5 Barang Bekas Yang Bisa Jadi Dekorasi Rumah Unik

Dekorasi Rumah – Sedang bosan dengan suasana rumah yang itu-itu aja? Hmm mungkin ini saatnya kamu menata ulang rumahmu. Bukan renovasi, melainkan dengan dekorasi.

Nggak perlu khawatir soal biaya, karena kamu bisa membuat pernak-pernik dekorasi sendiri. Malah, kamu bisa memanfaatkan barang bekas yang berserakan di sekitarmu.

Hanya perlu mencari inspirasi, lalu biarkan kreatifitasmu dan langsung praktikan sendiri di rumah. Lumayan kan, bisa mengisi waktu luang di tengah kejenuhan social distancing dan kewajiban tetap di rumah.

Penasaran? Yuk langsung simak penjelasan 5 barang bekas yang bisa jadi dekorasi rumah unik. Caranya gampang banget!

Baca juga: Inilah 7 Tips Dekorasi Rumah Biar Rumahmu Makin Estetik!

Vas Bunga Minimalis dari Botol

Dekorasi dari barang bekas pertama adalah vas bunga dari botol. Cocok banget untuk kamu yang punya banyak botol bekas berbahan kaca. Misalnya botol sirup, botol kecap, hingga botol minuman.

Pertama, pastikan kamu mencuci bersih botol tersebut. Hilangkan cairan-cairan yang bisa membahayakan. Selanjutnya cat bagian dalam botol agar hasilnya lebih merata. Bila botolmu bening, warnanya akan terlihat lebih mencolok dari luar.

Jemur di bawah sinar matahari supaya cepat kering. Setelah itu kamu bisa menambahkan pernak pernik lucu seperti tali rami dan kerang di sekeliling botol.

Dekorasi Rumah - Vas dari Botol Bekas

Kalau kamu nggak mau ribet juga nggak masalah, sih. Yang penting hilangkan label pada botol dan cuci bersih. Botol polos juga bisa jadi dekorasi rumah minimalis sederhana di ruang tamu. 

Isi vas itu dengan bunga mekar, kering, maupun bunga imitasi. Lalu taruh di sudut-sudut ruangan yang tampak dari jauh, misalnya di atas rak atau meja. Yang penting, perhatikan ukuran botol vas dan komposisi bunga. Jangan sampai kebanyakan menaruh bunga, bisa-bisa vas botol bekas malah terguling.

Rak Dinding dari Kardus Bekas

Kamu punya banyak kardus sepatu yang tak terpakai? Jangan asal buang! Kardus ini bisa memperindah ruangan.

Kumpulkan kardus-kardus bekas, bersihkan lalu warnai dengan cat. Pilih warna putih sebagai cat dasar. Kalau kamu mau pakai warna lain juga boleh, asal lapisi dasarnya dengan warna putih. Tujuannya biar warna pilihanmu makin stand out!

Setelah kering, susun sedemikian rupa biar makin estetis. Lalu rekatkan dengan menggunakan lem tembak. Nah, kardus bekas sepatu sudah siap jadi rak sekaligus hiasan rumah pemanis ruang tamu.

Kamu bisa gunakan rak itu sebagai tempat menaruh benda-benda ringan. Misalnya action figure, kunci, dan pajangan lain.

Rak Sepatu dari Pipa Paralon

Terutama untuk kamu yang suka koleksi sepatu, manfaatkan sisa paralon di rumah untuk dijadikan rak sepatu. Caranya mudah, potong paralon, masing-masing berukuran 30 cm. Lalu rekatkan antara satu dengan yang lain.

Ukuran paralon dapat disesuaikan dengan mayoritas ukuran sepatu yang kamu miliki. Jumlah paralon pun bebas menurut kesukaanmu. Asal jumlahnya genap. Biar masing-masing paralon bisa diisi satu sepatu.

Saat merekatkan paralon, kamu bisa buat dalam bentuk honeycomb, trapesium, segi empat sesuai keinginanmu. Lalu cat pada bagian luar dan dalam paralon dengan warna kesukaan.

Terakhir, letakkan di dekat pintu atau di tempat kamu menyimpan sepatu. Uniknya rak sepatu ini bisa multi fungsi untuk menyimpan benda-benda lain. Jadi rak sepatu ini pas banget jadi dekorasi rumah mungil idaman.

Susun Foto-foto Lama Membentuk Pola Ikonik

Kamu punya banyak hasil cetakan foto tapi tak punya album foto untuk menyimpannya? Jangan khawatir, jadikan hiasan dinding aja!

Munculkan sisi kreatif dalam diri kamu lalu susun fotomu. Kamu bisa gunakan kertas karton sebagai alas menempel foto.  Kamu bisa gunakan huruf inisial, angka favorit, hingga bentuk ikonik lain.

Dekorasi Rumah - Susun Foto-Foto Lama

Tambahkan quote atau kutipan yang menggambarkan momen, maupun kisahmu. Kalau sudah selesai, jangan lupa dipigura ya, biar lebih mudah saat ingin memasang atau memindahnya. Kamu bisa tambahkan kaca kalau kamu tak ingin fotomu berdebu.

Hiasan Dinding dari Majalah

Inspirasi dekorasi rumah dengan memanfaatkan barang bekas yang terakhir adalah membuat hiasan dinding dari majalah bekas. Penasaran? Caranya mudah banget!

Ambil majalah-majalah bekas yang menumpuk lalu potong tiap halaman. Lalu lipat halaman majalah seperti kamu akan membuat kipas.

Setelah terkumpul banyak, tempelkan satu kipas dengan kipas lain dengan lem. Lakukan sampai akhirnya membentuk lingkaran. Kemudian, buat dalam berbagai ukuran dan warna.

Nantinya, tempelkan lingkaran dari kertas majalah pada dinding. Kamu bisa menyusun secara bersebelahan, tumpang tindih, berkumpul, maupun menyebar. Yang jelas, hiasan satu ini sangat unik dan bisa bikin rumah kamu makin kece!

Nah itu lah 5 barang bekas yang bisa bahan dekorasi rumah unik. Gimana, tertarik untuk mencoba?

Kamu bisa mendekorasi rumah tanpa perlu khawatir biaya membengkak. Malahan kamu bisa memangkas biaya jasa dekorasi rumah dan dimanfaatkan untuk membeli furniture atau hiasan tambahan baru.

Oiya, kamu juga bisa manfaatkan photo tiles sebagai pusat atau centre dekorasi ruangan. Soal cetak foto dalam photo tiles, ID Photobook juaranya. Jasa cetak foto murah berkualitas ini siap menerima pesanan kapan saja!

Baca juga: 5 Tips Traveling Low Budget, Biar Akhir Tahunmu Makin Menyenangkan!

Cara Membuat Album Foto Unik Buatan Sendiri

Album Foto Unik – Orang tersayang lagi ulang tahun, nih? Kira-kira kasih kado spesial apa ya buat mereka?

Kalau bisa sih, yang unik, nggak ada tandingannya. Kado yang bisa bikin mereka selalu ingat sama kita. Dan kalau bisa sih, yang murah, gitu. Hehehe

Kamu sedang mengalami dilema yang sama? Mau beli kado spesial untuk orang spesial tapi masih butuh uang untuk bikin pesta kejutan. Atau malah, kamu lagi bokek dan gajian masih lama banget.

Kado unik yang selalu bikin orang terkasih ingat sama kita dan murah? Tentu ada! Kamu bisa bikin kreasi album foto unik buatan sendiri.

Tenang aja, bikin album foto unik ala photobook nggak sesulit dan semahal yang kamu bayangkan. Berikut ini adalah cara membuat album foto sendiri.

Baca juga: 5 Momen dengan Pasangan ini Perlu Diabadikan dalam Photobook

Tentukan Ukuran, Bentuk, dan Model Photobook

Kamu bisa memilih album foto kamu berbentuk landscape atau potrait. Hal ini tergantung kenyamanan saat membaca serta bagaimana kamu akan menyimpannya nanti.

Setelah itu tentukanlah ukuran photobook. Bisa memilih ukuran A5, A4, seukuran kertas folio atau ukuran lain yang kamu sukai. Ukuran ini akan berpengaruh dengan ukuran foto serta hiasan yang kamu miliki.

Lalu tentukan juga bagaimana caramu untuk merekatkan halaman-halaman pada photobook kamu? Bisa dengan jilid ring, post bond, dan juga jilid permanen. Kalau ingin lebih kreatif, penjilidan bisa dilakukan dengan cara melubangi bagian kertas dengan pembolong kertas, lalu menyulamnya dengan tali rami.

Siapkan Kertas, Alat Perekat, dan Alat Pemotong

Untuk alat pemotong kamu bisa menggunakan cutter maupun gunting. Hal ini tergantung pada objek yang ingin kamu potong. Jika berbentuk garis lurus, kamu bisa menggunakan cutter dan penggaris. Namun jika hanya untuk menggunting foto dan hiasan maka gunakan gunting berujung lurus.

Dari ratusan jenis kertas, pilihlah kertas untuk mencetak foto serta kertas untuk menempel foto-foto Anda nanti. Pilihlah jenis kertas yang memang difungsikan untuk mencetak foto supaya gambar tidak luntur. Sedangkan kertas untuk menempel foto carilah kertas yang tebal dan kuat.

Ada banyak jenis lem seperti selotip bolak-balik, lem titik (glue dot), hingga lem batang. lem yang biasa digunakan untuk merekatkan foto ke kertas album adalah lem titik. Ini akan memudahkan untuk melepas dan menempel kembali saat kamu ingin memindah dan menyusun foto.

Cetak Foto Terbaik

Kertas untuk cetak foto sudah dipilih. Sekarang pilih foto-foto yang akan dicetak. Pilihlah foto terbaik yang menangkap momen terbaik hubungan kamu dengan orang terkasih.

Album Foto Unik - Cetak Foto Terbaik

Sebelum cetak foto, kamu juga bisa mengedit foto-foto pilihan. Misalnya, samakan tone pada foto, atau menghilangkan objek yang mengganggu, serta memperjelas suatu objek. Oiya pastikan tinta dan printermu memiliki kualitas terbaik supaya gambar lebih tajam dan tahan lama.

Siapkan Peralatan Dekorasi

Menambah dekorasi pada album foto bisa dengan menggunakan potongan gambar dan bentuk, spidol, pita, hingga pernak-pernik lain.

Kamu bisa membuat susunan pola persegi panjang, oval, lingkaran, hingga hati untuk menjadi dekorasi. Lalu bisa diwarnai dengan pensil warna, spidol atau cat air. Atau kamu bisa mencetak hiasan 2 dimensi, lalu  dan siap dijadikan dekorasi.

Nggak harus beli, kamu bisa memanfaatkan barang-barang di sekelilingmu. Manfaatkanlah barang yang sudah tidak terpakai seperti kain perca, kancing, daun dan bunga kering, hingga potongan pada kertas koran dan majalah.

Memilih Tema Untuk Album Foto

Tema pada photobook tergantung pada foto-foto yang kamu miliki. Sembari memilih tema, sekalian saja buat desain album foto unik kepunyaan kamu ini. 

Siapkan tema besar dan tema kecil setiap halaman. Tema besar untuk keseluruhan album foto, tema kecil untuk setiap halaman.

Kelompokkan foto-foto sesuai tema secara berurutan. Misalnya foto saat kamu dan sahabat atau pasangan wisuda. Nah kamu bisa menggunakan tema graduation, jadi siapkan dekorasi seperti gambar topi wisuda. Lalu susun pada masing-masing halaman. 

Kamu juga bisa memilih tema berdasarkan warna. Misalnya warna yang mendominasi foto atau warna favorit orang terkasih. Kamu juga bisa mengambil warna tema menurut kelompok foto tadi. Misalnya pernikahan, maka gunakan sesuai warna baju pernikahan, bisa putih, emas, merah, biru, hijau, dan lain-lain.

Yuk Kita Tempel!

Setelah menyusun tema dan rancangan foto tiap halaman, kamu bisa langsung menempel foto beserta dekorasinya. Hati-hati ya, jangan sampai salah tempel!

Kamu bisa menambahkan keterangan kapan foto itu diambil. Kamu juga bisa menyelipkan quotes, Pilihlah kutipan yang paling menggambarkan hubungan kamu dengan orang terkasih. Misalnya kutipan film, buku bahkan kutipan lagu. 

Album Foto Unik - Yuk Kita Tempel

Selain itu, selipkan juga sedikit cerita di balik foto yang ada. Misalnya siapa saja yang ada di dalam foto dan kenapa foto diambil. Tapi ingat jangan kebanyakan tulisan, ya, supaya yang membuka album foto ini tetap fokus pada foto-fotonya!

Nah itu dia sedikit gambaran cara membuat album foto unik yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Bikin kreasi album foto unik buatan sendiri memang keren. Tapi kalau bikin album foto kece semacam ini bukan gaya kamu, kamu bisa kok cetak foto album di ID Photobook. Jasa cetak foto ini membuka layanan cetak album foto polaroid.

Cukup kunjungi website, pilih paket di katalog ID Photobook, dan mengunggah foto. Kamu juga bisa memilih sendiri desain album foto supaya photobook pilihan bisa ‘kamu banget’. Jadi kamu tetap bisa punya album foto unik untuk kado ke orang spesial!

Baca juga: 6 Momen Bersama Sahabat ini Perlu Abadi dalam Photobook