lewat, bisnismu makin berjaya.

Baca juga: Hindari 7 Kesalahan ini dalam Mengatur Keuangan

5 Ide Bisnis Makanan Ini Patut Dicoba oleh Kamu yang Kreatif

Ide Bisnis – Di tengah situasi sekarang ini, mengandalkan satu sumber penghasilan saja tidak cukup. Kamu harus pintar-pintar cari peluang supaya kebutuhan bisa terpenuhi sekaligus menabung untuk hari tua nanti.

Tak ada salahnya jika kamu membuka bisnis baru sebagai sumber penghasilan tambahan. Lagi cari ide bisnis kreatif dan unik? Kamu bisa awali dengan terjun ke bisnis kuliner.

Mengapa bisnis kuliner? Karena selain memenuhi kebutuhan pokok, bisnis makanan bisa dijalankan dengan modal kecil dan menghasilkan untung besar. Masalah tenaga kerja, kamu bisa mengandalkan diri sendiri saat memulai usaha.

Nah, kalau kamu masih bingung, berikut ini ada 5 ide bisnis kreatif makanan yang patut kamu coba untuk mengawali bisnismu.

Baca juga: Cari Uang Tambahan Saat Pandemi Lewat 4 Peluang Bisnis Ini

Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Awalnya bisnis menjual sayuran dan bahan makanan siap masak bisa dikatakan sebagai ide bisnis gila. Karena siapa sih yang mau membayar uang lebih untuk membeli sayuran? Padahal kan sudah ada tukang sayur keliling.

Nyatanya bisnis ini cocok untuk masyarakat perkotaan yang sibuk. Sebab meskipun sudah ada tukang sayur keliling, bisnis sayuran dan bahan mentah ini dinilai lebih praktis.

Ide Bisnis - Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Pemesanannya bisa dilakukan secara online. Harga serta jumlah yang dibeli bisa lebih transparan dan pastinya nggak akan berebut dan kehabisan karena makanan sudah dipesan sebelumnya.

Sediakan fasilitas pembayaran seperti transfer untuk memudahkan pembeli sekaligus mempermudah pencatatan. Dan untuk pelanggan yang super sibuk, bisa janjian dulu sebelum sayuran dan bahan makanan siap masak diantar ke rumah. 

Model usaha ini bisa diawali dengan mencari tempat kulak sayur dan bahan makanan lain. Kamu bisa kulak langsung dari petani atau dari penjual tangan pertama. Carilah bahan yang masih segar supaya pelanggan puas dengan kualitas yang diberikan.

Sate Taichan

Nikmatnya sate taichan nggak diragukan lagi. Meski sudah booming sejak lama, pesona sate taichan tak kunjung redup. Inilah yang membuat sate taichan masuk dalam ide bisnis makan yang patut dicoba.

Sebenarnya sate taichan pun bisa dikatakan ide bisnis gila. Menu sate taichan sendiri akan membuat orang bertanya, apa enaknya sih sate yang nggak pakai bumbu apapun? Karena kalau dilihat sekilas daging sate taichan masih bewarna putih dan didampingi sambal, sama aja kayak makan nasi ayam dan sambal.

Tapi ternyata perbedaan itu yang membuat pelanggan tertarik.

Kalau dilihat dari resepnya, memasak sate taichan bukan nggak pakai bumbu. Melainkan bumbunya lebih sederhana dibanding jenis sate lainnya. Bahan-bahannya pun  mudah didapat dan prosesnya pun cepat. Dijamin kamu bisa balik modal dalam waktu dekat.

Kamu hanya perlu siapkan bumbu untuk memarinasi daging maupun kulit ayam serta menyiapkan resep sambalnya. Lalu saat memanggang sate, pastikan daging sudah matang namun tetap empuk. 

Sate taichan yang pedas cocok dihidangkan bersama olahan susu murni maupun aneka macam es. Jadi selain membuka warung sate taichan, jangan lupa siapkan aneka resep minuman segar sebagai pendamping.

Katering 

Bisnis katering memang sudah banyak ditemukan di Indonesia. Namun katering tak hanya untuk acara besar seperti resepsi atau hajatan lain. Katering juga bisa disiapkan untuk sajian harian maupun katering sehat.

Kamu yang ahli tata boga dan mempelajari ilmu gizi cocok banget untuk membuka usaha katering. Sebab kamu harus menghitung terlebih dahulu kebutuhan energi serta kandungan gizi pelanggan. Nantinya hitungan ini yang akan digunakan sebagai dasar menu makanan.

Sedangkan pada katering harian, menu makanan yang disediakan bisa lebih bebas. Meski begitu, tak sedikit katering yang menyediakan beberapa menu alternatif dan pelanggan bisa memilih sendiri sesuai selera.

Hebatnya mau katering sehat maupun harian, keduanya dapat berjalan bersamaan. Jadi cakupan sasaran usaha kamu bisa lebih luas.

Dessert Box

Wah, jajan yang satu ini jelas tak boleh dilewatkan dan cocok banget jadi ide bisnis kekinian. Sekarang ini dessert box sedang menjadi primadona banyak orang. Maka tak heran jika usaha dessert box menjadi ide bisnis unik mahasiswa.

Sayangnya makanan yang paling enak disajikan saat dingin ini mengandung banyak kalori. Karena baik bahan pembuat dan porsinya yang relatif besar juga berkalori tinggi.

Nah, coba kembangkan ide bisnis kekinian dessert box ini dengan porsi dan kalori yang terkontrol. Kamu bisa bereksperimen dengan menggunakan pemanis alami seperti madu, mengurangi takaran gula dalam adonan, atau menggunakan alternatif bahan makanan berkalori rendah.

Jangan lupa tonjolkan keunikan merk dagang kamu dibanding usaha kuliner lain, ya. Supaya orang langsung mengetahui produk ini milikmu.

Salad Buah dan Smoothie Bowl

Masuk dalam kelompok makanan sehat, salad buah dan smoothie bowl jadi cemilan yang banyak diminati.

Salad buah dan smoothie bowl menjadi alternatif cemilan yang banyak diminati. Karena tak hanya enak, kandungan buah di dalamnya membuat salad buah dan smoothie bowl masuk dalam kelompok makanan sehat.

Ide Bisnis - Salad Buah dan Smoothie Bowl

Smoothie bowl merupakan jus buah murni yang dihidangkan dalam mangkuk. Lalu ditaburi buah-buahan, kacang serta biji-bijian sebagai topping. Untuk resep, coba dan ikuti dulu resep yang banyak beredar di internet. Selanjutnya, kamu bisa kreasikan sendiri mana yang enak.

Mainkan perpaduan warna buah-buahan yang unik agar smoothie bowl dan salad buah terlihat makin menarik. Perhatikan juga kandungan keju dan susu dalam salad buah, karena memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup besar. Salah-salah bukannya jadi sehat malah tertimbun lemak.

Itulah 5 ide bisnis kreatif di bidang kuliner yang patut dicoba. Sebelum memulai usaha, pastikan riset pasar dan sasaran pembelimu tepat. Usahakan untuk menggunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik.

Persiapkan mental untuk menghadapi tantangan bisnis yang ada. Dan semoga, ide bisnis kreatif dan unik ini tak hanya menumpuk jadi ide tanpa diwujudkan, ya! Siapa tau bisnismu bisa membawa kamu liburan ke Jepang!

Baca juga: Cari Uang Tambahan Ala Mahasiswa yang Patut Dicoba

Cari Uang Tambahan Ala Mahasiswa yang Patut Dicoba

Cari uang – Hai mahasiswa baru! Sudah siap menghadapi tahun-tahun kuliahmu? Atau kamu mahasiswa yang nggak baru-baru amat dan sudah mulai bosan kuliah?

Selain tugas dan percintaan yang rumit, permasalahan yang sering menghinggapi mahasiswa adalah masalah keuangan. 

Sebagai mahasiswa, kamu tak hanya dituntut untuk menyelesaikan pendidikan, namun juga harus belajar mandiri. Mulai dari mengatur waktu hingga mengelola keuangan.

Apalagi untuk mahasiswa perantau, kamu harus ekstra hati-hati karena jauh dari orang tua. Salah-salah kamu tidak fokus belajar dan malah kesulitan keuangan.

Ngomong-ngomong, yakin uang bulananmu cukup sampai akhir bulan? Gimana kalau uang bulanan terlambat dikirim? Atau malah kamu nggak bisa lagi mengandalkan uang bulanan dari orang tua? Hmmm, itu tandanya kamu harus pintar-pintar cari uang tambahan.

Berikut ini adalah cara-cara mencari uang tambahan yang patut dicoba para mahasiswa.

Baca juga: Hindari 7 Kesalahan Ini dalam Mengatur Keuangan 

Berpartisipasi Dalam Survei Online

Sebagai mahasiswa pastinya kamu tak bisa jauh-jauh dari internet. Tapi tahukah kamu ada banyak situs yang membuka jasa pengisian survei?

Mengisi survei ini masuk salah satu cara cari uang di internet paling mudah. Kamu tinggal membuat akun, mengisi data diri dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan jujur.

Biasanya situs tersebut akan memberikan poin sebagai reward atas survei yang sudah diisi. Memang jumlah poin tidak langsung banyak, namun semakin banyak survei yang kamu isi, semakin banyak pula pon yang bisa didapat.

Poin tersebut dikumpulkan dan jika sudah mencapai jumlah tertentu bisa ditukarkan dengan rupiah. Lumayan deh kamu bisa punya tambahan uang untuk beli pulsa.

Kalau kurang puas dengan pendapatan dari online survei, kamu bisa berpartisipasi di lebih dari satu situs survei. Dan kalau masih kurang puas juga, nggak perlu khawatir. Masih ada cara cari uang lain yang patut kamu coba.

Menjadi Reseller atau Dropshiper

Cara cari uang online lain yang patut dicoba adalah menjadi reseller atau dropshiper.

Meski sama-sama menjual barang atau produk orang lain secara online, keduanya memiliki perbedaan besar, salah satunya terletak kepemilikan modal.

Reseller harus memiliki modal yang lebih besar karena harus membeli barang dan kemudian menyediakan stok barang dari produsen atau penjual pertama. Sedang dropshiper tidak perlu sedia stok barang sehingga bisa dikatakan tidak memerlukan modal besar.

Cara Uang - Reseller atau Dropshipr

Reseller harus memikirkan penyimpanan barang, pengiriman, dan promosi produk. Sedangkan dropshiper hanya fokus pada pencarian konsumen dan barang akan dikirim langsung dari produsen ke pembeli.

Meski terlihat mudah, keuntungan yang diperoleh dropshiper cenderung lebih sedikit dibanding reseller. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan rugi yang bisa dialami reseller bila barang yang sudah dibeli tidak laku.

Content Writer

Kamu suka menulis? Tertarik untuk menyalurkan bakatmu ke tempat lain? Menjadi penulis konten bisa jadi alternatif cari uang yang tepat untuk kamu.

Dengan menjadi penulis konten, kamu bisa belajar menulis artikel, opini, hingga essay yang baik. Percaya nggak percaya, melatih kemampuan menulis akan berdampak positif pada caramu merangkai kata saat skripsi nanti.

Ada banyak penerima jasa penulis lepas yang siap menampung kamu yang memang ingin freelance. Tinggal cari saja yang cocok denganmu.

Atau jika sudah memiliki portofolio yang bagus, kamu bisa membuka jasa penulis lepas secara mandiri. Fokuskan lagi pada jenis tulisan yang ditawarkan. Misal, kamu menerima jasa menulis artikel SEO friendly.

Cari Uang Tambahan dengan Menjadi Penerjemah

Kamu mahasiswa dan memiliki kemampuan bahasa asing? Selamat! Kamu memiliki peluang untuk mendapat uang tambahan dengan bekerja sampingan sebagai penerjemah. Apalagi kalau ada mahasiswa penutur asing di kampusmu.

Bisa dikatakan sebagai penerjemah kamu nggak perlu menyediakan modal lain selain kemampuan berbahasa asing. 

Kamu bisa awali bisnismu dengan latihan menerjemahkan materi dan tugas kuliah. Setelah percaya diri kamu bisa mengiklankan jasa terjemahan lewat lingkungan pertemanan, keluarga, hingga sosial media.

Kalau kamu masih kesulitan mencari pasar atau belum percaya diri untuk membuka iklan sendiri, bergabung ke lembaga bahasa juga nggak ada salahnya. Coba deh daftar menjadi penerjemah untuk penutur asing di salah satu lembaga bahasa di sekitar kamu.

Biasanya setelah mendaftar ke lembaga resmi, kamu akan mengikuti serangkaian seleksi. Kalau kamu lolos, itu tandanya kamu akan berhadapan langsung dengan penutur asing.

Nggak hanya sebagai penerjemah, kamu bisa melatih penutur asing cara berbicara Bahasa Indonesia dengan benar termasuk slang kekinian. Seru, kan?

Guru Les Privat

Menjadi guru les privat merupakan opsi lain untuk cari uang tambahan.

Sama seperti penerjemah, kamu bisa pilih untuk tergabung dalam lembaga khusus atau membuka jasa secara mandiri. 

Nggak yakin dengan kemampuanmu  mengajar? Kamu bisa mulai dengan mengajar anak SD yang materi pelajarannya relatif mudah. Anak usia SD cenderung membutuhkan teman belajar yang menarik.

Atau kamu bisa mengajar materi SMA yang notabene baru saja kamu pelajari. Tinggal sedikit menyegarkan ingatan, lalu kamu bisa mengajari anak didikmu.

Cara Uang - Guru Les Privat

Tak hanya les privat mata pelajaran, kamu bisa membuka jasa les di bidang lain. Misalnya nih, kamu memiliki bakat lain seperti musik atau seni suara. Coba buka jasa les musik atau seni suara.

Selain mendapat penghasilan tambahan, kamu juga bisa melatih bakatmu secara konsisten. Alhasil kamu semakin jago dan semakin percaya diri mengajari muridmu.

Nah itu dia 5 gambaran singkat alternatif cari uang tambahan yang bisa kamu coba. Baik itu cari uang online maupun offline, pastikan kamu mengatur waktu dengan baik.

Bekerja dan memiliki uang sendiri memang terasa menyenangkan, namun tugas utamamu sebagai mahasiswa harus diingat. Selesaikan dulu pendidikanmu supaya supaya kamu memiliki jenjang karir yang lebih mapan.

Baca juga: Kenapa Sih Harus Punya Foto Album Liburan Bareng Sahabat?

Cara Menabung Ini Salah! Milenial, Yuk Ubah Kebiasaan Ini!

Cara Menabung – Kebiasaan untuk menyisihkan uang dan menabung adalah hal yang baik. Kebiasaan tersebut harus dilakukan agar kamu bisa memiliki kehidupan finansial yang baik.

Sejak kecil, kita sudah diajarkan cara menabung, baik oleh orang tua maupun oleh guru-guru di sekolah. Meskipun begitu, ada banyak orang yang belum terbiasa untuk melakukannya.

Apakah kamu salah satunya?

Jika begitu, kamu tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini kamu akan mengetahui berbagai kesalahan dalam menabung yang harus kamu hentikan. Ini penting agar cara kamu menyimpan uang bisa lebih efektif untuk mencapai tujuan finansial.

Baca juga: 5 Tips Menabung untuk Membeli Kamera Baru

Tidak Punya Tujuan

Sebelum kamu mulai mengumpulkan uang, tentukan dulu tujuan kamu menabung. Hal ini penting dilakukan agar kamu memiliki motivasi yang kuat untuk mengumpulkan uang.

Tujuan mengumpulkan uang bisa bermacam-macam. Misalnya, kamu ingin mengumpulkan uang untuk membeli handphone baru, liburan ke Jepang, atau untuk membeli kamera baru.

Dari situ, coba bayangkan kamu menggunakan handphone atau kamera baru yang diidamkan. Atau, bayangkan saja keseruan liburan ke Jepang. Dijamin deh, kamu bakal semakin semangat untuk menabung. 

Waktu yang Berubah-ubah

Kesalahan kedua yang sering dilakukan milenial saat menabung adalah tidak disiplin dalam menetapkan waktu yang konsisten. Kadang di awal bulan, kadang di tengah bulan. Parahnya kamu hanya mengumpulkan uang ketika ada uang lebih saja.

Cara Menabung - Waktu yang berubah-ubah

Cara menabung uang yang baik adalah tentukan waktu dan buat pengingat. Misal kamu ingin mengumpulkan uang setiap tanggal gajian, maka pasang pengingat di handphone pada setiap tanggal gajian. 

Lalu, jika notifikasi pengingat sudah muncul, segera tabung uang yang sudah kamu siapkan. Jangan menunda untuk mengumpulkan uang, nanti kamu malah kelupaan. Kan makin repot.

Jumlah yang Ditabung Tidak Selalu Sama

Kamu memang selalu menyimpan uang pada tanggal yang sama. Bahkan kamu juga pasang reminder untuk menyisihkan uang. Sayangnya kamu menyimpan uang dengan jumlah yang berbeda-beda.

Kadang 500.000 sebulan, kadang 200.000 sebulan. Perbedaan jumlah tabungan ini menandakan kamu belum berkomitmen dengan anggaran yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Hal ini juga akan membuat kebiasaan mengumpulkan uang kamu menjadi tidak efektif. Kamu jadi kesulitan mengetahui kapan target tabunganmu akan terpenuhi. Lebih baik kamu menabung dengan jumlah yang sama, namun konsisten sesuai waktu yang telah ditentukan. 

Merasa Harus Menyisihkan dalam Jumlah Besar

Kesalahan lain yang biasanya menjangkit kebiasaan menabung para milenial adalah merasa harus menyisihkan uang dalam jumlah besar. 

Padahal sebenarnya menyisihkan uang tidak melihat jumlah yang ditabung melainkan pada kedisiplinan. Nggak masalah jika kamu hanya menyisihkan 10.000 sehari, yang penting kamu secara konsisten dengan jumlah yang sama setiap harinya.

Cara Menabung - Merasa Harus Menabung dalam Jumlah yang Besar

Uang 10.000 memang kelihatannya kecil, tapi coba deh dihitung lagi. Kalau rutin menyisihkan uang selama 30 hari, uang tabungan kamu sudah mencapai 300.000. Berapa tuh kalau disimpan setahun?

Menabung di Akhir Bulan

Menyimpan uang di akhir bulan sering menjadi kesalahan milenial. Bukannya menyisihkan uang namanya kalau dilakukan di akhir bulan, melainkan menyisakan uang.

Bisa-bisa uangmu habis duluan untuk kepentingan konsumtif dan kamu pun batal menyimpan uang bulan ini. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang kamu ubah kebiasaan menabung di rumah ini ya.

Tips menabung cepat yang harus kamu lakukan adalah menyisihkan uang di awal bulan. Setelah kamu menentukan jumlah uang yang kamu tabung, segera pisahkan uang itu dari uang yang digunakan untuk konsumsi sehari hari.

Tapi ingat, meski kamu menyisihkan di awal bulan, jangan sampai nilai tabungan menjadi beban untuk kehidupan bulananmu ya. Anggarkan dengan tepat besaran pengeluaran dan tabungan kamu.

Hanya Memanfaatkan Cara Menabung tanpa Berinvestasi

Kamu membiarkan uang tabungan mengendap di rekening tabungan? Tahukah kamu setiap bulan menarik biaya administrasi di rekening? Kalau didiamkan begitu saja, bukannya bertambah tabungan kamu justru berkurang.

Tips menabung uang terakhir yang bisa diterapkan adalah menggunakan uang tabungan untuk berinvestasi. 

Nggak perlu takut dengar kata investasi. Ada banyak pilihan investasi, mulai dari saham, reksadana, jual beli valuta asing, emas, hingga properti.

Untuk pilihan investasi, sebaiknya kamu pelajari sendiri. Cari yang paling sesuai dengan tujuan dan target tabungan. Dan yang paling penting, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan produk investasi yang satu dengan yang lain.

Itulah kesalahan cara menabung yang sering dilakukan milenial. Yuk kita sama-sama belajar cara menyimpan uang yang benar dari kesalahan itu. Semoga kita bisa menerapkan  tips menabung di rumah yang sudah dijelaskan ya.

Baca juga: 8 Tips Menabung untuk Persiapan Pensiun