26. Social Distancing Simak 6 Tips Belajar Selama Masa Pandemi

Social Distancing? Simak 6 Tips Belajar Selama Masa Pandemi

Tips Belajar – Masa pandemi Covid-19 membawa pengaruh besar pada banyak aspek dalam kehidupan. Siswa sekolah hingga tingkat universitas diminta untuk belajar di rumah demi memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Belajar dari rumah dengan sistem daring ini tentu saja membawa tantangan tersendiri untuk para siswa maupun pengajar. Khususnya untuk menghilangkan kesan liburan karena tak harus pergi ke sekolah. Selain itu, pengajar juga harus berpikir keras bagaimana membuat anak tetap fokus belajar.

Selain harus membangun suasana belajar yang nyaman, apalagi ya yang bisa orang tua lakukan? Tak perlu khawatir. Berikut ini adalah cara belajar efektif dan menyenangkan yang patut dicoba saat harus stay di rumah selama Pandemi.

Baca juga: Harus Lebih Peka, Yuk Kenali Tanda Stres Pada Anak!

Buat Area Khusus Belajar yang Nyaman

Tips belajar di rumah pertama ialah membuat satu area khusus untuk belajar dengan nyaman. Area khusus ini jadi penanda jika anak sedang berada di lokasi ini, maka anak hanya memiliki satu tujuan, yakni belajar.

Rasa  nyaman juga perlu dipupuk agar Anak bisa betah belajar sepanjang hari. Terutama untuk menghindarkan keluhan sakit punggung atau penglihatan yang mendadak lelah karena memandang layar gadget terlalu lama.

Untuk membangun tempat yang nyaman, usahakan agar area khusus belajar ini memiliki meja, kursi, dan stop kontak atau roll kabel. Perabot ini penting supaya anak bisa duduk tegak dan memudahkan mereka untuk berkonsentrasi.

Sedangkan rol kabel maupun stop kontak berfungsi sebagai penyalur listrik. Supaya anak tak harus repot pindah tempat saat tiba-tiba kehabisan daya.

Tetap Patuhi Jam Belajar

Meski di rumah dan tak pakai baju seragam, anak wajib menghadiri kelas daring yang diadakan gurunya. Oleh karena itu, meski hanya di rumah, buatlah jadwal harian khusus untuk anak selama masa pandemi.

Berdiskusilah dengan anak dan tentukan waktu untuk tidur, belajar, bermain, menonton tv, membaca buku, istirahat dan makan. Waktu belajar bisa disesuaikan dengan waktu yang diberikan pengajar. Sisanya bisa lebih fleksibel sesuai kebutuhan anak.

Tips Belajar - Patuhi Jam Belajar

Mintalah anak untuk tetap mematuhi jadwal tersebut. Ingatkan mereka bila waktu belajar maupun istirahat dimulai. Waktu belajar ini juga membantu anak untuk disiplin dan membantu mereka fokus saat waktunya belajar.

Jauhkan Aneka Camilan dan Minuman Manis

Tempat nyaman untuk belajar bukan berarti berdampingan dengan makanan dan minuman, ya. Justru agar anak konsentrasi dengan pelajaran, jauhkan dulu aneka makanan dan minuman tersebut dari mereka. Mereka boleh menyantap camilan bila memang waktunya beristirahat.

Salah-salah mereka malah lebih fokus makan daripada belajar. Belum lagi kalau tangan sampai kotor, berminyak, hingga menempel pada gawai. Malah anak yang kerepotan untuk memberisihkan jemari mereka sebelum menyentuh gawai.

Selain itu, menempatkan makanan dan minuman dekat gawai bisa berbahaya. Bagaimana jika makanan atau minuman tersebut tumpah sehingga merusak atau mengotori gadget? Belum lagi jika ada sisa makanan dan minuman yang tertinggal. Bisa mengundang semut dan serangga lainnya.

Tetap Penuhi Kebutuhan Cairan Harian

Meski harus menjauhkan aneka makanan dan minuman dari lokasi belajar, kebutuhan cairan dalam tubuh anak harus tetap terpenuhi. Terutama cairan dengan bersumber dari air putih.

Sehingga cara belajar efektif di rumah selanjutnya adalah dengan menyediakan air putih di dekat anak belajar. Biar nggak gampang tumpah, sediakan dalam botol yang mudah dibuka dan ditutup rapat.

Air putih sangat penting untuk tubuh. Ia memiliki fungsi untuk membantu menyegarkan pikiran. Jadi jika anak mulai kehilangan konsentrasi belajar, ingatkan mereka untuk minum air putih. Tetap hati-hati dan jangan sampai tumpah ya.

Tetap Aktif Mencatat Materi Penting

Saat belajar lewat metode daring, seringkali guru sudah menyediakan ringkasan materi dalam bentuk slide show. Meski guru akan membagikan materi, jangan sampai anak jadi abai dan tak lagi memperhatikan. Ingatkan mereka bahwa tampilan layar tersebut hanya ringkasan dari keseluruhan materi.

Bukan berarti anak harus mencatat tulisan pada slide show. Namun, sebaiknya anak mencatat poin-poin tambahan penting seperti contoh-contoh yang disampaikan pengajar.

Tips Belajar - Mencatat

Mencatat poin-poin ini akan memudahkan anak saat belajar. Yakni ketika membuka catatan, anak jadi mengingat penjelasan guru secara lebih menyeluruh, tak hanya sebagian yang tertuang dalam slide show.

Di samping itu, pada saat anak sedang membuat catatan tambahan, perhatian mereka menjadi lebih fokus dengan apa yang disampaikan guru. Terutama pada bagian contoh, anak jadi lebih mudah membayangkan praktik kejadian dan bukan lagi sekadar teori.

Matikan Semua Notifikasi

Pernahkah Anda melihat notifikasi pesan langsung dari Instagram. Anda berniat membalasnya sebentar lalu melanjutkan aktivitas lain. Namun pada akhirnya Anda malah menelusuri media sosial tersebut selama 2 jam.

Kondisi ini sangat mungkin terjadi pada anak. Fokus belajar mereka bisa terpecah saat melihat tampilan chat pada layer gadget. Oleh karenanya, tips belajar efektif saat pandemik selanjutnya adalah matikan semua notifikasi pada gadget yang memang digunakan untuk belajar.

Matikan notifikasi pada jam-jam tertentu dimana gadget memang sedang digunakan untuk belajar. Lalu aktifkan saat jam belajar sudah berakhir atau saat sedang istirahat.

Nah itu dia 5 tips belajar efektif di rumah saat masa pandemi. Pastikan anak bisa belajar dengan tenang dan jauhkan mereka dari gangguan seperti suara berisik. Berilah pengertian pada mereka bahwa meski tidak berangkat sekolah, mereka tetap harus belajar dengan giat.

Baca juga: Personal Branding pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *