Cara Membuat Album Foto Unik Buatan Sendiri

Album Foto Unik – Orang tersayang lagi ulang tahun, nih? Kira-kira kasih kado spesial apa ya buat mereka?

Kalau bisa sih, yang unik, nggak ada tandingannya. Kado yang bisa bikin mereka selalu ingat sama kita. Dan kalau bisa sih, yang murah, gitu. Hehehe

Kamu sedang mengalami dilema yang sama? Mau beli kado spesial untuk orang spesial tapi masih butuh uang untuk bikin pesta kejutan. Atau malah, kamu lagi bokek dan gajian masih lama banget.

Kado unik yang selalu bikin orang terkasih ingat sama kita dan murah? Tentu ada! Kamu bisa bikin kreasi album foto unik buatan sendiri.

Tenang aja, bikin album foto unik ala photobook nggak sesulit dan semahal yang kamu bayangkan. Berikut ini adalah cara membuat album foto sendiri.

Baca juga: 5 Momen dengan Pasangan ini Perlu Diabadikan dalam Photobook

Tentukan Ukuran, Bentuk, dan Model Photobook

Kamu bisa memilih album foto kamu berbentuk landscape atau potrait. Hal ini tergantung kenyamanan saat membaca serta bagaimana kamu akan menyimpannya nanti.

Setelah itu tentukanlah ukuran photobook. Bisa memilih ukuran A5, A4, seukuran kertas folio atau ukuran lain yang kamu sukai. Ukuran ini akan berpengaruh dengan ukuran foto serta hiasan yang kamu miliki.

Lalu tentukan juga bagaimana caramu untuk merekatkan halaman-halaman pada photobook kamu? Bisa dengan jilid ring, post bond, dan juga jilid permanen. Kalau ingin lebih kreatif, penjilidan bisa dilakukan dengan cara melubangi bagian kertas dengan pembolong kertas, lalu menyulamnya dengan tali rami.

Siapkan Kertas, Alat Perekat, dan Alat Pemotong

Untuk alat pemotong kamu bisa menggunakan cutter maupun gunting. Hal ini tergantung pada objek yang ingin kamu potong. Jika berbentuk garis lurus, kamu bisa menggunakan cutter dan penggaris. Namun jika hanya untuk menggunting foto dan hiasan maka gunakan gunting berujung lurus.

Dari ratusan jenis kertas, pilihlah kertas untuk mencetak foto serta kertas untuk menempel foto-foto Anda nanti. Pilihlah jenis kertas yang memang difungsikan untuk mencetak foto supaya gambar tidak luntur. Sedangkan kertas untuk menempel foto carilah kertas yang tebal dan kuat.

Ada banyak jenis lem seperti selotip bolak-balik, lem titik (glue dot), hingga lem batang. lem yang biasa digunakan untuk merekatkan foto ke kertas album adalah lem titik. Ini akan memudahkan untuk melepas dan menempel kembali saat kamu ingin memindah dan menyusun foto.

Cetak Foto Terbaik

Kertas untuk cetak foto sudah dipilih. Sekarang pilih foto-foto yang akan dicetak. Pilihlah foto terbaik yang menangkap momen terbaik hubungan kamu dengan orang terkasih.

Album Foto Unik - Cetak Foto Terbaik

Sebelum cetak foto, kamu juga bisa mengedit foto-foto pilihan. Misalnya, samakan tone pada foto, atau menghilangkan objek yang mengganggu, serta memperjelas suatu objek. Oiya pastikan tinta dan printermu memiliki kualitas terbaik supaya gambar lebih tajam dan tahan lama.

Siapkan Peralatan Dekorasi

Menambah dekorasi pada album foto bisa dengan menggunakan potongan gambar dan bentuk, spidol, pita, hingga pernak-pernik lain.

Kamu bisa membuat susunan pola persegi panjang, oval, lingkaran, hingga hati untuk menjadi dekorasi. Lalu bisa diwarnai dengan pensil warna, spidol atau cat air. Atau kamu bisa mencetak hiasan 2 dimensi, lalu  dan siap dijadikan dekorasi.

Nggak harus beli, kamu bisa memanfaatkan barang-barang di sekelilingmu. Manfaatkanlah barang yang sudah tidak terpakai seperti kain perca, kancing, daun dan bunga kering, hingga potongan pada kertas koran dan majalah.

Memilih Tema Untuk Album Foto

Tema pada photobook tergantung pada foto-foto yang kamu miliki. Sembari memilih tema, sekalian saja buat desain album foto unik kepunyaan kamu ini. 

Siapkan tema besar dan tema kecil setiap halaman. Tema besar untuk keseluruhan album foto, tema kecil untuk setiap halaman.

Kelompokkan foto-foto sesuai tema secara berurutan. Misalnya foto saat kamu dan sahabat atau pasangan wisuda. Nah kamu bisa menggunakan tema graduation, jadi siapkan dekorasi seperti gambar topi wisuda. Lalu susun pada masing-masing halaman. 

Kamu juga bisa memilih tema berdasarkan warna. Misalnya warna yang mendominasi foto atau warna favorit orang terkasih. Kamu juga bisa mengambil warna tema menurut kelompok foto tadi. Misalnya pernikahan, maka gunakan sesuai warna baju pernikahan, bisa putih, emas, merah, biru, hijau, dan lain-lain.

Yuk Kita Tempel!

Setelah menyusun tema dan rancangan foto tiap halaman, kamu bisa langsung menempel foto beserta dekorasinya. Hati-hati ya, jangan sampai salah tempel!

Kamu bisa menambahkan keterangan kapan foto itu diambil. Kamu juga bisa menyelipkan quotes, Pilihlah kutipan yang paling menggambarkan hubungan kamu dengan orang terkasih. Misalnya kutipan film, buku bahkan kutipan lagu. 

Album Foto Unik - Yuk Kita Tempel

Selain itu, selipkan juga sedikit cerita di balik foto yang ada. Misalnya siapa saja yang ada di dalam foto dan kenapa foto diambil. Tapi ingat jangan kebanyakan tulisan, ya, supaya yang membuka album foto ini tetap fokus pada foto-fotonya!

Nah itu dia sedikit gambaran cara membuat album foto unik yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Bikin kreasi album foto unik buatan sendiri memang keren. Tapi kalau bikin album foto kece semacam ini bukan gaya kamu, kamu bisa kok cetak foto album di ID Photobook. Jasa cetak foto ini membuka layanan cetak album foto polaroid.

Cukup kunjungi website, pilih paket di katalog ID Photobook, dan mengunggah foto. Kamu juga bisa memilih sendiri desain album foto supaya photobook pilihan bisa ‘kamu banget’. Jadi kamu tetap bisa punya album foto unik untuk kado ke orang spesial!

Baca juga: 6 Momen Bersama Sahabat ini Perlu Abadi dalam Photobook