6 Hobi Sederhana yang Patut Dicoba Saat Sedang Bosan

Hobi – Rutinitas yang itu-itu saja bisa membuat kamu bosan. Apalagi untuk mendukung adaptasi kebiasaan baru, kamu harus mengurangi aktivitas di luar rumah dan kerumunan. Kamu jadi kesulitan untuk mencari hiburan di luar rumah.

Nah, mungkin ini saatnya kamu mencoba hobi baru.

Ada banyak hobi yang unik dian bisa kamu coba selagi luang. Nggak hanya untuk mengisi waktu luang, beberapa hobi ini bisa jadi sangat bermanfaat dan membuka peluang ide bisnis baru untuk kamu!

Yuk simak X hobi sederhana yang patut dicoba saat sedang bosan berikut ini.

Baca juga: 5 Peluang Usaha Baru yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Masak dan Bikin Kue

Kegiatan menyenangkan satu satu ini menjadi daftar hobi sederhana pertama yang akan dibahas. Sebab sebagian besar orang mungkin sudah sering melakukan kegiatan ini.

Sering melakukan bukan berarti hobi, ya. Hobi adalah kegiatan menyenangkan yang dilakukan saat waktu luang untuk menghibur diri dan meredakan stres. Nah, apakah memasak dan bikin kue sudah menjadi hobimu?

Untuk memulai hobi ini, nggak perlu langsung masak besar dan rumit. Kamu bisa buat dengan bahan-bahan sederhana yang memang kamu sukai.

Misalnya kamu suka makan mendoan, nggak ada salahnya untuk membuat kreasi mendoan unik. Kamu bisa cari resep unik dan tutorialnya di internet. Cuss deh langsung praktik.

Membaca Buku

Hobi satu ini jelas jadi hobi paling bermanfaat. Malahan harusnya hobi satu ini dibiasakan sejak masih kecil dan berlanjut sampai kamu dewasa.

Untuk anak, bisa dimulai dengan membaca buku dengan gambar penuh warna. Saat usia bertambah, membaca tetap jadi hobi remaja yang bermanfaat. Bahkan saat kamu sudah dewasa, kamu bisa bersantai sambil membaca buku.

Membaca buku, entah buku fiksi maupun non-fiksi, menjadi salah satu alternatif belajar yang menakjubkan, loh. Sebab, membaca buku tak hanya membawa kita pada pengetahuan baru, namun juga sudut pandang baru.

Jadi, gimana? Membaca buku bisa masuk hitungan hobi yang keren, bukan?

Bercocok Tanam

Jangan remehkan kegiatan satu ini. Bercocok tanam bisa menjadi hobi yang bermanfaat loh. Kok bisa?

Iya dong, siapa sih yang nggak suka rumahnya dihiasi tanaman subur nan cantik? Padahal merawat tanaman hingga tumbuh subur tidak bisa dilakukan setiap orang.

Hobi - Bercocok Tanam

Meskipun ada pupuk, sinar matahari serta air, ada beberapa jenis tanaman yang ‘rewel’ dan butuh perhatian penuh. Oleh karenanya bercocok tanam membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan.

Selain aneka tanaman hias, jangan ragu untuk mulai menanam sayuran dan buah. Mulai dari sawi, kacang panjang, cabai dan tomat. Kemudian kamu bisa menanam buah seperti mangga, rambutan, dan pepaya. Nah kalau sudah panen, jangan lupa bagi-bagi ke tetangga dan kerabat, ya.

Pelihara Ikan

Makhluk kecil menggemaskan satu ini sering jadi kesukaan banyak orang. Melihat mereka berenang sendirian maupun berkelompok tentunya menjadi hiburan tersendiri.

Nah, tak ada salahnya kamu coba menekuni hobi sederhana satu ini. Kamu bisa mulai dengan pelihara ikan kecil di akuarium mini. Beri makan secukupnya.

Memelihara ikan hias dalam akuarium cantik juga bisa mempercantik ruangan. Kamu bisa coba memelihara ikan guppy maupun ikan cupang yang cantik.

Melukis

Hobi satu ini bisa jadi sangat mengintimidasi karena kamu terlanjur melihat lukisan-lukisan bagus yang beredar. Kamu nggak perlu berkecil hati, segera ambil alat dan media lukismu.

Sama seperti hobi, melukis merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyenangkan pikiran dan hati. Jadi jika kamu lebih dulu menganggap lukisanmu buruk, kamu malah jadi tertekan dan nggak enjoy saat melukis.

Hobi - Melukis

Kalau masih ragu, kamu bisa mulai kegiatan melukis dengan mencoba paint by number. Yakni kamu diberi media lukis dimana sudah ada pola dan nomor. Kamu tinggal mewarnai nomor dan pola yang ada sesuai dengan warna cat yang sesuai.

Mendengarkan Podcast

Kegiatan satu ini bisa jadi hobi yang unik dan kekinian. Mendengarkan podcast pun bisa dari mana saja, asal ada koneksi internet.

Mendengarkan podcast bisa membantu kamu menambah pengetahuan. Bahkan ada banyak tema dan materi podcast yang bisa kamu pilih. Cari yang sesuai dengan kesukaanmu. 

Podcast berbahasa asing juga bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa asingmu. Yakni kamu bisa belajar mendengarkan dan memahami dialog berbahasa asing sambil menambah pengetahuan tentang topik yang dibahas.

Mendengarkan podcast yang ringan dan menggelitik juga nggak masalah. Apalagi podcast yang relate dengan kehidupan sehari-hari. Pasti seru!

Nah itu dia 6 hobi sederhana yang patut kamu coba saat sedang lenggang. Selain mengisi waktu luang, semoga daftar hobi di atas bisa membantu meningkatkan soft skill kamu ya.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Kekinian ini Patut Dicoba di Masa Pandemi