5. Putuskan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

Putuskan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

Menikah – Sudah memasuki menikah? Sudah punya calon yang sepadan? Kondisi keuangan kamu sudah matang? Nggak ada salahnya kalau kamu memutuskan untuk menikah.

Momen pernikahan adalah detik persatuan cinta dua insan. Hari pernikahan seharusnya menjadi hari paling membahagiakan bagi pasangan mempelai dan keluarga.

Namun momen bahagia ini bisa jadi petaka kalau ada beberapa hal yang tak kunjung diselesaikan calon mempelai. Bahkan beberapa hal ini nggak mudah untuk dilakukan.

Wah, kira-kira apa saja yang harus diputuskan, ya? Yuk simak penjelasan 5 hal yang harus diputuskan berikut ini sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah!

Baca juga: 8 Trik Menabung untuk Mempersiapkan Pernikahan Impian

Putuskan Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menikah

Menikah adalah ibadah yang harus dilakukan dengan sepenuh hati dan komitmen. Yang jarang dibahas adalah hal-hal penting untuk bisa menuntaskan ibadah ini hingga akhir hayat.

Memutuskan untuk menikah berarti siap untuk membagi hidup bersama pasangan. Oleh karenanya ada banyak hal yang harus diketahui pasangan sebelum menikah. Misalnya keluarga pasangan, latar belakang, mimpi-mimpi, hingga kondisi keuangan.

Memutuskan hidup bersama memerlukan kedewasaan. Meski tak bisa diputuskan kapan seseorang dewasa, usia juga memiliki pengaruh pada tingkat kematangan.

Tak ada orang yang bisa menolak jodoh, namun pertimbangkan lagi usia sebelum memutuskan untuk nikah muda. Ingat lagi mimpi-mimpi yang belum tercapai, juga cita-cita untuk membahagiakan orang tua.

Usia yang makin menua pun bukan tanda kamu harus memutuskan untuk menikah. Ingat, kehidupan bukan arena balap, kamu akan memiliki waktu sendiri untuk menikah. Lebih baik persiapkan diri untuk jodoh terbaik.

Putuskan Di Mana Akan Tinggal Setelah Menikah

Persoalan satu ini sangat penting untuk pasangan yang akan menikah. Apalagi saat ini harga rumah tak lagi murah.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih tempat tinggal setelah menikah. Misalnya kondisi keuangan dan tabungan kamu bersama pasangan. Lokasi tempat kerja, kondisi orang tua atau mertua yang perlu perhatian khusus, hingga keberadaan sana saudara.

Menikah - Putuskan Di Mana Akan Tinggal Setelah Menikah

Pastikan kamu mendiskusikan hal ini bersama pasangan. Sebab hubungan yang baik harus memiliki komunikasi yang baik. Termasuk mendiskusikan lokasi tinggal bersama pasangan.

Pertimbangkan semua kemungkinan yang ada. Jika dana dan pekerjaan mendukung, tak ada salahnya mengambil kredit rumah. Namun, jika memang belum cukup, kalian bisa mengontrak dulu atau tinggal bersama orang tua.

Putuskan Kapan Waktu Bicara dengan Pasangan

Bukan bicara sembarang bicara, melainkan bicara tentang pernikahan. Kalau kamu nggak yakin pasangan kamu siap, singgung sedikit hal-hal yang menyerempet pernikahan.

Kalau sudah yakin, cus langsung lamar pasanganmu. Nggak perlu melamar seperti kisah-kisah dalam film maupun media sosial orang lain. Pernikahan adalah keputusan dan kisah kalian berdua.

Banyak juga pasangan yang menikah tanpa melamar, namun keduanya langsung menyusun rencana pernikahan. Lantas, acara lamaran menjadi bagian dari upacara atau tata cara adat pernikahan.

Sebab pada momen pernikahan, komunikasilah yang penting. Biasakanlah untuk berdiskusi bersama pasangan, agar nantinya dapat membicarakan apapun selama kehidupan berkeluarga. 

Putuskan Kapan Punya Anak

Meskipun nggak ada yang bisa memutuskan rezeki dari Tuhan, nggak ada salahnya kamu dan pasangan memutuskan kapan akan punya anak. Apakah sesegera mungkin, atau menunggu beberapa tahun lagi.

Dengan begitu kalian bisa berkunjung ke untuk meminta ginekolog untuk meminta pertimbangan. Ginekolog juga bisa membantu kamu dan pasangan untuk merancang program memiliki momongan.

Menikah - Putuskan Kapan Punya Anak

Namun di luar hal itu, perhatikan juga kesiapan kamu dan pasangan untuk menjadi orang tua. Sebab tidak seperti bekerja yang bisa ijin cuti, menjadi orang tua adalah pekerjaan 24 jam sehari seumur hidup.

Putuskan Para Selingkuhan

Yang terakhir dan yang paling penting, jangan lupa putuskan selingkuhan! Apalagi kalau kamu memiliki banyak selingkuhan. Amit-amit, deh!

Dalam hubungan apapun, mendua tentu saja bukan hal yang patut dibenarkan. Bahkan jika menjelang momen pernikahan, kamu masih saja bermain api, itu bisa jadi tanda kamu belum siap menikah.

Maka sejak masa pacaran, persiapkanlah diri untuk hidup setia dalam satu pernikahan seumur hidup. Jangan jadikan alasan apapun untuk mendua, baik sebelum maupun dalam masa pernikahan.

Nah itu dia 5 hal yang harus diputuskan sebelum memutuskan untuk menikah. Benar-benar sepele tapi bisa berbuntut panjang, bukan?

Selain memutuskan 5 hal itu, ada satu hal lagi yang tak kalah penting. Yakni memilih jasa cetak foto album pernikahan!

Eh tapi kalau yang satu ini, langsung putuskan saja pakai ID Photobook. Jasa cetak foto berkualitas ini bisa bikin kenangan di hari bahagia semakin mudah dikenang. Kamu bisa padat photobook dan photo tiles berkualitas dengan harga murah!

Baca juga: Yang Harus Pasangan Ketahui Sebelum Mulai Persiapan Menikah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *