Seputar Kehamilan : Kegiatan yang Jangan Dilakukan Sewaktu Hamil (1)

Seputar Kehamilan- Hai, para Ibu! Selamat atas kehamilannya ya! Semoga janin si rahim Ibu tumbuh sehat dan kuat.

Menjaga kehamilan sangat penting bagi perkembangan janin. Tentunya terjaganya proses perkembangan janin akan berdampak pada kesehatan bayi Ibu nantinya. Jadi, berhati-hatilah menjaga kehamilan Ibu ya.

Menjaga kehamilan bukan berarti terbatas hanya pada menjaga makanan dan minuman saja lho, Bu. Aktivitas Ibu sehari-hari juga perlu diperhatikan. Jangan sampai aktivitas yang Ibu lakukan berbahaya bagi janin Ibu.

Ada berbagai aktivitas yang ternyata tidak aman untuk dilakukan selama kehamilan. Apa sajakah aktivitas tersebut? Mari kita lihat beberapa di antaranya.

sumber: 4.bp

  1. Permainan Ekstrim

Permainan ekstrim yang menantang adrenalin memang seru untuk dilakukn ya, Bu. Tapi sebaiknya dihindari selama masa kehamilan. Permainan ini biasanya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi tubuh ibu hamil dan juga bagi janin. Tidak main-main, resiko keguguran bisa meningkat jika melakukan aktivitas ini selama masa kehamilan.

Contoh permainan ekstrim misalnya bungee jumping, terjun payung, aktivitas offroad, dan lain-lain.

  1. Lari

Sumber : Segiempat

Ibu, olahraga lari tidak disarankan selama masa kehamilan lho. Banyak resiko yang bisa mengakibatkan keguguran dalam olahraga ini. Bisa saja Ibu tersandung atau terpeleset, kemudian jatuh dan cedera. Ini bisa menyebabkan goncangan pada perut yang berujung pada keguguran. Ibu bisa memilih berjalan santai yang lebih aman jika ingin berolahraga.

  1. Olahraga yang melibatkan kontak fisik kuat dengan orang lain

Contoh olahraga ini misalnya basket, voli, atau sepakbola. Olahraga-olahraga ini biasanya melibatkan kontak fisik dengan kawan ataupun lawan. Kontak fisik ini dapat mencelakakan Ibu.

Baca Juga  6 Hal Yang Dapat Dilakukan Suami Untuk Mendukung Istri Saat Hamil

Bisa saja saat bertabrakan dengan orang lain, Ibu terjatuh. Ini bisa menimbulkan guncangan pada rahim dan janin. Resiko yang mungkin terjadi adalah keguguran atau cacat pada janin.

  1. Menyelam

Berbeda dengan berenang, menyelam sangat tidak disarankan bagi ibu hamil. Ada resiko gelembung udara masuk ke dalam aliran darah, karena tekanan udara yang tinggi saat menyelam. Ini bisa menyebabkan kematian baik bagi janin maupun bagi ibu hamil.

  1. Aerobik

Senam aerobik adalah senam yang memiliki tempo yang cepat, biasanya dengan gerakan keras juga. Gerakan pada senam aerobik bisa berbahaya terutama untuk para ibu yang sedang hamil muda. Resiko yang bisa muncul adalah jatuh dan cedera. Beberapa gerakan tertentu juga bisa memberi tekanan berlebih pada perut Ibu, meningkatkan resiko keguguran.

Baca juga : Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Bergizi

  1. Bersepeda

Gerakan mengayuh pada saat bersepeda ternyata cukup berbahaya bagi ibu hamil, terutama yang hamil muda. Gerakan ini dapat menimbulkan kontraksi, karena tekanan berlebihan ke bagian rahim Ibu. Jika ingin bersepeda, tunggulah sampai kehamilan memasuki trimester kedua, saat janin sudah lebih kuat.

  1. Naik Kuda

Olahraga yang satu ini memang cukup besar guncangannya bagi tubuh. Guncangan ini berbahaya bagi janin di dalam rahim, karena bisa menyebabkan keguguran atau cacat pada janin. Selain itu resiko jatuh dan cedera bagi ibu hamil juga cukup besar. Karenanya, sebaiknya hindari dulu olahraga ini selama kehamilan.

  1. Mandi Sauna

Mandi sauna dilakukan dengan uap air yang panas. Suhu yang terlalu panas ini dapat berbahaya. Jika rahim terlalu panas, janin yang terlindungi di dalamnya bisa meninggal.

Baca Juga  MENU MAKANAN SEHAT YANG SEIMBANG UNTUK DIET

Selain itu, karena perubahan hormon di dalam tubuh, ibu hamil jangan sering terpapar suhu ekstrim. Terkena suhu yang terlalu tinggi bisa menyebabkan badan tidak nyaman, dan akhirnya bisa terkena demam.

 

Itulah beberapa kegiatan yang sebaiknya jangan dilakukan selama kehamilan. Tapi ada lho kegiatan yang aman dan membahagiakan selama kehamilan. Apa itu? Berfoto untuk mengabadikan masa-masa kehamilan Ibu. Tentunya jangan memilih pose-pose yang berbahaya ya.

Setelah foto-foto, jangan hanya disimpan di hp, Bu. Sayang kan kalau tiba-tiba hp atau memory card rusak. Dicetak saja jadi sebuah photobook.

Coba cek IDPHOTOBOOK deh, Bu. Di sana banyak produk unggulan keren, bisa dipilih untuk kenangan terindah bersama si calon bayi. Kegiatan yang aman dan menyenangkan bukan?

Kenali Jenis Kertas Ini Sebelum Kamu Mencetak Foto

What do you think of this post?
  • Sucks ()
  • Boring ()
  • Useful ()
  • Interesting ()
  • Awesome ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.